Bahan Rayon Spandek: Ciri, Keunggulan, dan Penggunaannya

Bahan rayon spandek adalah jenis kain yang pengaplikasiannya banyak pada berbagai produk fashion. Mulai dari baju hingga jilbab dan pakaian dalam pun menggunakan jenis kain satu ini. Kualitas bahan spandek sangat baik dengan sifat elastis seperti karet.

Bahan satu ini juga menjadi favorit industri fashion. Selain peminatnya banyak, juga memiliki karakteristik yang tidak ada pada jenis kain lain. Biar tidak ragu memilih produk berbahan spandek, yuk ketahui pengertian hingga jenis-jenisnya.

Apa Itu Bahan Rayon Spandek?

Rayon spandek merupakan kain dasar yang terbuat dari campuran polymer sintetis dan rayon. Bahan sintesis dapat terbuat dari jenis nilon ataupun polyester. Tidak sulit untuk membedakan bahan spandek dengan jenis lainnya, bahkan secara fisik sudah sangat berbeda.

Cara membedakannya paling mudah adalah sifat elastisnya. Bahan spandek memiliki sifat seperti karet. Karakteristik ini membuat spandek dapat ditarik atau melar menyesuaikan bentuk tubuh. Pembuatan kain spandek juga tidak jarang menggabung dua jenis bahan berbeda, seperti katun.

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Rayon Spandek?

Di pasaran, bahan rayon spandek memiliki 2 jenis, yaitu rayon spandek super dan spandek semi rayon. Keduanya memiliki perbedaan dari segi karakteristik kainnya, berikut penjelasannya.

1. Kain Spandek Rayon Super

Kain spandek rayon super memiliki sifat yang cukup berbeda dengan spandek semi rayon. Kain ini lebih tebal, lebih nyaman, tidak mengkilap, serta memiliki tingkat kelenturan yang baik berkat serat spandek yang digunakan. Banyak orang yang memilih bahan ini karena memiliki ketebalan dan kelenturan yang pas.

2. Kain Spandek Semi Rayon

Kemudian, salah satu jenis kain yang termasuk dalam kategori spandek rayon adalah kain spandek semi rayon. Pada kain ini, terdapat lebih banyak serat spandek daripada serat rayonnya.

Itulah yang menyebabkan kain spandek semi rayon memiliki tingkat kelenturan yang lebih tinggi daripada spandek rayon super. Namun, dari segi kenyamanan dan daya serap, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca Juga: 4 Perbedaan Katun dan Rayon, Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana Ciri-ciri Bahan Rayon Spandek?

ciri-ciri bahan rayon spandek

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan bahan rayon spandek dengan yang lain. Selain membedakan dari ciri elastisitasnya juga bisa melihat dari daya serap dan lainnya. Ciri-ciri lain dari bahan spandek adalah sebagai berikut:

1. Elastisitas Tinggi

Ciri utamanya adalah memiliki elastisitas yang tinggi seperti karet. Walaupun seperti karet permukaannya tidak panas karena terdapat campuran rayon. Pasalnya bahan yang sepenuhnya terbuat dari spandek tidak dapat menjadi kain dasar untuk produk fashion. Makanya harus mencampurkan dengan jenis kain lainnya.

2. Permukaan Licin

Ciri khas berikutnya adalah permukaan yang licin dan sedikit mengkilap. Ini karena adanya kandungan rayon yang membuat warna tampak lebih terang. Permukaan yang licin ini membuat pakaian dari rayon spandek terasa nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Permukaan Ringan dan Tipis

Ciri khas berikutnya dalah adalah bahan yang ringan dan tipis. Proses pengeringannya saat dijemur pun cenderung lebih cepat. Walaupun permukaannya ringan dan tipis, tapi tidak transparan jika menggunakan spandek rayon. Namun, bahan yang ringan dan tipis ini membuat kain menjadi lebih cepat melar.

4. Menyerap Keringat

Campuran rayon dan spandek membuat kain memiliki kualitas penyerapan keringat yang baik. Tidak heran banyak yang memilih kaos dengan rayon spandek untuk beraktivitas keluar ruangan. Bahkan kaos olahraga pun menggunakan rayon spandek untuk jersey.

Baca Juga: Mengenal Bahan Viscose, Ciri, Kelebihan, dan Cara Merawatnya

Apa Saja Keunggulan Bahan Rayon Spandek?

Peminat bahan rayon spandek untuk produk fashion nyatanya sangat banyak. Tentunya ini karena keunggulan spandek yang tidak ada pada jenis kain lainnya. Berikut ini keunggulan rayon spandek yang membuat kamu tidak akan menyesal memilihnya.

1. Tahan Lama

Rayon spandek tidak mudah rusak sekalipun terkena bahan asam atau zat lainnya. Cara untuk membersihkannya pun cenderung lebih mudah. Ini karena ia memiliki permukaan yang licin sehingga noda lebih mudah rontok. Warna bahan juga tidak mudah luntur walaupun dicuci berulang kali.

2. Tidak Mudah Kusut

Permukaan kain tidak mudah kusut karena sifatnya yang elastis. Berbeda dengan bahan kaos dari katun yang apabila terhimpit akan meninggalkan sisa kerutan. Sementara rayon spandek tidak seperti itu karena permukaannya yang elastis membuat serat tertarik dan tidak kusut.

3. Membentuk Tubuh 

Permukaannya yang elastis ternyata memberikan banyak keuntungan untuk pakaian rayon spandek. Salah satunya desain menjadi tampak gagah karena dapat mencetak bentuk tubuh. Tapi tenang saja karena tidak akan membuat sesak karena lapisan terdapat lapisan elastis.

4. Varian Warna Beragam

Pilihan warna variatif dengan corak yang cerah dan terkesan fresh. Makanya jenis bahan rayon spandek banyak juga digunakan untuk jersey olahraga. Misalnya saja untuk jersey bersepeda atau berenang yang umumnya membutuhkan bahan spandek.

Apa Saja Kekurangan dari Bahan Spandek Rayon?

Disamping beragam keunggulannya, bahan kain spandek rayon juga memiliki beberapa kekurangan yang mesti kamu perhatikan. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Cenderung lebih sulit dalam membuat keliman jahitan dari serat spandek rayon, sebab bahan kainnya ringan serta mudah melar.
  2. Jika dicuci dengan tidak benar maka akan membuat jenis bahan spandek rayon menjadi berserabut atau menimbulkan bulu halus di permukaan kainnya.
  3. Karena sifatnya yang unik, kain rayon spandex tidak bisa diterapkan pada setiap pola.

Baca Juga: Apa Itu Bahan CVC? Pengertian dan Perbedaannya dengan Katun Lainnya

Apa Saja Contoh Penggunaan Bahan Rayon Spandek?

contoh penggunaan bahan rayon spandek

Pengaplikasian rayon spandek dalam produk fashion cukup luas. Ini karena spandek memiliki sifat yang elastis sehingga bisa digunakan untuk berbagai produk fashion. Berikut ini contoh penggunaan rayon spandek yang banyak dalam dunia industri.

1. Baju

Contoh penerapan kain rayon spandek paling banyak adalah pada baju. Jenis bajunya pun beragam, mulai dari kaos hingga gamis cocok dengan bahan satu ini. Baju dengan bahan ini cenderung nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik.  

2. Jilbab

Jilbab juga menjadi salah satu produk fashion yang menggunakan rayon spandek. Permukaan jilbab menjadi lebih mudah dibentuk dan memberikan corak mengkilap yang mewah. Kelebihan lainnya adalah tidak transparan, namun juga tidak panas walaupun digunakan di luar ruangan.

3. Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga banyak menggunakan rayon spandek. Ini karena sifatnya yang elastis dan mudah menyerap keringat sehingga bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Contoh penerapannya seperti tanktop, celana legging, dan lainnya. 

4. Sarung Tangan

Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi sarung tangan juga notabenenya menggunakan rayon spandek. Sebut saja seperti sarung tangan untuk pengantin yang tentunya tampak indah jika melekat dengan kulit. Makanya butuh jenis kain spandek yang elastis.

5. Kaos Olahraga

Contoh berikutnya adalah sebagai bahan dasar untuk membuat kaos olahraga. Pemilihan bahan ini cocok untuk olahraga yang bersifat outdoor atau luar ruangan. Tidak perlu khawatir juga dengan keringat dan bau badan karena bahannya memiliki daya serap tinggi.

Nah, kualitas bahan rayon spandek tentunya tidak perlu diragukan lagi. Tapi, jika ingin memilih bahan satu ini sebaiknya pertimbangkan campurannya. Untuk produk bahan rayon berkualitas, langsung saja percayakan ke Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222