Kelebihan Kain Bahan Cotton Bamboo

Pernahkah kamu mendengar bahan cotton bamboo? Bahan katun ini tengah naik daun karena sifatnya yang ramah lingkungan. Selama ini, pohon bambu sering digunakan sebagai bahan bangunan. Barulah beberapa tahun belakangan ini muncul inovasi untuk mengubah serat bambu menjadi bahan katun.

 

Mengapa harus beralih ke pakaian ramah lingkungan? Industri pakaian sendiri ternyata merupakan salah satu produsen limbah lingkungan terbesar. Jadi, tidak ada salahnya untuk beralih ke bahan cotton bamboo yang ramah lingkungan. Berikut ini beberapa kelebihannya.

 

Pilihan ramah lingkungan

Bahan katun yang terbuat dari serat kapas menghasilkan limbah yang lebih banyak daripada bahan cotton bamboo. Hal ini disebabkan oleh penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya untuk memastikan tanaman kapas aman dari hama. Sementara bambu secara alami tahan terhadap serangan hama. Begitu pula dengan penggunaan air, bambu membutuhkan hanya sepertiga dari total air yang dibutuhkan tanaman kapas untuk bisa bertahan hidup.

 

Tanaman kapas yang dipanen harus ditanam kembali. Hal ini tidak berlaku bagi pohon bambu yang ketika ditebang akan kembali tumbuh setidaknya 1 meter per hari dan siap untuk dipanen dalam waktu 3 sampai 4 tahun kemudian. Dalam kata lain, 1 hektar pohon bambu akan menghasilkan 10x lebih banyak serta daripada tanaman kapas.

 

Lebih kuat dari katun

Bahan cotton bamboo lebih kuat dan lebih tahan lama bila dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Pakaian atau garmen yang terbuat dari bahan katun ini mampu mempertahankan bentuknya meski sudah dipakai berkali-kali asalkan dirawat dengan benar. Cukup hindari mencuci bahan cotton bamboo berkali-kali agar warna dan bentuk pakaian tidak cepat rusak.

 

Sangat lembut dan hypoallergenic

Bahan cotton bamboo terasa sangat lembut di kulit. Banyak orang yang bahkan menggunakan bahan katun premium ini sebagai alternatif yang lebih murah dari bahan sutra atau katun Mesir. Begitu nyaman untuk dipakai sehari-hari, baik dalam bentuk pakaian ataupun sprei. 

 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka menggunakan bahan ini adalah pilihan tepat. Sifatnya yang hypoallergenic bisa dipakai oleh siapa saja, meskipun yang memiliki alergi atau cenderung sering terkena iritas kulit. 

Baca juga: Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

Mudah menyerap keringat

Tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia ini menyebabkan kita sering berkeringat walaupun baru menghabiskan waktu beberapa menit saja di luar ruangan. Selain itu, tingkat kelembaban yang tinggi juga sering membuat kita merasa kurang nyaman karena keringat yang menempel di baju. Tentunya ini bisa membuat kepercayaan diri menurun.

 

Masalah ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan pakaian berbahan cotton bamboo yang 40% lebih mudah menyerap keringat ketimbang bahan katun premium lainnya. Selain itu, bahan katun ini juga lebih adem untuk digunakan serta mampu menangkal sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit.

 

Bersih dan antimikroba

Salah satu kelebihan lainnya adalah tidak berbau karena memiliki komponen yang diberi sebutan “Bamboo Kun” yang bersifat antimikroba. Artinya, mengurangi kemungkinan bakteri hidup dan berkembang biak di kulit ketika Anda berkeringat. Maka dari itu, bahan katun premium ini seringkali digunakan untuk pembuatan kaos, pakaian dalam, handuk, dan sprei.

Itulah kelebihan-kelebihan umum dari bahan cotton bamboo yang ramah lingkungan. Tertarik untuk memiliki pakaian berbahan katun ini? Tidak perlu jauh-jauh mencari, Anda bisa memesannya dari Tshirtbar yang menyediakan bahan-bahan katun premium, salah satunya adalah bahan cotton bamboo. Tshirtbar juga hanya memproduksi kaos dengan bahan 100% katun, kualitas setara brand-brand internasional lainnya. Klik di sini untuk cari tahu selengkapnya.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *