6 Bahan Kaos yang Bagus dan Cocok untuk Cuaca Panas

Bahan kaos yang bagus harus memenuhi banyak kriteria. Entah dilihat dari segi kenyamanan, ketahanan atau aspek lainnya. Saat ini sudah banyak jenis kaos yang beredar di pasaran. Berbagai busana mulai dari kelas atas hingga menengah menyediakan produk tersebut. Namun yang jadi pertanyaan adalah apakah bahan yang digunakan sudah memenuhi kebutuhan konsumen.

Sekarang sudah saatnya kita harus mulai sadar tentang produk kaos berkualitas. Terlebih pakaian yang akan dibeli pun bisa tahan di segala cuaca, termasuk cuaca panas. Lewat artikel ini kami akan bahas secara detil mengenai bahan kain yang cocok untuk kaos. 

Apa Saja Bahan Kaos yang Bagus dan Cocok untuk Cuaca Panas?

bahan kaos yang bagus untuk cuaca panas

Jadi catatan buat kamu yang akan membeli kaos di kemudian hari. Terlebih bila akan membeli secara online. Jadi, pastikan kamu bisa pilih bahan di bawah ini. Berikut daftarnya:

1. Cotton Combed

Cotton Combed adalah jenis katun yang diperoleh melalui proses combing atau sisir. Tahap pembuatannya dimulai dengan menyisir benang katun secara hati-hati. Tujuannya untuk menghilangkan serat kasar dan kotoran yang ada pada benang katun. Bahan dari cotton combed adalah 100% serat kapas murni dan sudah diproses sedemikian lama. Maka tak heran bila bahannya pun bagus.

Kelebihan dari cotton combed adalah lebih halus, lembut dan kuat dibandingkan dengan katun carded. Karena itu, bahan satu lebih sering digunakan untuk produk selain kaos. Antara lain sarung bantal, pakaian bayi dll.

2. Eco Cotton

Eco Cotton adalah jenis kain yang dibuat dari campuran polyester dan katun. Biasanya eco cotton  menggunakan ratio 1:1 untuk masing-masing jenis bahan atau dominan kain katun.

Bahan ini paling umum dijadikan sebagai kaos polos dengan sablon. Dilihat dari segi kualitas, eco cotton lebih unggul bila dibandingkan viscose dan teteron. Ini karena kandungan kapasnya lebih banyak atau sama dengan polyester umumnya 45% keatas. Hal ini juga yang buat kaos berbahan Eco Cotton jadi lebih adem.

3. Modal Cotton

Modal cotton adalah kain yang terbuat dari campuran serat modal dan serat kapas. Serat modal termasuk ke dalam kategori serat sintetis yang dihasilkan dari selulosa kayu dan diolah melalui proses kimia. Bahan modal dianggap lebih lembut dan nyaman daripada serat sintetis lainnya. Keunggulan lainnya juga punya daya serap keringat yang lebih baik dibandingkan dengan kapas. 

Campuran modal dan kapas menghasilkan Modal Cotton yang lembut, nyaman, dan menyerap keringat dengan baik. Modal cotton sering dipakai untuk jadi bahan dasar ragam pakaian seperti kaos, kemeja, dan rok.

Baca Juga: 7 Inspirasi Perpaduan Warna Kaos yang Bagus

4. Bamboo Cotton

Bamboo cotton adalah bahan yang terdiri dari serat bambu dan kapas. Memiliki perbandingannya antara 70% benang bambu dan 30% serat kapas. Bahan ini lumayan tebal dan sangat cocok untuk kaos.

Karena bamboo cotton lebih premium, maka tak heran bila harga kaos dengan bahan ini sedikit lebih tinggi dari cotton pada umumnya. Namun, wajar saja karena setara dengan kualitas yang dihadirkan.

5. PE Soft

Lanjut, ada PE Soft atau Polyester Soft. Bahan ini merupakan hasil modifikasi dari kain polyester, dimana pada teksturnya terasa seperti kain katun. Meski begitu bahan ini lebih tipis dan punya daya serap keringat yang setara dengan cotton combed. Dari segi harga bahan ini lebih terjangkau dan sering dipakai untuk produksi massal.

6. Heavy Cotton

Mungkin diantara kalian ada yang masih asing dengan bahan katun satu ini. Sesuai dengan namanya, heavy cotton punya tekstur tebal dan lebih berat. Bahan ini juga punya tingkat gramasi 20s, lebih tebal dari 24s dan 30s. Biasanya digunakan untuk kaos oversize, karena tidak buat gerah pemakai. 

Sejak beberapa tahun belakangan heavy cotton jadi incaran bagi brand lokal, khususnya anak muda. Tentunya heavy cotton cocok bagi para kaum urban.

Baca Juga: Cara Melipat Kaos Lengan Panjang dengan Cepat dan Mudah

Apa Saja Karakteristik Bahan Kaos yang Bagus?

karakteristik bahan kaos yang bagus

Produk fashion seperti kaos tidak cuma sekedar keren saja. Adapun beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan, daya serap keringat maupun dampak pada kesehatan. Berikut ciri-ciri bahan kaos yang harus memenuhi kriteria:

1. Bahannya Kuat

Meskipun bahan kaos cenderung lembut, namun yang perlu diingat adalah daya ketahanan pakaian. Kain dengan kualitas tinggi punya daya elastisitas tinggi sehingga tidak mudah robek. Selain itu juga bahan tidak mudah menyusut, walau sudah dicuci setiap hari.

Daya kuat juga sebenarnya tidak hanya pada tingkat elastisitas saja. Namun ada juga sifat tahan lama pada tingkat kecerahan warna. Kaos berbahan cotton tidak mudah luntur dan tercecer dengan warna tekstil lain.

2. Bisa di Custom

Daya serap warna yang baik juga memungkinkan kaos bisa dibuat secara personal. Entah akan ditimpa dengan gambar hasil kreasi sendiri, tipografi atau gambar abstrak lainnya. Semua tergantung kebutuhan.

3. Hypoallergenic

Sifat kaos yang hypoallergenic adalah hal paling dasar sebelum memutuskan untuk beli atau produksi kaos. Jika bakteri dan jamur mudah menempel, maka akan menimbulkan gatal dan bisa berdampak langsung pada kesehatan kulit.

4. Nyaman

Bahan kaos yang baik adalah tidak membuat pemakai terasa gerah. Kedua, tidak terasa gatal saat digunakan serta lembut saat disentuh. Bahan kasar bisa menimbulkan alergi dan keringat akan semakin menumpuk.

5. Tidak Mudah Bau

Perlu diingat bahwa bahan kaos juga tidak hanya sekedar nyaman. Sampingkan dulu sisi estetika, aman dari bau juga perlu kamu pertimbangkan. Pastikan bahan yang ada pada kaos punya sirkulasi udara baik. Pakaian juga tidak boleh terlalu ketat dan elastis.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Itu tadi penjelasan secara detail mengenai bahan kaos yang bagus. Jika kamu sedang butuh kaos baik dalam jumlah ecer dan masif, silakan hubungi Tshirtbar sekarang juga. Selamat berbelanja!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *