Apa Itu Tumbler? Dan Apa Fungsinya?

Pernahkah terlintas di pikiran Anda soal apa itu tumbler? Sekarang ini, banyak yang menggunakan istilah “tumbler” untuk menyebut tempat minum yang berbentuk botol. Ada juga yang menyebut tumbler untuk menunjuk botol termos. Namun sebenarnya, apa itu tumbler? Mengapa istilah ini digunakan untuk menyebut botol minuman? Apa fungsi tumbler? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Sejarah apa itu tumbler

“Tumbler” sendiri punya arti harfiah “orang yang terguling.” Istilah ini mulai digunakan untuk menyebut wadah minuman pada abad ke-17. Kala itu, wadah minuman terbuat dari bahan logam yang mengecil ke bawah sehingga mudah terguling (tumbling). 

 

Wadah minuman dengan model yang demikian masih bisa ditemukan hingga sekarang. Tumbler umumnya digunakan untuk menampung minuman hangat yang dijual di musim dingin. Bentuk tumbler yang harus dipegang memberikan sensasi nyaman di tangan jika diisi dengan minuman hangat seperti kopi atau cokelat.

 

Apa itu tumbler di masa kini

Sekarang, tumbler sudah mengalami transformasi. Tumbler bukan lagi sekadar “wadah minuman yang mudah terguling,” tetapi juga sering digunakan untuk menyebut wadah minuman secara umum.  

 

Model dan bahan tumbler pun sangat variatif, ada yang terbuat dari plastik, kaca, hingga stainless steel. Tumbler pun tidak hanya menjadi tempat minum biasa, namun juga bisa menjadi media iklan hingga bagian dari gaya hidup sehat.

 

Fungsi tumbler

Dengan semakin berkembangnya model dan desain tumbler, fungsinya pun turut mengalami perubahan. Berikut adalah beberapa fungsi tumbler yang umum ditemukan:

  • Untuk mempertahankan suhu minuman

Tumbler dengan model dan bahan tertentu seperti stainless steel memang bisa berfungsi layaknya sebuah termos mini. Dengan begitu, suhu minuman yang disimpan dalam tumbler seperti ini pun dapat terjaga. Anda bisa membawa minuman hangat atau minuman dingin ke mana saja tanpa harus takut suhunya berubah.

  • Untuk promosi

Tumbler pun bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Bagi Anda yang memiliki usaha atau ingin menyampaikan pesan tertentu, tumbler bisa menjadi pilihan. Sekarang ini, Anda bisa menambahkan desain atau ilustrasi khusus pada bagian luar tumbler. 

 

Setelah desain atau pesan Anda dicetak, bagikanlah tumbler tersebut. Tumbler sangat fungsional, sehingga besar kemungkinannya untuk digunakan oleh penerima. Saat digunakan inilah tumbler bisa menjadi “penyampai pesan.” Orang lain bisa melihat pesan yang terpampang pada permukaan tumbler dan mengetahui pesan yang ingin Anda sampaikan. Efektif untuk Anda yang baru memulai usaha!

  • Untuk souvenir atau merchandise

Ingin memberikan souvenir kepada tamu undangan acara istimewa Anda? Tumbler bisa dijadikan pilihan. Selain fungsional, tumbler juga bisa didesain agar terlihat cantik dan sesuai dengan konsep acara Anda. Misalnya, untuk souvenir pernikahan, Anda bisa mencantumkan nama atau ilustrasi wajah pada bagian luar tumbler.

 

Anda juga bisa menjadikan tumbler sebagai merchandise. Bagi Anda yang memiliki komunitas atau grup, tumbler bisa menjadi merchandise. Tumbler yang seragam dengan sesama anggota komunitas tentu bisa menjadi tanda keakraban.

  • Untuk mengurangi limbah

Kebanyakan kafe atau kedai minuman yang menyediakan layanan take away biasanya menggunakan wadah plastik atau karton untuk mewadahi minuman. Wadah plastik atau karton tersebut umumnya hanya bisa sekali pakai. Bayangkan, ada berapa banyak limbah plastik dan karton jika semua orang memilih untuk takeaway.

 

Tumbler bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Dengan membawa tumbler ke kedai minuman, Anda bisa menyimpan minuman take away tanpa harus meminta wadah plastik dari penjual. Dengan begitu, penggunaan plastik pun bisa dikurangi. Kini, sudah banyak tempat yang memperbolehkan konsumennya untuk membawa tempat minumnya sendiri. Jadi, Anda bisa menggunakan tumbler kesayangan.

  • Untuk dijadikan hadiah

Tumbler pun cocok untuk dijadikan hadiah bagi orang tersayang, entah itu untuk perayaan ulang tahun, kelulusan, atau anniversary. Anda bisa memberikan tumbler yang telah didesain khusus agar spesial bagi si penerima. 

 

Pilih tumbler dengan bahan yang tahan lama seperti stainless steel. Di bagian luarnya, Anda bisa menambahkan logo, tulisan, atau bahkan gambar dengan metode cutting sticker atau grafir laser. Selain istimewa, kado berupa tumbler pun bermanfaat karena bisa digunakan sehari-hari. 

 

Semoga artikel ini dapat mejawab pertanyaan Anda mengenai apa itu tumbler dan juga fungsinya. Tertarik untuk membuat custom tumbler? Tidak perlu bingung, Tshirtbar siap menghadirkan tumbler dengan desain dan model sesuai keinginan Anda. Yuk, kreasikan tumbler spesial Anda bersama Tshirtbar!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *