3 Bahan Piyama yang Bagus dan Tips Memilihnya

Bahan piyama yang bagus jadi faktor utama dalam kualitas tidur. Mencari bahan piyama yang bagus bisa menjadi tugas yang menantang. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang jenis bahan piyama, ciri-ciri serta tips lainnya agar kamu tidak salah dalam memilih piyama yang tepat untuk kebutuhan.

Apa Saja Ciri-ciri Bahan Piyama yang Bagus?

ciri ciri bahan piyama yang bagus

Piyama adalah jenis baju yang biasa dipakai saat tidur atau beristirahat di rumah. Memilih bahan piyama yang baik sangat penting. Namun, dengan banyaknya jenis bahan piyama yang ada, terkadang sulit untuk memilih yang sesuai.

Berikut adalah beberapa ciri yang harus diperhatikan saat memilih bahan piyama:

1. Nyaman Dipakai

Bahan piyama harus memberikan rasa nyaman dan lembut di kulit, serta breathable agar tetap adem.

2. Tidak Kusut

Piyama yang sering di-setrika akan menguras waktu dan tenaga. Oleh karena itu, pilih bahan yang tidak mudah kusut seperti katun.

3. Awet

Bahan piyama haruslah tahan lama dan tidak cepat rusak. Piyama adalah pakaian untuk jangka panjang dan dipakai setiap hari..

4. Mudah Dirawat

Pilih bahan yang mudah dirawat baik dari cara mencuci, penggunaan air atau bahkan cara setrika.

5. Sesuai Selera

Pentingnya untuk memilih bahan piyama yang cocok dengan preferensi pribadi. Hal ini penting untuk memastikan tidur yang berkualitas dan nyenyak.

6. Tidak Menyebabkan Iritasi Kulit

Pilih bahan piyama yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan tertentu, jadi pastikan untuk memilih bahan yang cocok untuk kulit.

Sebagai tambahan, bahan piyama juga tidak menyebabkan iritasi serta rentan terhadap jamur. Ini akan berpengaruh pada pemakaian berikutnya.

7. Tidak Terlalu Ketat atau Longgar

Yang terakhir, gunakan piyama dengan ukuran yang tepat. Pastikan piyama tidak terlalu ketat atau longgar. Ukuran yang tepat akan menawarkan kenyamanan saat tidur dan meminimalkan risiko gerah di malam hari.

Baca Juga: Model Baju Tidur Kekinian Lengkapi Outfit di Rumah

Apa Saja Bahan Piyama yang Bagus?

apa saja bahan piyama yang bagus

Di bawah ini adalah contoh bahan kain yang sangat cocok digunakan untuk produk piyama:

1. Kain Twill PE

Twill PE adalah salah satu jenis kain yang paling kami rekomendasikan untuk baju piyama. Ciri khas dari jenis kain ini yakni terdapat jahitan dengan pola diagonal yang tampak jelas pada permukaannya.

Selain itu, kain twill juga cukup tahan lama dan tidak mudah kusut, sehingga cocok digunakan sebagai bahan piyama. Kain twill biasanya terasa lembut dan nyaman saat dipakai, dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kerusakan. 

@tshirtbarid

Tis the Season! Ayo buat piyama natal seragaman dengan keluarga atau pasangan kamu! IG: Tshirtbar #pajamas #merrychristmas2021 #fypシ #soundeffects

♬ this is our dance give credit lol – kara

Tambahan lagi, kain twill PE juga bisa di-custom desain dengan metode cetak sublim. Bahkan bisa ditempel desain fullprint untuk dipakai sendiri atau sebagai hampers hari raya.

2. Kain Katun

Kain katun juga jadi salah satu bahan yang paling sering digunakan pada piyama. Jenis kain ini sangat lembut di kulit dan mudah menyerap keringat, sehingga dapat memberikan rasa adem dan nyaman saat dipakai. 

Kain katun juga biasanya cukup tahan lama dan tidak mudah kusut, sehingga mudah dirawat dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Selain itu, kain katun juga tersedia dalam berbagai macam warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. 

3. Kain Linen

Kain linen terbuat dari serat alami tanaman rami yang sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan pakaian yang nyaman seperti piyama. Walau secara eksistensi masih kalah pamor dari  kain katun, linen sudah semakin dikenal dalam tren mode belakangan ini. 

Piyama dengan bahan kain linen sangat cocok untuk digunakan pada cuaca panas karena sifatnya yang ringan dan dapat menyerap keringat. Selain itu, kain linen juga memiliki serat yang kuat dan tahan lama, sehingga cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama. Teksturnya sedikit kasar di awal, namun lambat laun kain ini akan semakin lembut dan nyaman di kulit. 

Kekurangan dari kain linen adalah cara perawatan yang lebih detail dibandingkan dengan bahan piyama lainnya, seperti dicuci dengan tangan dan hanya bisa dijemur.

Baca Juga: 9 Macam-Macam Kerah Baju yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana Tips Memilih Bahan Piyama yang Bagus?

Memilih bahan piyama sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan kualitas tidur yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bahan piyama yang bagus:

1. Tidak Mudah Kotor

Gunakan bahan yang punya kualitas tinggi. Hal ini akan membantu dalam menjaga kebersihan piyama dan memperpanjang umur pakainya.

2. Perhatikan Ketahanan Bahan

Pastikan bahan yang dipilih tahan lama, awet dan tidak mudah kusut. Piyama dengan tingkat ketahanan baik punya andil besar dalam kelangsungan tidur yang lebih berkualitas.

3. Perhatikan Laundry Tag

Setiap bahan punya cara mencuci yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk memilih piyama yang mudah dirawat baik dengan mesin cuci atau cara tradisional.

4. Cocok dengan Preferensi Pribadi 

Pilihlah bahan yang sesuai dengan selera dan gaya. Ada berbagai macam bahan piyama yang tersedia, mulai dari bahan yang simpel hingga bahan yang lebih stylish dan modis.

5. Beli di Tempat Terpercaya

Pastikan Anda membeli piyama dari produsen yang terpercaya dan menggunakan bahan berkualitas untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penggunaannya.

Baca Juga: Bahan Twill: Ciri, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kesimpulannya adalah sejatinya bahan piyama yang bagus sangat diperlukan untuk menunjang mood dan kualitas tidur yang optimal. Bisa diketahui dari jenis kain, cara merawat dan berbagai faktor lainnya. 

Urusan piyama berkualitas bisa kamu temukan di Tshirtbar. Dengan bahan 100% Twill PE, kamu sudah bisa dapat piyama dan bisa custom desain sendiri tanpa minimum order.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217