5 Bahan Kaos Badminton dan Cara Memilihnya

Hobi bermain badminton, tapi sering tidak nyaman dengan pakaian olahraganya. Mungkin saja kamu salah memilih bahan kaos badminton yang tepat. Pasalnya agar nyaman saat berolahraga sebaiknya menggunakan bahan kaos yang tepat.

Sebenarnya ada banyak jenis bahan kaos yang dapat menjadi pakaian olahraga. Agar lebih jelas mengenai bahan kaos dan cara memilihnya sebaiknya simak ulasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Bahan Kaos Badminton?

Ini merupakan jenis pakaian yang cocok untuk olahraga badminton/bulu tangkis. Perlu diketahui bahwa setiap jenis olahraga memiliki karakteristik pakaian masing-masing. Baik dari segi pemilihan bahan ataupun potongannya.

Begitupun dengan olahraga badminton yang umumnya menggunakan bahan kaos berkualitas tinggi. Lihat saja jersey yang biasa digunakan oleh atlet bulu tangkis yang terlihat nyaman. Itu karena pemilihan bahan dan potongannya tepat.

Ada banyak jenis bahan kaos untuk badminton, misalnya saja seperti cotton, polyester, dan lainnya. Selain itu, kriteria membuat kaos badminton juga tidak sembarangan. Potongannya harus nyaman dengan bahan menyerap keringat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Kaos Badminton?

jenis jenis bahan kaos badminton

Faktor utama yang menentukan rasa nyaman adalah pemilihan bahan kaos dengan tepat. Semakin tinggi daya serap keringatnya tentu semakin baik kualitas kaos tersebut. Tapi, tentunya kualitas yang tinggi juga sebanding dengan harganya.

Tapi, jika memiliki budget yang terbatas maka bisa memilih bahan kaos seperti cotton atau polyester. Berikut ini perbedaan karakteristik masing-masing bahan kaos.

1. Bahan Polyester

Rekomendasi bahan kaos untuk badminton yang pertama adalah polyester. Polyester terbuat dari bahan sintetis atau non-alami yang dimodifikasi menjadi serat fiber. Bahan dasar kaos ini pada dasarnya berwujud plastik. 

Tapi penerapannya pada pakaian menggunakan campuran kain lain. Kelebihan utama dari bahan polyester adalah daya tahannya yang kuat. Selain itu kainnya juga licin sehingga tidak kusut sekalipun tidak disetrika.

2. Bahan Dryfit

Dryfit adalah bahan khusus untuk jersey badminton yang menggunakan kombinasi nilon, polyester, dan katun. Serat kainnya memiliki pori-pori tipis sehingga keringat muda terserap. 

Secara fisik juga sangat mudah membedakan bentuk kaosnya. Karena akan ada muncul pola-pola anyaman yang membuat permukaannya tidak rata. Karakteristik utamanya adalah halus dan lembut terkena kulit.

3. Kaos Cotton Combed

Jenis kaos cotton combed adalah yang paling banyak dijual di pasaran. Keunggulan utamanya adalah serat benangnya halus dan tidak berbulu. Harganya juga relatif terjangkau tergantung pada ketebalan bahan cotton

Jenis kaos cotton combed sering juga menjadi bahan dasar pakaian olahraga lain. Bahkan kaos biasa pun juga menggunakan jenis cotton. Karakteristik utamanya adalah sejuk dan mudah menyerap keringat.

4. Jersey

Pakaian jenis jersey adalah yang paling cocok untuk berolahraga. Potongannya yang sedikit membuat pergerakan menjadi lebih leluasa. Selain itu, bahan jersey seperti high twist juga biasanya lapang namun tidak terlihat oversize.

Kelebihan utama dari jersey adalah pilihan warnanya yang beragam. Kemudian memiliki jenis rajutan yang rapi tidak mudah sobek. Jika ingin serius berolahraga badminton tidak ada salah memilih jenis kaos ini.

5. Microfiber

Bahan kaos badminton yang bagus berikutnya adalah microfiber. Bahan ini sebenarnya adalah hasil dari kombinasi polyester, nilon, dan spandex sehingga menghasilkan sifat kain yang cukup tebal namun fleksibel untuk dipakai olahraga. Keunggulan dari bahan microfiber adalah transparan yang dimana bisa mengikuti lekuk bentuk tubuh dengan baik.

Oleh karena itu, kain ini sangat cocok bagi kamu yang bingung dalam memilih kaos badminton. Sebab bahan microfiber cukup lembut dan adem ketika digunakan saat kondisi berkeringat dan tubuh dalam suhu panas, sehingga kamu tetap nyaman saat bermain badminton.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bahan Kaos Esport Terbaik

Bagaimana Cara Memilih Bahan Kaos Badminton yang Bagus?

cara memilih bahan kaos badminton

Selain dari jenis bahannya, ada juga tips untuk memilih bahan kaos yang bagus. Ada banyak faktor lain yang menentukan rasa nyaman, seperti potongan dan juga warna pakaian. Terlebih bermain badminton membutuhkan gerakan yang luwes sehingga potongan kaos hendaknya tidak menghambat pergerakan.

1. Menyerap Keringat 

Memilih jenis bahan yang menyerap keringat dengan baik. Karena olahraga badminton pastinya akan membuat tubuh menghasilkan keringat lebih banyak. Tentunya tidak nyaman jika tubuh gerah karena keringat yang terkurung di dalam tubuh.

Selain tidak nyaman, ini tentunya juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Kulit akan mudah terinfeksi oleh bakteri dan jamur, bahkan bisa menimbulkan efek alergi.

2. Tidak Panas Saat di Luar Ruangan

Cara memilih bahan kaos berikutnya adalah dengan memperhatikan warna. Walaupun bahannya sama tapi pemilihan warna juga dapat membuat rasa nyaman berbeda.

Jika bermain badminton di luar ruangan sebaiknya pilih warna yang tidak menyerap panas, seperti putih. Sebaliknya, jika bermain di luar ruangan maka bisa memilih warna gelap agar tubuh tetap hangat.

3. Memilih Size Terbaik

Pilih size yang sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu kecil atau besar. Pemilihan size pakaian untuk setiap olahraga cukup berbeda. Misalnya untuk pakaian bersepeda maka sebaiknya pilih yang ukurannya pas dan membentuk tubuh. Lain halnya jika untuk olahraga badminton, sebaiknya pilih ukuran yang sedikit lapang. 

Baca Juga: Kenali Jenis Bahan Dry Fit untuk Kaos

4. Potongan Luwes

Setiap pakaian memiliki potongan yang berbeda dari pabriknya. Ini juga harus diperhatikan karena akan menentukan luwes atau tidaknya pergerakan. 

Selain itu, ada juga jenis kaos yang menggunakan kerah dan tidak. Kamu dapat memilih jenis yang paling nyaman tapi pastikan bahwa potongannya tidak menghambat gerakan.

5. Bisa Di-Custom

Selain dari kriteria di atas, penting untuk memaksimalkan kaos badminton sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika ingin kompak dengan teman, bisa coba custom desain kaos badminton dengan metode printing sublim.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam merancang baju olahraga, terutama badminton yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Nah, sekarang jadi lebih tahu bukan apa saja bahan kaos badminton dan cara memilih dengan tepat. Jadi, jangan sampai salah membeli kaos untuk olahraga jika berujung tidak nyaman. 

Lebih baik mengeluarkan budget sedikit lebih banyak namun bisa tetap nyaman berolahraga. Untu kaos badminton dengan bahan terbaik, langsung saja percayakan ke Tshirtbar.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211