Last Update: October 31st, 2022 at 12:01 pm

Apa Itu T-Shirt? Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan Shirt

Orang awam sekalipun mungkin sudah tidak asing dengan apa itu T-Shirt. Siklus tren fashion memang tak pernah berhenti untuk terus melakukan inovasi. Industri di bidang satu ini pun punya peminat yang tinggi. Akibatnya, banyak baju dengan model baru pun tak jarang hadir pada setiap musim. Namun kalau bicara soal item fashion paling dasar, ada satu barang yang masih diminati banyak orang. Tak terkecuali adalah t-shirt atau yang sering kita kenal dengan kaos oblong.

T-shirt sudah jadi kebutuhan sandang paling dasar. Modelnya yang sederhana juga kerap jadi andalan semua orang. Khususnya untuk kamu yang tidak suka pakaian rumit. Untuk itu, mari simak lebih jauh tentang apa itu t-shirt serta perbedaannya dengan shirt.

Apa Itu T-Shirt?

T-Shirt adalah salah satu jenis baju yang menutupi seluruh bagian dada hingga bawah perut. Di samping itu juga t-shirt menutupi sebagian lengan. Secara umum t-shirt tidak memiliki kancing dan kerah pada leher. Produk busana satu ini banyak diminati karena bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, bahannya adem dan sederhana. Hal yang paling jelas dilihat adalah bentuknya serupa dengan huruf “T”. Namun belum ada teori pasti apa kepanjangan dari huruf “T” pada T-Shirt sampai saat ini.

Sebelum jadi terkenal sampai sekarang, t-shirt awalnya tidak boleh dikenakan secara tunggal. Di tahun 1913, t-shirt adalah pakaian dalaman wajib untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada kala itu belum ada yang memakai t-shirt sebagai busana harian. Para tentara pun hanya mengenakan t-shirt saat cuaca panas. Modelnya pun tidak beragam seperti sekarang. Hanya berwarna putih polos.

Namun, saat ini t-shirt sudah banyak digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan balita. Bahan yang digunakan untuk membuat kaos biasanya terbuat dari bahan katun. Jenis katun yang paling umum dipilih adalah cotton combed. Bahan cotton combed merupakan kapas diproses dengan teknik combed atau disisir menggunakan mesin combing. Karena dibuat dari 100% kapas, hasil yang dicapai pun lembut, halus dan rata sehingga nyaman digunakan.

Apa Saja Jenis-jenis dari T-Shirt?

Setiap orang punya standar masing-masing tentang kebutuhan gayanya. Ada yang lebih suka simple, dan ada juga yang senang tampil edgy. Selain itu juga menyesuaikan dengan kegiatan. Tipe tubuh pun punya andil dalam menentukan jenis pakaian yang akan digunakan. Termasuk dalam memilih t-shirt.

Banyak model atau jenis-jenis t-shirt yang bisa kamu jadikan opsi. Tujuannya supaya kamu dapat menentukan bagaimana outfit kamu bisa terlihat keren di depan umum. Berikut pilihannya:

1. Short Sleeve T-Shirt

 

Jenis short sleeve adalah model kaos yang paling umum. Bisa di lihat pada bagian lengan yang menutupi setengah tangan, memiliki garis leher, dan cutting-an lurus. Kaos short sleeve bisa dibilang sebagai cikal bakal dari T-shirt itu sendiri.

2. Long Sleeve T-Shirt

Sama seperti kaos biasa, namun yang membedakan adalah lengannya yang lebih panjang. Pada bagian tersebut menutupi dari pundak hingga telapak tangan. Sehingga cocok digunakan saat cuaca dingin. 

3. Double Layer Long-Sleeve T-Shirt

Kaos ini memiliki 2 lapis pada bagian lengan. Memadukan short sleeve dan long sleeve namun kedua warnanya saling bertabrakan. Model kaos ini pernah dipopulerkan oleh vokalis band Nirvana, Kurt Cobain.

4. Oversize T-Shirt

Oversize merupakan gabungan dari dua kata “over” dan “size”. Dalam artian kaos ini memiliki ukuran yang satu kali lipat lebih besar dari t-shirt biasa. Bentuknya juga sama seperti kaos short sleeve. Hanya saja lebih bervolume.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Baju Oversized Pria Agar Terlihat Keren

5. T-shirt Dress

Model t-shirt ini memadukan esensi dress yang anggun namun dibuat lebih simple. Bahan kaos yang adem kemudian dimodifikasikan secara khusus supaya lebih strechty. Sehingga terlihat lebih anggun dan berlekuk.

6. Ladies Fit T-Shirt

Berikutnya ada ladies fit yang dibuat khusus bagi wanita. Sebenarnya sama saja dengan t-shirt short sleeve pada umumnya. Hanya saja fit pada kaos ini memberi aksen lekuk pada bagian pinggang. Selain itu lengannya juga dibuat lebih pendek.

7. Pocket T-Shirt

Jenis pocket t-shirt mulai banyak disukai oleh banyak orang. Kamu bisa menambahkan aksen saku pada bagian dada seperti kemeja.

Baca Juga: Pilihan Kaos Yang Pas Untuk OOTD

Apa Saja Fungsi dari T-Shirt?

T-shirt selalu jadi opsi utama dalam berkegiatan. Baju ini memang sudah di rancang agar memudahkan dalam beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan. Penyebab utamanya adalah kaos oblong atau t-shirt tidak terkesan formal dan kuno. Jenis baju ini juga sangat serbaguna. Sehingga, t-shirt juga sangat patut dimiliki di lemari kamu. Meski terbilang serbaguna, kamu bisa memanfaatkan sebuah kaos dengan sempurna.

1. Sebagai Outfit Utama

Dengan menggunakan kaos saja, kamu bisa tampil simple dan elegan. Gunakan juga celana dan sepatu yang tepat. Dengan catatan kamu juga harus bisa memakai kaos saja untuk kegiatan santai. Misalnya piknik atau jalan ke mall.

2. Sebagai Inner pada Outfit

Kalau kamu mulai kepepet, t-shirt bisa jadi dalaman blazer. Khususnya buat kamu yang dituntut untuk menghadiri kegiatan formal dan semi formal. Tidak harus pakai kemeja, t-shirt masih bisa kamu andalkan.

3. Sebagai Merchandise

T-shirt bisa jadi kado spesial untuk orang tersayang. Selain itu juga bisa dijadikan atribut yang mewakilkan bisnis kamu. 

4. Sebagai Wadah Promosi

Bukan cuma billboard, t-shirt juga bisa kamu pakai sebagai tempat promosi berjalan. Misalnya ingin mengenalkan brand kamu dengan menambah identitas logo pada t-shirt tersebut.

5. Sebagai Ladang Cuan atau Sumber Penghasilan

Bisnis fashion masih akan bertahan lama. Salah satu produk busana yang banyak demand-nya adalah t-shirt. Kamu bisa jual kaos polos atau custom cetak print desain sendiri agar menambah value pada kaosnya. Dampaknya, kamu bisa menjual dengan harga lebih tinggi.

Baca Juga: Tampilkan Kreativitas Kalian Dengan Design Kaos Sendiri!

Apa Saja Perbedaan T-Shirt dan Shirt?

Baik T-shirt maupun shirt, keduanya sama-sama dibutuhkan oleh kita semua. Keduanya tidaklah sama. Meski namanya mirip, mereka punya perbedaan yang mencolok. Berikut perbedaannya:

1. Utilitas

T-Shirt: cocok untuk kegiatan non-formal.

Shirt : cocok untuk kegiatan formal dan semi formal.

2. Bagian Leher

T-Shirt: memiliki garis leher dan tidak berkerah.

Shirt : punya kerah dengan bentuk yang beraneka ragam.

3. Bahan

T-Shirt: terbuat dari bahan katun atau campuran polyester.

Shirt : terbuat dari bahan sutra, linen ataupun wol.

4. Bagian Badan

T-Shirt: hanya terdapat kain saja.

Shirt : memiliki kancing.

Baca Juga: Sejarah Polo Shirt Dari Dulu Hingga Sekarang

T-Shirt memang selalu menjadi pilihan utama. Dari segi kegunaan dan harga juga mudah lebih terjangkau. Bahannya pun adem dan mampu menyerap keringat dengan baik. Terlebih juga punya pilihan model dan ukuran yang bervariatif. Pastikan kamu sudah bisa memilih tempat jual kaos polos yang terpercaya. Hanya di Tshirtbar.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *