Last Update: July 7th, 2021 at 9:53 pm

Jenis Bahan Stiker Yang Bagus

Stiker adalah media cetak yang memiliki lem adesif di belakangnya sehingga bisa mereka ke bermacam permukaan. Biasanya sticker terbuat dari berupa kertas, plastik atau vinyl tergantung dari jenis dan kualitasnya. Pada umumnya sticker dibagi terbagia menjadi dua jenis yaitu sticker printing dan sticker cutting. Yuk cari tau perbedaan bahan stiker yang bagus di bawah ini

Sticker printing

contoh bahan stiker yang bagus

Sticker printing adalah sticker yang dicetak menggunakan mesin printer yang dapat memproduksi warna tanpa batas yang didapat dari desain digital yang dibuat di aplikasi desain. Mesin print yang dapat memproduksi sticker printing sangat beragam jenisnya, mulai dari mesin digital offset, mesin print eco solvent, mesin latex, mesin UV dan lain-lain. Semuanya dengan kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun semuanya bisa dipakai sebagai mesin print digital.

Setelah proses printing, stiker biasa dilanjutkan ke proses pemotongan agar bentuk stiker mengikuti pola yang diberikan. Stiker jenis ini bisa disebut juga dengan sticker print and cut, di mana proses pemotongan masih menggunakan mesin potong khusus. Namun bisa juga sticker dipotong menggunakan pisau pon, namun biasanya dilakukan untuk jumlah yang sangat banyak.

Kekurangan dari sticker print adalah warna tinta yang punya potensi memudar dalam kurun jangka waktu yang lama. Biarpun sticker dilindungi dengan laminating, tetap memiliki potensi pengurangan kualitas warna, bahkan warna bisa memudar jika terkena gesekan dan objek luar. Sebab warna yang dihasilkan pada sticker berasal dari tinta.

Salah satu kekurangan lainnya adalah bentuk sticker yang tidak bisa terlalu rumit, sebab setiap bagian sticker harus menyatu menjadi satu. Maka seringkali sticker ini dipotong hanya bagian luarnya saja, sehingga menciptakan outline. Sticker print and cut akan memiliki kesulitan jika potongannya terlalu rumit dan menyisakan banyak bagian bolong di tengah desain.

Sticker cutting

contoh bahan stiker yang bagus

Sedangkan untuk sticker cutting, prosesnya sangat jauh berbeda dengan printing. Sebab sticker ini tidak memerlukan mesin print sama sekali. Sebagai gantinya, bahan media yang digunakan adalah vinyl yang sudah memiliki warna sendiri. Lalu bahan vinyl itu dimasukan ke mesin cutting atau potong untuk dipotong berdasarkan desain yang ada. Jika desainnya memiliki lebih dari 1 warna, maka proses pemotongan desain dilakukan untuk semua warna lalu disusun.

Kelebihan utama sticker cutting adalah kemampuannya untuk menempelkan bentuk rumit dan huruf-huruf ke media permukaan berbeda dengan stiker printing yang hanya bisa dipotong bagian luarnya saja.

Selain itu, stiker cutting memiliki ketahanan warna yang jauh lebih kuat dari stiker print, sebab warna yang didapat, bukan berasal dari tinta tapi adalah warna asli vinyl tersebut sehingga akan jauh lebih bertahan daripada tinta. Bahkan stiker cutting tidak memerlukan laminating lagi.

Kekurangan stiker ini ada pada keterbatasan warna yang tersedia dari bahan vinyl yang ada dipasaran. Seringkali kita sulit menemukan stiker dengan warna yang tepat dengan desain kita sebab tidak ada merk stiker yang memiliki warna yang tepat.

Selain itu, karena stiker ini bisa melakukan cutting dengan desain rumit, maka pengerjaannya akan membutuhkan waktu lebih lama dan memakan biaya lebih banyak sebab setiap warna akan dihitung dengan biaya berbeda. Sehingga untuk pengerjaan dalam jumlah besar akan memakan waktu sangat lama dan sulit menekan biaya.

Tshirtbar menyediakan jasa print stiker berkualitas dengan minimum order yang sedikit. Tunggu apalagi segera hubungi tim sales kami di sini dan dapatkan bahan stiker yang bagus untuk kamu.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *