Last Update: October 25th, 2022 at 10:22 am

Kelebihan Bahan Cotton Bamboo yang Perlu Kamu Tahu

Pernahkah kamu mendengar bahan cotton bamboo? Bahan katun ini tengah naik daun karena sifatnya yang ramah lingkungan. Selama ini, pohon bambu sering digunakan sebagai bahan bangunan. Barulah beberapa tahun belakangan ini muncul inovasi untuk mengubah serat bambu menjadi bahan katun.

Mengapa harus beralih ke pakaian ramah lingkungan? Industri pakaian sendiri ternyata merupakan salah satu produsen limbah lingkungan terbesar. Jadi, tidak ada salahnya untuk beralih ke bahan cotton bamboo yang ramah lingkungan. Berikut ini pengertian serta beberapa kelebihannya.

Apa Itu Bahan Kain Cotton Bamboo?

Banyak orang kini mulai menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan cotton bamboo karena kualitasnya yang baik. Bahan cotton bamboo ini terbuat dari campuran dua serat bahan alami yaitu, yaitu serat kapas dan serat bambu.

Umumnya, kain cotton bamboo diproduksi dengan ketebalan 30s yang berarti kain ini terlihat cukup tipis serta gramasinya sekitar 160 gsm. Terbuat dari gabungan serat alami, bahan katun bambu pun dikenal dengan berbagai kelebihan pada kainnya yang mungkin kain katun lain tidak memilikinya.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Baju yang Perlu Kamu Tahu!

Kelebihan Bahan Cotton Bamboo

Cotton bamboo adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan sebagai pembuatan bahan produk kaos Anda, khususnya untuk Anda yang hendak membuat kaos untuk anak-anak. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah karena cotton bamboo memiliki kualitas premium serta beragam kelebihannya yang dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Supaya Anda lebih yakin terkait keunggulan dari jenis kain cotton bamboo, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Bersifat Ramah Lingkungan

Bahan katun yang terbuat dari serat kapas menghasilkan limbah yang lebih banyak daripada bahan cotton bamboo. Hal ini disebabkan oleh penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya untuk memastikan tanaman kapas aman dari hama. Sementara bambu secara alami tahan terhadap serangan hama. Begitu pula dengan penggunaan air, bambu membutuhkan hanya sepertiga dari total air yang dibutuhkan tanaman kapas untuk bisa bertahan hidup.

Tanaman kapas yang dipanen harus ditanam kembali. Hal ini tidak berlaku bagi pohon bambu yang ketika ditebang akan kembali tumbuh setidaknya 1 meter per hari dan siap untuk dipanen dalam waktu 3 sampai 4 tahun kemudian. Dalam kata lain, 1 hektar pohon bambu akan menghasilkan 10x lebih banyak serta daripada tanaman kapas. Selain itu juga, kain cotton bambu yang sudah tak terpakai bisa mudah terurai oleh alam.

2. Lebih Kuat dari Katun Biasa

Bahan cotton bamboo lebih kuat dan lebih tahan lama bila dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Pakaian atau garmen yang terbuat dari bahan katun ini mampu mempertahankan bentuknya meski sudah dipakai berkali-kali asalkan dirawat dengan benar. Cukup hindari mencuci bahan cotton bamboo berkali-kali agar warna dan bentuk pakaian tidak cepat rusak.

3. Sangat Lembut dan Hypoallergenic

Bahan cotton bamboo terasa sangat halus dan lembut di kulit. Banyak orang yang bahkan menggunakan bahan katun premium ini sebagai alternatif yang lebih murah dari bahan sutra atau katun Mesir. Begitu nyaman untuk dipakai sehari-hari, baik dalam bentuk pakaian ataupun sprei.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka menggunakan kain cotton bamboo adalah pilihan tepat. Sifatnya yang hypoallergenic bisa dipakai oleh siapa saja, meskipun yang memiliki alergi atau cenderung sering terkena iritas kulit.

Baca juga: Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

4. Mudah Menyerap Keringat

Tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia ini menyebabkan kita sering berkeringat walaupun baru menghabiskan waktu beberapa menit saja di luar ruangan. Selain itu, tingkat kelembaban yang tinggi juga sering membuat kita merasa kurang nyaman karena keringat yang menempel di baju. Tentunya ini bisa membuat kepercayaan diri menurun.

Masalah ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan pakaian berbahan cotton bamboo memiliki daya serap keringat 40% lebih baik dibandingkan dengan cotton combed atau bahan katun premium lainnya. Selain itu, bahan katun ini juga lebih adem untuk digunakan serta mampu menangkal sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit.

5. Bersih dan Anti Bakteri

Salah satu kelebihan lainnya adalah tidak berbau karena memiliki komponen yang diberi sebutan “Bamboo Kun” yang bersifat anti bakteri dan anti bau. Artinya, mengurangi kemungkinan bakteri hidup dan berkembang biak di kulit ketika Anda berkeringat. Maka dari itu, bahan katun premium ini seringkali digunakan untuk pembuatan kaos, pakaian dalam, handuk, dan sprei.

Kekurangan Bahan Cotton Bamboo

Disamping memiliki kelebihannya yang banyak, bahan pakaian yang terbuat dari cotton bambo pun masih memiliki beberapa kekurangan. Meski terdapat kekurangan, bukan berarti kain ini tidak baik, lantas apa saja kekurangan dari kain cotton bamboo? Berikut penjelasannya.

1. Harga Kainnya Relatif Mahal

Kain cotton bamboo memang memiliki kualitas yang sangat bagus, maka dari itu harga dari kain ini pun menjadi lebih mahal bila dibandingkan dengan katun lainnya seperti cotton combed. Walaupun harga kainnya terbilang mahal, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli dan menggunakannya. Sebab apabila dihitung secara menyeluruh, harga produksi dan harga bahan masih dapat memberikan keuntungan, sehingga worth to buy.

2. Kainnya Lebih Tipis

Seeperti yang sudah disebutkan di awal bahwa kain cotton bamboo biasanya memiliki ketebalan 30s. Meskipun ketebalan tersebut sama seperti yang dimiliki oleh cotton combed, namun untuk kain katun bambu ini masih lebih tipis lagi.

3. Pilihan Warnanya Terbatas

Kemudian kekurangan terakhir yang dimiliki dari kain cotton bamboo adalah pilihan warna kainnya terbatas alias tidak terlalu banyak. Dibandingkan dengan jenis kain katun lainnya yang memiliki warna dan motif hingga puluhan macam, cotton bamboo memiliki jauh lebih sedikit pilihan warnanya.

Baca Juga: Pelajari Cara Membuat Tas dari Kain Katun Sendiri di Rumah

Itulah kelebihan-kelebihan umum dari bahan cotton bamboo yang ramah lingkungan serta kekurangan yang dimilikinya. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda dalam mengenal jenis kain katun berkualitas.

Tshirtbar menyediakan beragam kaos berkualitas yang menggunakan 100% bahan katun premium, salah satunya adalah cotton bamboo. Tertarik untuk memiliki pakaian berbahan katun bambu? Pesan produknya sekarang hanya di Tshirtbar!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *