Bagaimana Tips Lipat Hoodie dan Sweater dengan Benar dan Tepat?

Apakah Anda sering merasa kesulitan menyimpan hoodie di lemari pakaian Anda karena tidak terlipat dengan rapi? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Hoodie memang menjadi pilihan yang praktis untuk tetap hangat dan bergaya, tetapi seringkali menimbulkan masalah penyimpanan yang cukup merepotkan. 

 

Tips lipat hoodie dan sweater tidak hanya akan membantu membersihkan ruang di lemari atau laci pakaian Anda, tetapi juga dapat mencegah munculnya kerutan yang tidak diinginkan. Namun, tahukah Anda bahwa penyimpanan yang benar adalah bagian penting dari rutinitas perawatan sederhana untuk hoodie? 

 

Mari kita pelajari terlebih dahulu bagaimana melipat hoodie dengan rapi agar memaksimalkan ruang penyimpanan dan menjaga penampilannya tetap prima.

 

Apa Saja Jenis Lipat Hoodie dan Sweater?

Paham akan teknik lipatan yang efektif, Anda dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan Anda serta menghindari kerutan yang tidak diinginkan pada pakaian favorit Anda.

 

Berikut adalah jenis melipat hoodie dan sweater yang bisa diikuti:

  • Lipatan Dasar

Untuk menyimpan hoodie dan sweater dengan rapi, penting untuk menguasai lipatan dasar yang efektif. Prosesnya dimulai dengan meletakkan hoodie secara terbalik di atas permukaan datar. Pastikan bagian belakang hoodie menghadap ke atas dan bagian depan menghadap ke bawah. 

Selanjutnya, silangkan kedua lengan ke tengah hoodie hingga membentuk bentuk persegi panjang. 

Lipat separuh atas hoodie ke arah bawah secara merata ke separuh lainnya. Lanjutkan dengan melipat salah satu sisi kerudung ke atas secara vertikal ke sisi lainnya. Pastikan kerudung menonjol di bagian bawah. Buka dan regangkan di atas tubuh hoodie yang terlipat untuk memastikan seluruh bagian tubuh masuk ke dalam kerudung. 

Dengan demikian, hoodie yang terlipat akan memiliki bentuk persegi dengan kerudung menutupi bagian lainnya.

  • Lipatan Marie Kondo

Marie Kondo, pakar dalam seni membersihkan dan merapikan, memiliki metode lipatan khusus untuk hoodie. 

 

Pertama-tama, letakkan kerudung di permukaan datar dan ratakan kerutan yang mungkin muncul. Selanjutnya, lipat kerudung ke bawah ke tubuh hoodie. Ambil sisi kanan hoodie dan lipat ke arah tengah, kemudian lakukan hal yang sama dengan sisi kiri. Lipat hoodie menjadi dua dengan membawa bagian atas ke bawah. 

 

Dengan langkah-langkah ini, hoodie akan terlihat rapi dan pas di dalam lemari.

  • Lipatan KonMarie

Untuk pendekatan yang lebih terstruktur, lipatan KonMarie dapat diterapkan. 

 

Mulailah dengan meletakkan hoodie di permukaan datar dengan bagian depan menghadap ke bawah. Ambil kedua sisi hoodie dan lipat ke arah tengah, pastikan kedua ujung bersentuhan di tengah dan lengan terbentang ke luar. Lipat lengan secara horizontal menjadi separuh di tengah hoodie. 

 

Kemudian, lipat kerudung ke belakang dengan bukaan menghadap ke atas. Bagian bawah hoodie dan kerudung harus bertemu di tengah hoodie, sehingga hoodie akan memiliki bentuk persegi panjang. 

 

Terakhir, lipat hoodie menjadi sebuah persegi dengan mengambil satu ujung persegi panjang dan melipatnya ke atas yang lainnya. Dengan langkah-langkah ini, hoodie Anda siap disimpan dengan rapi di dalam lemari.

 

Bagaimana Tips Lipat Hoodie dan Sweater dengan Tepat?

Melipat hoodie dan sweater dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan, kerapihan, dan penampilan pakaian Anda. 

 

Dengan mengikuti beberapa tips dan teknik yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa pakaian Anda tetap terorganisir dan terawat dengan baik di lemari Anda. Berikut adalah sepuluh poin strategi melipat yang efektif:

  • Pahami Teknik Dasar

Sebelum memulai, pahami teknik dasar melipat hoodie dan sweater. Pastikan untuk meletakkan pakaian di atas permukaan datar dengan benar dan sesuai dengan panduan yang diberikan.

  •  Perhatikan Orientasi

Penting untuk memperhatikan orientasi pakaian saat melipat. Misalnya, pastikan bagian belakang hoodie menghadap ke atas dan bagian depan menghadap ke bawah untuk hasil yang lebih rapi.

  • Susun Lengan dengan Baik

Ketika melipat, pastikan untuk merapikan lengan pakaian dengan baik. Hindari kerutan dan lipatan yang tidak diinginkan dengan meletakkan lengan secara rata dan simetris.

  •  Gunakan Teknik Lipatan yang Tepat

Ada beberapa teknik lipatan yang bisa Anda pilih, seperti lipatan dasar, lipatan Marie Kondo, atau lipatan KonMarie. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi Anda dan pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan cermat.

  •  Pastikan Kerudung Terlipat dengan Baik

Jika hoodie memiliki kerudung, pastikan untuk melipatnya dengan baik agar tidak mengganggu tata letak pakaian di dalam lemari.

 

  • Periksa Hasil Lipatan

Setelah melipat, periksa hasilnya untuk memastikan bahwa pakaian terlihat rapi dan tidak ada kerutan yang mencolok. Ini akan membantu Anda menjaga penampilan pakaian tetap prima.

 

  • Praktikkan secara Berkala

Praktikkan teknik melipat secara berkala untuk meningkatkan keterampilan Anda. Semakin sering Anda melakukannya, semakin terampil Anda dalam menjaga kerapihan dan kebersihan pakaian Anda.

 

  • Gunakan Alat Bantu

Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti papan lipat untuk membantu memperoleh lipatan yang lebih presisi dan rapi.

 

  • Sisihkan Waktu yang Cukup

Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk melipat pakaian dengan baik tanpa terburu-buru. Melipat dengan tergesa-gesa bisa menghasilkan lipatan yang tidak rapi dan kerutan yang tidak diinginkan.

 

  • Simpan dengan Rapi

Setelah melipat, susun hoodie dan sweater dengan rapi di dalam lemari. Pisahkan sesuai dengan jenis pakaian atau warna untuk memudahkan Anda dalam menemukan pakaian yang Anda butuhkan.

 

Ingin tampil rapi dan praktis dengan koleksi hoodie dan sweater? Yuk, pelajari tips melipat hoodie dan sweater agar lemari Anda selalu teratur. 

 

Dapatkan produk fashion berkualitas di Tshirtbar dengan beragam pilihan hoodie dan sweater yang cocok untuk traveling. Temukan pakaian yang mudah dilipat untuk memaksimalkan ruang penyimpanan Anda. Jelajahi koleksi kami sekarang untuk tampil stylish di setiap kesempatan.

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217