Mengenal Bahan PE Soft, Jenis, dan Karakteristiknya

Bahan PE Soft adalah salah satu jenis kain yang semakin populer di kalangan pengrajin tekstil. Meski terbuat dari serat sintetis, bahan ini punya tekstur seperti katun.

Hal ini membuat bahan PE Soft jadi opsi yang ideal untuk bahan utama pakaian, termasuk untuk kegiatan outdoor dan kasual. Khusus di artikel ini, kami akan bahas lebih lanjut tentang karakteristik, jenis, dan kegunaan dari bahan PE Soft.

Apa Itu Bahan PE Soft?

apa itu bahan pe soft

Polyester soft merupakan jenis bahan yang terbuat dari 100% serat sintetis polyester yang didesain untuk memberikan tekstur dan sentuhan lembut dan nyaman. Bahan ini mampu menyerap keringat seperti halnya bahan katun. 

Bahan polyester soft terasa lembut dan halus karena seratnya diolah dengan teknologi khusus sehingga jadi lebih fleksibel. Tidak hanya itu, bahan ini juga punya daya tahan yang tinggi terhadap kerutan, kusut, serta proses penuaan, sehingga pakaian yang terbuat dari polyester soft bisa tetap terlihat baru dan segar dalam jangka waktu yang lebih lama.

PE Soft juga sangat memungkinkan untuk dicetak dengan menggunakan teknologi sublimasi full printing, meskipun hasilnya tidak sejelas yang diperoleh pada bahan polyester dry fit biasa.

Baca Juga: Kenali Bahan Kain Soft Cotton, Sebelum Berbelanja di Online Shop

Bagaimana Karakteristik Bahan PE Soft?

karakteristik bahan pe soft

Ada banyak sekali keunggulan dari PE Soft sebagai bahan untuk segala kebutuhan fashion. Diantaranya:

1. Lembut dan Nyaman

Polyester soft punya tekstur yang lembut dan nyaman saat digunakan, sehingga sering dibilang mirip dengan bahan katun yang dibuat dari serat kapas.

2. Ringan

Bahan ini sangat ringan dan mudah dipakai, sehingga cocok untuk pakaian yang dibutuhkan mobilitas yang tinggi, seperti pakaian olahraga.

3. Tahan Lama

Polyester soft sangat tahan lama dan tidak mudah rusak, bahkan saat digunakan dalam jangka waktu yang lama di segala kondisi cuaca.

4. Mudah Dirawat

Bahan ini mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan khusus seperti kain lain yang mudah luntur.

5. Tahan Kerut

Kelebihan PE Soft yang tahan kerut menjadikan pakaian tidak perlu disetrika setiap kali setelah dicuci.

6. Tahan luntur

Warna printing pada PE Soft tidak mudah pudar atau berubah meski sudah dicuci berkali-kali.

7. Bisa Dicetak

Polyester soft bisa dicetak dengan teknik sublimasi full printing. Cocok untuk kamu yang ingin membuat pakaian yang punya desain rumit dan unik.

8. Cepat Kering

Serat polyester yang digunakan pada bahan PE Soft memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap dan memindahkan kelembaban dari tubuh ke permukaan bahan, sehingga kelembaban dapat menguap lebih cepat.

9. Punya Sifat Anti Bakteri

Dengan menggunakan teknologi anti bakteri pada bahan PE Soft, hal ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada bahan tersebut dan membantu menjaga kebersihan pakaian agar terhindar dari bau tidak sedap atau infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu juga berpengaruh terhadap daya tahan pakaian.

10. Tahan Noda dan Kotoran

Kemampuan serat polyester yang tidak menyerap air dengan mudah, sehingga bahan ini cenderung lebih mudah dibersihkan dari noda atau kotoran. Dalam hal ini, bahan PE Soft lebih unggul dibandingkan dengan katun.

Baca Juga: Garmen: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan Konveksi

Apa Saja Jenis-jenis Bahan PE Soft?

Terdapat banyak varian yang termasuk ke dalam kategori polyester soft. Berikut adalah jenisnya:

1. Lacoste PE

Nama “Lacoste” diambil dari merek pakaian tenis yang didirikan oleh seorang pemain tenis asal Prancis bernama Rene Lacoste pada tahun 1933. Merek ini terkenal dengan logo buaya hijau.

Lacoste PE adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliester (polyester) dan memiliki tekstur yang lembut dan nyaman saat dipakai. Kain ini digunakan untuk membuat pakaian polo shirt dan bisa dicetak fullprint.

2. Polysoft Fleece

Dibandingkan dengan jenis kain lainnya, Polysoft Fleece memiliki lapisan dalam yang terbuat dari serat halus yang dapat memberikan rasa hangat dan kenyamanan lebih. 

Oleh karena itu, Polysoft Fleece sangat cocok digunakan pada pakaian olahraga dan outdoor seperti jaket. Bahan ini juga dikenal karena ringan, tahan lama, dan mudah dirawat serta bisa dicetak dengan berbagai macam desain seperti logo, gambar, dan tulisan.

3. Polymesh

Jenis bahan ini punya tekstur seperti jaring-jaring dan kerap digunakan sebagai bahan pakaian olahraga yang memerlukan elastisitas serta sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Serat Kapas, Kelebihan, serta Kekurangannya

Apa Saja Contoh Penggunaan Bahan PE Soft?

Berikut adalah contoh pakaian yang menggunakan PE Soft sebagai bahan utama:

1. Kaos Fullprint

PE Soft memungkinkan untuk dicetak secara full print dengan hasil yang memuaskan. Proses produksi kaos ini melibatkan proses cut and sew, dimana proses printing dilakukan pada bahan kain yang belum dipotong dan dijahit menjadi bentuk kaos yang diinginkan, mulai dari ukuran dewasa, anak-anak, lengan panjang, dan lain-lain.

@tshirtbarid

Buat tampilan kamu makin trendy dengan custom design tshirt fullprint berbahan PE Soft. Cocok untuk di mix & match dengan celana jeans atau celana chino. Yuk ke Tshirtbar! #xyzbca #fypシ #lokalbrand

♬ original sound – IRON GAINS

2. Polo Shirt

Tidak seperti polo shirt konvensional, jenis pakaian ini terbuat dari bahan 100% polyester yang memungkinkan untuk dicetak menggunakan teknik sublimasi full print dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini membuat desain jadi lebih kreatif dan unik, serta memiliki kualitas cetakan yang tahan lama.

3. Pocket Shirt

Kamu dapat memperkaya tampilan kaos atau polo shirt kesayanganmu dengan menambahkan kantong yang terbuat dari synthetic cotton fullprint. Tren pocket t-shirt semakin diminati oleh penggemar kaos dan polo shirt. Kamu bisa mencetak motif atau corak pada kantong tersebut sesuai dengan selera dan keinginan.

Usai sudah penjelasan lengkap mengenai bahan PE Soft yang bisa kamu pertimbangkan untuk produk fashion. Selain PE Soft, kamu juga bisa dapatkan produk fashion dari bahan lainnya hanya di Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225