Apa Itu Streetwear? Pengertian, Ciri, dan Rekomendasinya

Berbicara tentang apa itu streetwear, pasti kamu sudah tidak asing lagi. Dalam kurun waktu lebih dari satu dekade, streetwear sudah jadi budaya yang punya atensi tinggi. Semua berkat para desainer yang sudah berkontribusi untuk inovasi budaya fashion sampai sekarang.

Jika kamu adalah pecinta fashion, pasti sudah lazim mendengar istilah satu ini. Streetwear adalah sebuah manifestasi dalam tren busana yang sudah jadi subkultur penting bagi seluruh dunia. Siapa saja bisa memakai jenis gaya satu ini. 

Apa Itu Streetwear?

Fashion streetwear adalah gaya pakaian yang banyak dipengaruhi oleh kaum urban, budaya anak muda, dan hip-hop. Hal ini dilihat dengan pakaian kasual yang santai seperti kaos oversize, hoodie, dan sneakers. Desain pada pakaian streetwear sering menampilkan elemen grafis yang berani, seperti misalnya logo besar dan fotografi. Dan sering dibilang sebagai bentuk ekspresi diri.

Banyak contoh brand yang termasuk ke dalam gaya streetwear ini seperti Supreme, Off-White, dan Stussy. Gaya streetwear sendiri telah mendapatkan banyak atensi selama beberapa tahun terakhir. Terlebih dibantu dengan banyak peminat dan kolektor. Tren busana streetwear juga telah mempengaruhi banyak brand kelas atas, dimana mereka juga menambah aksen streetwear ke dalam desain koleksi pakaian.

Bagaimana Asal Muasal Streetwear?

Lahirnya mode streetwear bermula dari perilisan brand Stussy pada tahun 1980-an. Dimana sang pendiri, Shawn Stussy menyatukan estetika skate dan Surf dengan Hip Hop ke dalam brand-nya. Kemudian muncul lagi nama brand seperti FUBU dan Cross Colours mulai muncul dan menyoroti kultur Afrika-Amerika dan Latino dalam mode busana.

Kultur streetwear semakin mencuat dengan adanya tren skate dan Hip Hop di California. Pada awalnya, streetwear dikenakan oleh atlet skate dan musisi Hip Hop. Namun, seiring berjalannya waktu kemudian mulai populer di kalangan umum. Gaya tersebut sering dikenal dengan desain yang tidak formal dan nyaman digunakan, serta menggabungkan unsur dari mode, seni, musik, dan budaya pop.

Masuk ke tahun 1990-an, streetwear mulai menjadi lebih melesat. Apalagi ditambah dengan hadirnya Supreme, dan BAPE yang jadi populer. Supreme, yang didirikan pada tahun 1994, jadi salah satu brand streetwear terbesar saat ini dan menjadi inspirasi bagi banyak brand streetwear lainnya. Lalu di era 2000-an, brand seperti A Bathing Ape (BAPE) dan Off-White menjadi populer di kalangan selebriti dan musisi papan atas.

Di tahun 2010an, brand streetwear sudah mulai berkolaborasi dengan merek papan atas. Pakaian atau fashion item streetwear kini juga sudah banyak rilisan langka dan dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Street Style dan Rekomendasi Outfitnya

Bagaimana Ciri Penampilan Streetwear?

ciri penampilan streetwear

Streetwear tidak seperti gaya busana pada umumnya. Mereka punya cara sendiri untuk menunjukkan seperti keren mereka. Berikut ini adalah beberapa ciri dari penampilan ala streetwear.

1. Non formal

Desain yang dihadirkan cenderung santai dan punya ukuran lebih besar dari baju pada umumnya. Dimana kedua ciri tersebut sangat bertolak belakang dengan formal yang harus terlihat rapi setiap saat.

2. Grafis unik

Gaya streetwear muncul dengan banyak desain yang variatif. Karena mereka menggabungkan banyak unsur subkultur lain seperti musik dan skateboard.

3. Materi bahan tebal

Bahan pakaian pada gaya streetwear menggunakan material yang punya kualitas tinggi, seperti katun, denim, atau kulit sintetis. Permukaan yang tebal membuat baju jadi tahan untuk jangka panjang.

4. Aksesoris unik

Selain baju, gaya streetwear juga memiliki banyak aksesoris unik yang bisa menambahkan kesan stylish. Misalnya topi dan jam tangan sport.

5. Warna beragam

Terdapat banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih untuk diterapkan pada baju streetwear. Mulai dari warna bernuansa terang sampai gelap.

6. Trendy

Streetwear sering mengalami arus tren yang terbilang cepat. Malah terkadang banyak yang dirilis secara terbatas. Jadi tak heran bila pecinta streetwear harus bisa selalu up to date.

Baca Juga: Cara Berpenampilan Chic Style dan Inspirasi Outfitnya

@tshirtbarid

Ini dia perbedaan jenis kaos dari Tshirtbar yang kamu harus tau! Pastinya cocok dipakai untuk kegiatan apapun. Ditambah sangat mudah dipadukan dengan outfit lain. Ayo belanja!!👛🛍 #fypシ #foryou #kaos30s #kaos #lokal

♬ Pagodão do Birimbola (Tchubirabirom) – Os Quebradeiras & Machadez & Mousik

Bagaimana Tips Berpenampilan Streetwear?

Bagi kamu yang tertarik untuk berpenampilan streetwear, tips di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dalam urusan gaya streetwear. Karena sejatinya, streetwear bukan hanya soal tampil hype dan kekinian semata, namun terdapat esensi didalamnya.

  • Jadi diri sendiri: Streetwear tidak lepas dari rasa bebas dalam berpakaian. Kendati demikian, kamu bisa tunjukkan sosok atau sisi lain dari pribadi. Jadilah diri sendiri dan coba mix and match dengan warna dan aksen yang sesuai.
  • Jangan overdo: Sesuatu yang berlebihan memang sejatinya tidak baik. Sah saja bila ingin memadukan dua sampai tiga fashion item yang berbeda. Tips yang bisa kamu ikuti adalah dengan menggunakan desain yang hanya berfokus pada satu gambar. Sisanya bisa gunakan bawahan atau luaran polos saja.
  • Pakai sneakers: Wajib hukumnya bila streetwear menggunakan sneakers. Kamu bisa pakai sneakers klasik atau running sneakers.
  • Tidak digunakan untuk kegiatan formal: Gaya streetwear terlalu santai sehingga hanya cocok dipakai saat kegiatan kasual.

Baca Juga: 7 Inspirasi Outfit Earth Tone Style Pria

Rekomendasi OOTD Streetwear

rekomendasi ootd streetwear

Setelah memahami ulasan mengenai apa itu streetwear mulai dari pengertian, ciri, dan tips berpenampilannya. Berikut ini terdapat beberapa inspirasi fashion item yang bisa kamu pakai untuk gaya streetwear:

1. Kaos oversize

Item satu ini sudah jadi barang yang wajib pada gaya streetwear. Punya siluet sama dengan kaos biasa, namun ukurannya lebih besar. Baik pada lengan dan bagian dada.

2. Hoodie 

Opsi berikutnya adalah hoodie. Kamu bisa pakai secara tunggal atau dikombinasikan lagi dengan kaos dan celana jeans.

3. Jogger pants

Bosan dengan celana biasa? Coba saja gunakan celana jogger. Bentuk yang sedikit mengerucut bisa menyamarkan lekukan kaki yang lebar.

4. Double layer long sleeve shirt

Bukan cuma grunge style saja, jenis kaos satu ini bisa dijadikan sebagai mode streetwear. Kamu bisa lihat beberapa rapper jadul yang sering mengenakan kaos double layer

5. Windbreaker

Opsi berikutnya adalah jaket windbreaker. Mix and match dengan kaos untuk menghasilkan tampilan sport yang sempurna.

6. Cagoule

Salah satu produk fashion yang bisa dijadikan sebagai streetwear adalah jaket cagoule. Jaket satu ini juga bisa jadi opsi, bila tidak ingin ada resleting pada bagian dada. 

7. Baseball cap

Terakhir ada baseball cap yang jadi aksesoris wajib. Topi satu ini bisa menambah kesan sporty dan buat look makin keren.

Baca Juga: Pengertian Style Edgy dan Rekomendasi OOTD

Nah itu tadi penjelasan rinci tentang apa itu streetwear. Kunci dalam gaya ini adalah tetap jadi diri sendiri dan bisa mix and match dengan tepat. Bagi kamu yang sedang mencari beragam produk fashion dan merchandise yang bisa dijadikan gaya streetwear, langsung saja kunjungi Tshirtbar dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224