Apa Itu Sablon DTG? Kenali Kelebihan Serta Perbedaannya

Desain kaos yang bagus bisa didapatkan kalau di sablon dengan teknik yang tepat. Pilihan metode penyablonan yang bisa digunakan juga sangat variatif. Dari sekian banyak metode, teknik sablon direct to garment (DTG) memiliki tingkat popularitas lebih tinggi dibandingkan cara lainnya seperti screen printing, sablon manual, sublimasi, dan transfer printing. 

Teknik DTG merupakan metode penyablonan yang relatif masih baru. Kemunculannya terjadi pada rentang tahun 1990-an, dan popularitasnya ketika menginjak tahun 2000-an. Keberadaan teknik ini pun menjadi alternatif yang lebih praktis dibandingkan dengan metode penyablonan manual. Oleh karena itu, mayoritas perusahaan sablon kini lebih memilih menggunakan DTG dibandingkan teknik lainnya untuk semua jenis kaos mereka termasuk kaos unisex

Apa Itu Sablon DTG

Masyarakat awam mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu sablon DTG. Sesuai dengan namanya, teknik DTG merupakan proses penyablonan yang dilakukan menggunakan mesin cetak khusus. Mesin tersebut kemudian akan melakukan pencetakan secara langsung ke dalam kain. 

Mesin khusus yang digunakan pada sablon DTG diciptakan dari hasil modifikasi printer inkjet. Selanjutnya, jenis tinta yang digunakan merupakan tinta berbasis air. Dengan menggunakan tinta tersebut, material garmen akan berfungsi layaknya kertas yang kemudian menyerap cairan tinta. 

Kelebihan Sablon DTG

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah banyak pilihan mesin printer DTG di pasaran. Anda dapat menjumpai mesin yang dibuat oleh perusahaan lokal ataupun impor dari luar negeri. Apapun pilihan printernya, teknik DTG yang digunakan memberi beberapa keuntungan yang bakal sulit didapatkan dari metode lain, yaitu: 

  1. Hasil sablon yang akurat

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan sablon DTG adalah hasil sablon lebih akurat. Pemakaiannya pun sangat tepat kalau Anda ingin menyablon foto. Di waktu bersamaan, mesin printer DTG memungkinkan penyablonan dalam seluruh spektrum warna yang menghasilkan desain dengan corak yang sempurna. 

Banner DTG

  1. Pengoperasian yang mudah

Kalau Anda belum mengenal apa itu sablon DTG, mungkin akan menganggapnya sebagai proses penyablonan yang kompleks. Padahal, sablon DTG merupakan teknik sablon praktis yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tahapan penyablonan dapat dilangsungkan tanpa memerlukan pengaturan yang kompleks dan memakan banyak waktu. 

  1. Biaya operasional murah

Benefit selanjutnya dari teknik sablon DTG adalah berkaitan dengan modal serta biaya operasionalnya. Bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk menggunakan teknik ini hanya terdiri dari printer inkjet DTG, tinta, serta kaos yang ingin di sablon. Ketiganya bisa didapatkan dengan modal tidak terlalu besar. 

Selanjutnya, rata-rata biaya yang diperlukan untuk menyablon kaos juga dengan metode DTG juga relatif sangat ringan. Hal yang perlu diperhatikan, biaya penyablonan warna terang jauh lebih kecil dibandingkan ketika mencetak warna gelap. 

  1. Proses penyablonan berlangsung singkat

Karena proses penyablonan dilakukan dengan menggunakan mesin, Anda bisa melihat secara langsung hasil sablon. Proses pencetakan desain sablon tak butuh waktu lama. Kondisi tersebut berbeda 180 derajat kalau dibandingkan dengan pemakaian metode sablon manual.

Baca juga: Inspirasi Model Sablon Glow in the Dark yang Tidak Mainstream

 

  1. Bisa dilakukan dalam jumlah minimal

Keuntungan yang terakhir adalah sablon DTG bisa dilakukan tanpa ada jumlah minimal. Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat awam yang ingin mencetak kaos unik dan anti mainstream dengan murah. 

Tshirtbar.id jadi pilihan terbaik yang bisa Anda pilih kalau ingin memperoleh kaos custom dengan desain bagus dan unik. Di sini, Anda bisa melakukan desain sesuka hati dan sesuai selera. Selain itu, tidak ada minimum order saat melakukan pemesanan, bisa memesan sesuai tingkat kebutuhan. 

Nah, itulah definisi tentang apa itu sablon DTG dan kelebihannya dibandingkan metode sablon lain. Semoga bermanfaat.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *