Sablon vs Bordir, Mana yang Paling Baik?

Variasi pada sebuah baju tak hanya sebagai pemanis yang berguna untuk meningkatkan nilai tampilannya saja. Lebih daripada itu, variasi bisa membuat baju sebagai bentuk ekspresi diri bagi seseorang. Sehingga baju tersebut dapat menunjukkan ciri khas dan pembawaan seseorang secara unik dan beragam.

Dari sekian banyak tipe variasi, terdapat variasi yang paling diminati masyarakat, yakni bordir dan sablon. Variasi sablon dan bordir pada baju memiliki tingkat kreatifitas yang lebih luas, karena kita dapat menambahkan sablon dan bordir dalam bentuk gambar maupun tulisan. Namun, diantara bordir atau sablon manakah yang lebih baik? Mari simak ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Bordir

bordir

Teknik bordir dapat dibagi ke dalam 2 jenis yaitu manual dan komputer. Kedua jenis teknik bordir tersebut memiliki beberapa kelebihan serta kekurangannya masing-masing, berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Baju Jahitan dan Tips Memilihnya

Kelebihan dan Kekurangan Bordir Manual

Bordir manual adalah teknik menyulam yang dibuat dengan cara konvensional menggunakan tangan secara langsung. Jika ditelaah lebih dalam, bordir manual ini tidak memiliki kelebihan yang signifikan. Namun dari sisi kekurangannya, bordir manual dapat dilihat dari tingkat kerapian hasil bordirannya.

Lebih lagi, proses bordir manual ini berisiko terjadi human error yang dimana bisa mempengaruhi hasil akhirnya. Selain itu, waktu pengerjaannya pun lebih lama karena tingkat keahlian pekerja dalam membordir berbeda-beda.

Kelebihan dan Kekurangan Bordir Komputer

Bordir komputer adalah mesin yang berfungsi untuk membordir benang ke kaos yang disesuaikan dengan pola gambar atau tulisan yang sudah dibuat secara otomatis tanpa adanya teknik manual lagi. Contoh pengaplikasian bordir komputer ini bisa digunakan untuk topi, kemeja, celana, hingga kaos.

Cara kerja mesin bordir komputer sudah profesional dan tentunya telah terkomputerisasi. Sehingga hasil bordirnya pun dapat lebih bagus, lebih rapi, detail, dan juga cepat. Secara umum, terdapat beberapa kelebihan dari memakai bordir jenis ini, yaitu:

  • Hasil finishingnya lebih bagus dan rapi.
  • Lebih tahan lama dan awet.
  • Kerapatan hasil bordirnya lebih detail.
  • Tidak perlu teknik perawatan secara khusus.
  • Dapat disetrika tanpa khawatir rajutan atau warnanya rusak.
  • Mampu diproduksi secara massal dengan proses pengerjaan yang singkat.
  • Lebih efisien dari segi biaya.

Selain memiliki beberapa kelebihan, bordir komputer juga mungkin memiliki sejumlah kekurangan diantaranya seperti:

  • Bentuk visual yang kurang rapi dan kaku.
  • Jika benang yang digunakan agak kusut akan menyebabkan gambar tidak terlihat dengan baik.
  • Kurang pas apabila dibuat pada jenis kain yang tipis serta mudah melar.

Baca Juga: Begini Cara Ukur Lingkar Lengan Baju dengan Baik dan Benar

Kelebihan dan Kekurangan Sablon

sablon

Terdapat beberapa kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan sablon untuk jenis pakaian Anda. Dengan menggunakan metode sablon atau printing, maka tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Sebab sablon tidak memiliki batasan pada warna serta desain yang artinya bisa disesuaikan dengan apa yang kita butuhkan dan inginkan. Misalnya seperti menginginkan efek gradasi, jenis warna kompleks, desain photographic, dan sebagainya. Dengan kelebihan tersebut, tenik sablon kaos jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan metode bordir.

Namun Anda juga harus mengetahui sisi kelemahan dari menggunakan sablon untuk kaos, beberapa kekurangan menggunakan sablon diantaranya adalah:

  • Perlu hati-hati dan patuh mengikuti petunjuk mencuci kaos sablon, sebab kaos sablon mungkin berisiko rusak apabila salah teknik mencuci.
  • Terdapat beberapa jenis sablon yang kurang tahan lama, sehingga memerlukan perawatan secara khusus.
  • Terdapat juga jenis sablon yang rentan rusak, pudar, atau mengelupas saat disetrika.
  • Terdapat jenis tinta sablon yang hanya tersedia dalam 1 warna saja.

Baca Juga: Sablon Rubber: Definisi, Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Bordir dan Sablon, Mana yang Lebih Baik?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa masing-masing antara bordir dan sablon tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Cenderung sulit untuk langsung menyatakan bahwa salah satu dari keduanya lebih baik. Hanya saja, pilihan terbaik merupakan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Umumnya bordir dipakai untuk jenis pakaian seperti kemeja, seragam, baju kerja bordiran, wearpack dan sejenisnya yang memerlukan logo lebih awet serta praktis, sehingga tidak akan repot memikirkan cara merawatnya. Sementara sablon lebih cocok untuk jenis pakaian seperti kaos, sweater, hoodie, dan sejenisnya yang memiliki ruang untuk mencetak beragam jenis desain dan warna.

Demikian pembahasan seputar sablon dan bordir, bagi Anda yang sedang mencari tempat bordir custom pakaian dan digital printing, percayakan saja kepada Tshirtbar. Yuk kunjungi kami secara offline di Tshirtbar Head Office Jl. Abdul Majid Raya No.6A, Cipete, Jakarta Selatan atau hubungi tim sales kami untuk informasi selengkapnya!

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222