Last Update: June 16th, 2020 at 3:58 pm

Bagaimana Cara Membuat Pola Baju Anak dengan Sederhana?

Baju anak adalah satu pengeluaran yang seringkali merogoh tabungan rumah tangga Anda. Hal ini dikarenakan baju anak berganti ukuran dengan cepat atau memiliki daya pakai dalam hitungan bulan saja. Untuk itu, menjahit baju anak sendiri bisa menjadi alternatif Anda untuk menghemat pengeluaran. Tentu saja, dengan menjahit baju anak sendiri, pola dan modelnya bisa Anda kreasikan sendiri.

Membuat baju anak sendiri selalu bisa mendatangkan tantangan dan ide tersendiri untuk diekplorasi. Jika Anda ingin membuat baju anak sendiri, sebaiknya Anda kuasai dulu cara membuat pola baju anak yang dimulai dengan pola sederhana.

Anda bisa memulai dengan membuat potongan bagian-bagiannya terlebih dahulu. Contoh berikut adalah cara sederhana membuat baju anak perempuan dengan model dress A-line tanpa lengan. Anda bisa sesuaikan pola sederhana ini dengan kain yang digunakan dan tambahan hiasan atau manik-manik yang akan dipasang untuk melengkapi hiasan agar nampak lebih lucu.Cara berikut ini bisa Anda ikuti dan praktikkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Pola Baju Anak Bagian Kerah

Untuk membuat bagian kerah adalah, pertama, dengan menumpuk dua kain dengan sisi yang bagus saling berhadapan ke dalam agar pola bisa digambar di bagian belakang kain. Untuk menggambar pola kerah yang akan dipotong, Anda bisa menggunakan pensil kapur atau pensil agar potongan polanya bisa dihilangkan. Panjang kerah bisa Anda pasang sepanjang 19,5 cm dan lebar 4 cm atau panjang kerah 11 cm dan 8,5 cm dan lebar 4 cm untuk potongan kerah yang dipisah menjadi dua potongan.

Penting untuk memberi jarak 1 cm melebihi pola untuk kampuh jahitan. Selanjutnya, Anda bisa mulai memotong kain menurut pola. Untuk membuat kerah yang lebih tegas dan kaku, Anda juga harus memotong kain viselin untuk isian dalam kerah yang akan dijahit. Untuk kerah bagian belakang berikan dua potongan. Sedangkan untuk kerah bagian depan bisa langsung dipotong melengkung atau dipisah menjadi dua kali potong jika lebar kain tidak cukup.

Cara Membuat Pola Baju Anak Bagian Atasan Depan

Untuk bagian bagian atasan depan dress anak dengan menggambar pola bagian depan yang diinginkan. Jangan lupa untuk memberi jarak 1 cm untuk kampuh jahitan yang selanjutnya dipotong menurut pola. Panjang lingkar dada bisa Anda berikan sepanjang 32 cm. Lebar bahu, jarak dari bahu ke kerung leher, dan jarak dari kerung lengan ke bawah adalah masing-masing 7 cm. Terakhir, lebar lengan bisa Anda berikan sepanjang 15 cm.

Untuk ukuran dasar baju anak yang bisa Anda pilih untuk membuat dress anak model A-line tanpa lengan adalah lingkar badan, lingkar pinggang, panjang punggung, lebar punggung, lebar muka, panjang bahu, dan lingkar leher.

Cara Membuat Pola Baju Anak Bagian Atasan Belakang

Untuk bagian atasan belakang adalah dengan bagian atasan depan dress. Namun, untuk jarak dari kerung leher ke bawah 17 cm dan jarak dari kerung leher ke pundak adalah 2 cm. Untuk pola bagian atasan belakang berikan jarak 1 cm untuk kampuh jahitan dan 2 cm untuk jarak memasang resleting.

Cara Membuat Bagian Rok

Cara membuat pola baju anak bagian rok bagian depan dan belakang adalah dengan menambahkan 10 cm untuk membuat kerutan di rok bagian depan. Untuk rok bagian belakang ditambahkan 10 cm juga untuk membuat kerutan. Jadi total lebar rok adalah 20 cm per potongan kanan kiri.

Itulah cara membuat pola baju anak yang bisa Anda lakukan karena potongannya yang cenderung sederhana. Dengan melakukan cara di atas, Anda bisa membuat dan menjahit baju anak sendiri dan mengkreasikannya dengan model yang Anda suka.

 

Artikel Terkait

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *