Yuk Kenali Apa Itu Skena Outfit Secara Tuntas!

Penjelasan apa itu skena outfit masih jadi simpang siur bagi kalangan anak muda. Sebagian ada yang menerima, namun beberapa juga merasa tersinggung. Kata skena pun semakin panas di jagat dunia maya. Semua ini berkat komika Sastra Silalahi; dimana ia selalu bahas topik skena di tiap konten TikTok miliknya.

 

Secara definisi, kata skena itu sendiri mengacu pada sekumpulan orang yang punya minat akan subkultur tertentu. Genre musik jadi satu pemersatu publik untuk menciptakan skena itu sendiri. Tak hanya soal musik, bidang fesyen juga tak mau kalah.

 

Lalu, sekarang bagaimana bila Anda ingin mencoba tampil ala anak skena tanpa gagal? Selamat, karena Anda telah berada di artikel tepat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah:

 

Definisi Tentang Apa Itu Skena Outfit

Konsep saat ini soal ‘skena outfit’ mengacu pada gaya berpakaian yang secara erat terhubung dengan subkultur musik tertentu. Dalam konteks ini, istilah tersebut mengilustrasikan kelompok individu yang membagikan preferensi musik yang serupa, dan juga memutuskan untuk mengusung gaya berpakaian yang mencolok serta eksklusif.

 

Sebagai simbol dari jenis musik tertentu, pakaian skena juga mencerminkan inti dan ciri khas yang membedakan aliran musik tersebut. Pakaian yang tergolong dalam skena ini bukan hanya pakaian biasa, melainkan juga memiliki peran sebagai bahasa visual yang mengungkapkan jati diri kelompok dan mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh komunitas musik tersebut. 

 

Seperti Apa Itu Skena Outfit Bagi Anak Muda

 

Lewat perpaduan antara gaya berbusana yang mencolok dan perlengkapan yang khas, pakaian skena menjadi seolah manifesto visual yang mengekspresikan perasaan persatuan dan kebanggaan terhadap genre musik yang dianut. 

 

Individu-individu yang mengenakan gaya pakaian ini secara aktif ikut serta dalam menciptakan imej yang sejalan dengan semangat musik yang mereka gemari, membentuk ikatan erat di antara sesama penggemar di dalam komunitas skena.

 

Namun, yang mengundang perhatian adalah bahwa meskipun kesan penampilan mereka mencerminkan keberanian dan orisinalitas, seleksi pakaian yang diambil selalu berhasil digabungkan, menghasilkan kesan harmoni yang cocok dengan tren mode terkini.

 

Beberapa Fashion Item Untuk Apa Itu Skena Outfit

Sama halnya dengan sektor lain, outfit skena juga punya ciri khas sendiri. Ini adalah pilihan busananya:

 

  • Kaos Band

Kalau kita bahas tentang skena outfit, kaos band sebenarnya jadi elemen penting yang tak boleh terlewat. Kaos ini biasanya dihiasi dengan gambar atau logo band kesayangan atau desain grafis keren lainnya. 

 

Jadi, saat kita kenakan kaos band, selain pakai dengan bangga tentang musik yang kita suka, juga bisa bikin penampilan kita makin terkini. Kamu bisa pilih kaos band dari genre yang kamu suka, dan tak perlu ragu buat bereksperimen dengan warna serta desain yang asyik.

 

  • Tote Bag

Entah kenapa tote bag selalu dipakai oleh anak skena. Namun, jika dipikir lebih dalam lagi, tote bag dirasa practical untuk dipakai kemana saja, bahkan untuk menghadiri acara musik. Banyak individu memilih tote bag dengan desain khas atau gambar yang menggambarkan musik atau tren saat ini. 

 

Selain memberikan dimensi menarik pada penampilan, tote bag juga mampu memberikan sentuhan personal dan gaya unik pada outfit skena. Mengambil langkah eksplorasi dengan memilih tote bag yang sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi tentu merupakan langkah yang bijak dalam menyempurnakan tampilan gaya skena Anda.

 

  • Sepatu Docmart

Wajar jika sepatu docmart selalu dikaitkan dengan skena. Alasan paling mudah karena jenis sepatu satu ini sering dipakai oleh para musisi rock n roll terutama dari Britania Raya. 

 

Kesan kuat yang dimiliki oleh sepatu Dr. Martens mampu mencerminkan semangat dan gaya dari subkultur musik ini. Sepatu ini tidak hanya menjadi simbol gaya, tetapi juga mampu memberikan kenyamanan dan ketahanan, menjadikannya pilihan yang sangat relevan dalam rangkaian aksesori outfit skena Anda.

 

  • Bucket Hat

Bentuk topinya seperti ember terbalik. Hampir mirip dengan apa yang selalu digunakan para musisi rapper dunia dan tanah air. Namun, dibalik bentuknya yang unik, jenis topi bucket mulanya diciptakan bagi para nelayan di Irlandia.

 

Seiring pesatnya zaman pun utilitas bucket hat jadi makin luas. Bahkan bukan hanya outfit skena, topi jadi aksesoris penting saat dipakai keluar kota dan hang out bareng teman.

 

  • Jeans Baggy

Model celana jeans ini memiliki karakteristik potongan yang longgar dan luas, yang tidak hanya memberikan sentuhan kenyamanan, tetapi juga menggambarkan gaya santai yang sering dihubungkan dengan skena. Celana jeans baggy bisa menjadi dasar dari gaya pakaian skena yang menitikberatkan pada kenyamanan dan kesan yang tidak konvensional. 

 

Lewat fitur potongan longgar yang dimilikinya, celana ini mampu menciptakan siluet yang unik pada tubuh dan memberikan peluang bagi kreasi gaya yang kreatif sesuai dengan identitas dan semangat skena yang diinginkan.

 

Sekarang Anda sudah lebih tahu tentang apa itu skena outfit secara dalam. Saatnya perkaya koleksi pakaian dan mencari inspirasi baru untuk menciptakan tampilan yang mencerminkan semangat musik yang Anda cintai.

 

Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut opsi outfit skena yang menarik, jangan lewatkan kesempatan untuk custom produk di Tshirtbar. Anda bisa custom berbagai jenis bahan kaos, bucket hat, dan tote bag yang bisa disesuaikan dengan ciri khas style Anda atau menjadi tambahan untuk mix and match yang membuat outfit skena Anda jauh lebih berkarakter.

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222