Mengenal Artsy Style, Jenis, dan Karakteristiknya

Artsy style adalah satu dari jenis gaya fesyen paling unik. Gaya ini jadi semakin populer di kalangan individu yang ingin melampaui batasan mode lintas arus dan menciptakan tampilan yang mengutamakan kreativitas dan semangat artistik dari tiap individu.

Artikel ini akan mengungkapkan inti dari gaya artsy, baik dari karakteristik utamanya, serta memberikan wawasan tentang bagaimana cara berbusana melalui gaya in.

Apa itu Artsy Style?

Gaya berpakaian artsy terinspirasi dari seni dan ekspresi kreatif. Biasanya, gaya ini menekankan warna-warna cerah, pola-pola unik, dan kombinasi yang tidak biasa dalam pakaian. Selain itu juga sering melibatkan penggunaan aksesori yang unik dan identik, seperti perhiasan yang mencolok, tas DIY, atau sepatu yang lebih nyentrik dari yang umumnya digunakan.

Hal penting dalam gaya seni adalah memastikan bahwa barang yang dipakai punya kualitas tinggi. Banyak pengikut gaya ini lebih suka barang buatan tangan, karena memberikan sentuhan yang unik ketika dipakai. Dengan kata lain, gaya artsy mengedepankan kualitas daripada jumlah barang yang dimiliki.

Baca Juga: Mengenal Layering Style dan Tips Memadukannya

Apa Saja Jenis-jenis Artsy Style?

jenis jenis artsy style

Banyak sekali contoh gaya artsy yang bisa diimplementasikan dalam industri fesyen. Antara lain sebagai berikut:

1. Gaya Bohemian

Style ini terinspirasi oleh gaya hidup dan budaya Bohemian, yang berasal dari komunitas seniman di abad ke-19. Gaya Bohemian menekankan kenyamanan, kebebasan, dan ekspresi diri, dengan menonjolkan pakaian yang santai, alami, dan bergaya bebas.

Ciri-ciri dari style Bohemian adalah melibatkan pakaian longgar, motif ala etnik, dan pemilihan warna yang melekat dengan elemen bumi. 

2. Gaya Retro

Gaya retro dalam fashion mengacu pada gaya dan tren mode yang terinspirasi oleh periode masa lalu, terutama antara tahun 1920-an dan 1990-an. Retro sendiri menggambarkan adopsi kembali gaya dan estetika dari era sebelumnya ke dalam mode saat ini.

Inspirasi dari retro style bisa dilihat dari flapper style dari glamour Hollywood era 1950-an, flappy style tahun 1920-an, hippie style dari tahun 1960-an, dan neon color di tahun 1980-an. Setiap era memberikan pengaruh yang khas pada gaya, siluet, pola, dan aksesori dalam fashion retro.

3. Gaya Vintage

Dalam perspektif fashion, gaya vintage mengacu pada pakaian dan aksesoris yang berasal dari masa lalu dan memiliki nilai kolektif. Istilah “vintage” digunakan untuk menggambarkan barang-barang yang telah berusia minimal 20 tahun atau lebih, dan mencerminkan gaya dan mode dari periode sebelumnya. 

Gaya vintage seringkali ditemukan dalam pakaian dan aksesori yang ditemukan di toko barang bekas atau melalui warisan keluarga.

4. Avant-garde

Gaya ini ditandai dengan desain kreatif yang inovatif yang mempertanyakan standar konvensional dalam dunia mode. Dalam gaya ini, seringkali terdapat penggabungan bentuk-bentuk asimetris yang menarik, penggunaan bahan-bahan yang tidak umum, serta penerapan teknik konstruksi yang tidak lazim.

Baca Juga: 9 Style Topi Wanita dan Tips Memadukannya

Bagaimana Karakteristik Artsy Style?

karakteristik artsy style

Gaya Artsy punya ciri khas yang berbeda dari gaya fashion lainnya. Diantaranya adalah:

1. Mengedepankan Sisi Kreatif

Ciri utama dari gaya artsy adalah ekspresi kreatif yang tinggi. Orang yang mengadopsi gaya ini cenderung meng-explore batasan konservatif dalam fashion dan menciptakan tampilan yang unik dan imajinatif. Mereka menggunakan pakaian dan aksesori sebagai media untuk mengekspresikan kepribadian dan apresiasi mereka terhadap seni.

2. Gaya yang Eksentrik

Sering kali menampilkan keunikan dan eksentrisitas sebagai ciri khasnya, tentunya memberikan tampilan yang menarik dan berbeda dari tren utama dalam fashion. Hal ini juga memperkuat ungkapan pribadi dan artistik yang disampaikan melalui gaya ini.

3. Menggunakan Warna yang Kontras dan Berani

Gaya artsy cenderung memakai warna cerah dan kontras yang berani. Dengan menggabungkan kombinasi warna yang tidak biasa dan tak terduga, tentunya akan menciptakan tampilan yang mencolok. Warna cerah juga mencerminkan karakter playful dan keberanian individu dalam mengekspresikan diri melalui fesyen.

Baca Juga: 5 Style Casual Formal Pria dan Inspirasinya

4. Mengedepankan Kualitas

Ciri lain dari gaya artsy juga fokus pada kualitas. Pemakai cenderung mencari fashion item berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan unggul dan menyukai barang handmade. Ini sebagai bentuk apresiasi akan keunikan dan sentuhan personal yang dihasilkan.

5. Terdapat Sisi Artistik pada Fashion Item

Poin utama dari gaya artsy ialah sering melibatkan penggunaan aksesori yang mencerminkan elemen seni, entah dari aksesoris maupun pola baju. Tujuannya untuk menampilkan artistik dan menjadi titik fokus yang menarik dalam tampilan.

Inspirasi Artsy Style dari Tshirtbar

Masih bingung bagaimana mencari gaya yang sesuai dengan gaya artsy, berikut kami hadirkan beberapa rekomendasinya:

1. Outfit Multicolor

Kamu bisa coba untuk memakai outfit dengan beberapa warna beda. Padukan satu warna gelap dan dua warna terang supaya lebih berwarna. Campuran warna tersebut bisa menonjolkan kesan pemakai yang unik dan berbeda, hampir serupa dengan gaya pop art.

2. Outfit Gothic

Di tahun 80-an, gaya gothic dalam dunia mode telah menjadi tren yang populer di kalangan anak muda. Tren ini terinspirasi oleh budaya gothic yang memiliki ciri khas dramatis dengan tampilan yang lebih mencolok. Kehadiran gaya ini semakin dikenal luas karena telah diadopsi dalam acara fashion runway, trend mode, dan bahkan gaya harian, seperti contoh Rick Owens dan Vivienne Westwood.

Baca Juga: 6 Style Jersey Bola dan Tips Memadukannya

3. Outfit Asymmetric

Paduan gaya berikutnya adalah asymmetric, yang lebih menekan pola baju yang tidak simetris. Kamu bisa memakai baju asimetrik dan celana wide-leg serta kaos kaki motif. Gunakan topi bucket hat dan kacamata hitam sebagai pelengkap busana.

Kesimpulannya, artsy style adalah pilihan gaya bagi kamu yang ingin berekspresi dengan cara sendiri. Dalam hakikatnya, gaya artsy perlu memilih baju dengan mutu tinggi. Silakan kunjungi Tshirtbar untuk info lengkap seputar fashion dan tips lainnya.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222