Bagaimana Cara Merawat Pakaian Agar Awet

Ketika membeli pakaian, tentu saja Anda berharap pakaian tersebut bisa awet meski sudah dipakai bertahun-tahun. Apalagi kalau Anda sudah merogoh kocek cukup dalam untuk membeli pakaian tersebut. Tetapi, jangka pemakaian pakaian ini juga dipengaruhi oleh cara Anda merawatnya, lho!  Tidak peduli seberapa bagus kualitasnya, jika perawatannya salah, bisa-bisa pakaian cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, mari cari tahu bagaimana cara merawat pakaian agar awet! 

 

Ingat, tidak semua pakaian bisa dicuci pakai mesin

Mencuci pakai mesin memang akan meringankan beban pekerjaan dan menghemat waktu. Tetapi, Anda harus tahu kalau tidak semua jenis pakaian bisa dicuci dengan menggunakan mesin. Hal ini berlaku untuk pakaian berbahan lembut, misalnya saja pakaian dalam. Maka dari itu, pisahkan pakaian ini dari lainnya dan cuci manual pakai tangan. Lagi pula, mencuci pakaian dalam tidak seberat jeans atau jaket. Jadi, sebenarnya tidak akan membuat Anda kesusahan ketika harus mencuci pakaian. 

 

Lebih baik, pisahkan pakaian berdasarkan warna saat pencucian

Masih banyak yang bertanya soal bagaimana cara merawat pakaian, kemudian berpikir bahwa hal tersebut sangatlah sulit. Padahal, triknya bisa saja semudah memisahkan pakaian berdasarkan warna dan bahan saat proses pencucian. Tips ini bisa Anda pakai jika ingin warna pakaian tidak cepat pudar atau malah kena lunturan warna dari baju lain. 

 

Pertama, pisahkan baju sesuai dengan warna. Pakaian putih dengan warna putih, pakaian gelap dengan warna gelap, dan pakaian warna terang dengan yang berwarna terang. Kalau sudah, langkah kedua adalah mencuci baju putih terlebih dahulu. Saat Anda sudah selesai dengan baju putih, lanjutkan proses pencucian mulai dari pakaian berwarna paling terang hingga yang paling gelap. 

 

Balikkan pakaian dan keringkan secara alami

Kalau Anda ingin warna baju awet, bagaimana cara merawat pakaian tersebut? Mudah saja sebenarnya, cukup dengan membalikkan bagian dalam baju dan celana ke arah luar. Cara ini terbukti ampuh menjaga warna pakaian agar tidak mudah pudar. Setelah bagian dalam dibalik ke luar,  saatnya menjemur baju di terik matahari. Mengeringkan secara alami di bawah sinar matahari akan membuat pakaian lebih awet daripada harus pakai mesin pengering. 

Hindari mencuci pakaian terlalu sering 

Mungkin Anda berpikir kalau semakin kerap pakaian dicuci, maka pakaian akan semakin bersih. Namun nyatanya, semakin sering Anda mencuci baju, semakin cepat kualitas pakaian tersebut menurun. Hal ini sangat mungkin terjadi karena beberapa faktor. 

 

Pertama, warna baju memudar karena sering bersinggungan dengan deterjen dan sinar matahari ketika dijemur. Kedua, kalau pakaian memiliki sablon, maka bisa saja sablon hilang akibat perputaran mesin cuci. Karena itu, sebaiknya Anda mencuci baju hanya ketika sudah benar-benar bau atau kotor. Untuk jeans, memang sebenarnya bisa dipakai beberapa kali dulu baru perlu dicuci. Begitu pun dengan pakaian lain yang memang belum terlalu kotor, cukup gantung saja di luar lemari dan pakai lagi keesokan harinya. 

 

Perhatikan petunjuk perawatan yang tertera pada label pakaian

Cara merawat pakaian yang paling benar adalah dengan memperhatikan petunjuk perawatan pada label yang sudah tertera. Biasanya, entah itu di kemasan pakaian atau label yang terpasang pada pakaian, ada instruksi tentang cara pencucian, pengeringan, dan penyetrikaan agar tidak merusak warna maupun warnanya. Oleh karenanya, perhatikan baik-baik label ini dan ikuti saja petunjuknya. 

 

Contoh, pakaian dengan simbol “Hand Wash” menandakan pakaian harus dicuci manual dengan tangan, bukan dengan menggunakan mesin cuci. Lalu, ada juga simbol “Do Not Bleach” yang berarti pakaian tidak boleh dicuci dengan pemutih untuk menghilangkan noda. Sebaliknya, ada pula pakaian yang boleh dicuci dengan pemutih, asal dengan kadar yang sesuai. Beberapa pakaian tertentu juga ada yang memiliki instruksi agar tidak disetrika karena bisa merusak sablon atau serat kainnya. 

 

Jawaban untuk pertanyaan bagaimana cara merawat pakaian sebenarnya bisa Anda temukan dari simbol-simbol yang sudah dipasang pada label baju atau juga kemasannya. Pahami maksud dari setiap simbolnya agar Anda tak salah dalam mencuci dan mengeringkan pakaian. Jangan lupa juga untuk tidak mencuci baju terlalu sering. Terakhir, selalu ingat untuk memisahkan pakaian sesuai dengan warnanya. Semoga informasi ini membantu! 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

One response to “Bagaimana Cara Merawat Pakaian Agar Awet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *