Last Update: October 25th, 2022 at 6:47 am

Mengenal Apa Itu Print UV dan Manfaatnya

Istilah print UV belakangan populer dalam dunia percetakan. Sebenarnya apa itu print UV? Bagaimana cara kerjanya? Dari namanya dapat ditebak bahwa gunanya adalah sebagai mesin cetak.

Biasanya banyak digunakan oleh perusahaan cetak besar. Produk yang dihasilkan beragam, mulai dari kartu hingga motif untuk tumbler. Agar lebih jelas, mari simak informasi seputar print UV berikut ini.

Apa Itu Print UV?

Pertama mari lihat apa yang dimaksud dengan UV. UV sendiri adalah singkatan dari Ultra Violet, yaitu sinar uv khusus yang memiliki panjang gelombang 100-400 nm. Jadi, print UV adalah alat mesin cetak yang memanfaatkan sinar ultraviolet.

Alat ini bekerja dengan cara mengeringkan tinta (cure ink), perekat (adhesive), dan melapisi (coating) pada media seperti kertas, akrilik, dan aluminium. Kelebihannya adalah mampu melekat pada hampir semua media.

Penemuan mesin cetak dengan ultraviolet banyak membantu dunia percetakan. Kemampuannya mampu mengungguli waterbase tradisional dan teknik percetakan lainnya. Dengan adanya alat ini membantu produksi percetakan bekerja cepat dalam jumlah banyak.

Kelebihan Print UV

Metode UV printing memberikan banyak kelebihan bagi para penggunanya. Maka tidak heran jika jasa cetak besar beralih menggunakan mesin ini dalam produksi mereka. Berikut ini kelebihan yang didapatkan saat menggunakan mesin printer uv atau ultraviolet.

1. Efektif dari segi biaya dan waktu produksi

Kelebihan pertama dari produk yang dicetak menggunakan mesin digital printing UV adalah lebih efektif dari segi biaya produksi. Hal ini disebabkan karena waktu pengerjaannya yang relatif cepat sehingga biaya yang dikeluarkan pun akan lebih efisien dan bagi Anda yang memiliki bisnis yang terdapat proses percetakan didalamnya, pemasaran produk terhadap pelanggan pun akan lebih mudah.

2. Warna yang dihasilkan tajam dan cerah

Selain biaya dan waktu produksi yang lebih efektif, kualitas warna produk yang dibuat dengan hasil cetak mesin printer UV memiliki warna yang lebih tajam dibandingkan jenis mesin printer lainnya. Perpaduan warna yang dihasilkan juga terkesan lebih cerah saat diaplikasikan pada produk.

3. Mampu merekat dengan baik pada berbagai media

Kemudian, tinta UV yang dicetak pada produk akan mampu merekat dengan baik pada berbagai jenis media seperti tumbler, ID card, kartu e-money, kartu nama, dan sebagainya. Maka dari itu, tinta uv printing ini memiliki daya tahan yang cukup awet dan juga tidak mudah pudar.

4. Tidak melepaskan bahan kimia berbahaya dan aman untuk lingkungan

Hasil media yang dicetak mengguanakn mesin print UV juga tidak akan melepaskan bahan kimia berbahaya. Artinya print UV ini sangat aman dan ramah lingkungan untuk digunakan sehari-hari.

5. Kualitas Cetakan yang Terkesan Premium

Printer UV dapat menghasilkan cetakan desain untuk produk yang sangat berkualitas tinggi sehingga memberikan kesan elegan dan juga premium. Hal itu didukung dari penggunaan material cetaknya yang tahan air, anti gores serta tidak berbekas meskipun saat dipegang oleh tangan yang lembab.

6. Dapat memproduksi dalam jumlah banyak

Lalu kelebihan yang terakhir, mesin printer UV dapat memproduksi desain dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menguntungkan Anda apabila hendak mencetak desain untuk ditempel di produk dalam jumlah yang besar, dimana seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama print UV dapat menghemat biaya produksi.

Kemampuan cetak yang luar biasa tersebut banyak memberikan manfaat dalam dunia percetakan. Dengan jenis print UV ini, kalian bisa mendapatkan jasa custom print yang terbaik. Saat ini, print UV pun sudah jadi salah satu primadona dalam urusan percetakan.

Baca Juga: Jenis Jenis Printing Baju yang Perlu Kamu Tahu

Apa Saja Manfaat Print UV?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, alat ini memiliki banyak kelebihan. Maka manfaat yang diberikan pun lebih luas. Dengan satu alat tersebut, hasil cetakan dapat diaplikasikan pada produk apapun. Berikut ini manfaat print UV dalam menghasilkan produk cetak.

1. Mencetak Pada Media Yang Luas

Kemampuan mesin cetak ultraviolet yang mampu menempel pada media apapun sudah sangat menarik. Namun ternyata mesin ini juga mampu memproduksi media dengan ukuran yang luas. Misalnya saja seperti banner.

Daya rekat pada media luas dan bahan apapun tidak merubah kualitasnya. Warna yang dihasilkan tetap tajam dan cerah. Contoh produk yang banyak menggunakan print UV diantaranya adalah banner, gelas, akrilik, kertas, dan aluminium.

2. Cetak Produk dalam Jumlah Banyak

Manfaat selanjutnya adalah mampu membuat produk cetak dalam jumlah banyak. Bahkan mesin ini dapat hidup dan mati dengan cepat. Tidak seperti mesin cetak lain yang membutuhkan waktu hingga mesin siap untuk bekerja dari sejak diaktifkan.

Sementara mesin ini bisa digunakan begitu dihidupkan. Tidak akan memberikan pengaruh pada hasil cetakan. Proses merekatkan cetakan pada media juga berlangsung cepat. Sehingga dalam satu kali produksi dapat menghasilkan banyak produk.

3. Membuat Warna Menjadi Cerah dan Tahan Lama

Tidak hanya mempermudah proses produksi. Print ultraviolet menjadi pilihan menarik bisnis percetakan karena warna yang dihasilkan jauh lebih cerah dan tahan lama. Jika dibandingkan dengan percetakan konvensional, maka print UV jauh mengunggulinya. Contohnya kalian bisa lihat lewat video berikut:

@tshirtbarid

Emoney/Flazz bisa cetak pake design sendiri? tentu bisa dong! harga mulai dari 45k aja! yuk order! ig: tshirtbarid #customemoney #printuv #fyp

♬ Sunny Day – Ted Fresco

4. Dapat Menghemat Biaya Operasional Percetakan

Print ultraviolet yang memanfaatkan sinar dari lampu LED tidak menguras banyak energi. Ini cukup berbeda dengan penggunaan lampu merkuri dengan biaya listrik yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penggunaan lampu LED akan membantu mengurangi biaya listrik produksi.

Tidak hanya hemat energi, material ultraviolet juga ramah lingkungan. Karena tidak seperti pengguaan material merkuri yang membutuhkan biaya tambahan untuk pengelolaan limbah. Disini ultraviolet tidak akan menghasilkan limbah, sehingga perusahaan percetakan tidak perlu mengeluarkan biaya pengelolaannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sablon Manual serta Printing Baju Digital

Perbedaan Print UV dan DTF

Sama-sama muncul sebagai alternatif metode cetak untuk beragam jenis media. Print UV adalah salah satu teknik digital printing yang akhir-akhir ini tengah naik daun dengan digunakannya sinar UV untuk mengeringkan hasil cetakannya. Sementara print DTF adalah teknologi sablon digital yang lebih dulu hadir dan populer dibandingkan print UV.

Apa Saja Contoh Produk Yang Dihasilkan Dari Print UV?

Ada banyak produk yang dapat digunakan sebagai media cetak dari print uv. Dengan bahan yang tidak terbatas, diantaranya akrilik, PVC, kayu, kaca, dan lainnya, produk yang dihasilkan pun beragam. Berikut ini produk custom print uv dan banyak dibutuhkan saat ini. Namun, terdapat tiga perbedaan utama dari kedua jenis metode print ini, diantaranya:

1. Spesifikasi Mesin Printer

Perbedaan pertama yaitu dari spesifikasi mesin printernya. Mesin printer UV memiliki fitur triple head yang masing-masing berfungsi untuk mengeluarkan tinta putih, tinta light cyan & light magenta, serta untuk vernish. Artinya, dalam sekali cetak mesin printer UV dapat langsung sekaligus melakukan finishing.

Sementara untuk mesin printer DTF, dilengkapi dengan fitur curing. Fitur curing ini adalah mesin pengayak otomatis yang berguna untuk mengayak dan juga mengeringkan bubuk lem sebelum desain dicetak diatas media produk.

2. Jenis Media Cetak

Kemudian jenis media yang bisa dicetak oleh mesin print UV adalah media berbahan metal dan non metal seperti tumbler, ID card, usb, case HP, dan e-money. Lebih tepatnya lagi, print UV hanya cocok digunakan untuk bisnis merchandising atau branding. Sedangkan untuk print DTF ditujukan untuk mencetak desain kaos atau kain lainnya menggunakan transfer paper.

1. Tumbler

Tumbler atau botol minum dapat ditambah dengan motif yang menarik. Dengan print uv, permukaan tumblr bisa dari bahan plastik atau kaca dapat ditambah dengan motif. Belakangan ini juga populer tumblr dengan desain kostum. Hasil cetaknya terlihat ekslusif dan mahal.

Tidak hanya tumblr, benda apapun yang terbuat dari kaca atau plastik dapat dibubuhi desain menarik. Mesin cetak ultraviolet mampu merekatkan tinta khusus pada lapisan plastik atau kaca. Hasilnya pun berkualitas dan tidak mudah luntur.

2. ID Card

Mesin cetak uv juga bisa membuat ID card dengan desain sendiri. Hasilnya lebih baik dari mesin cetak konvensional. Karena warna yang dihasilkan lebih tajam dan menarik. Selain itu harganya terjangkau dan dapat diproduksi dalam jumlah banyak.

3. Kartu E-money

Alat cetak uv juga dapat membuat kartu e-money tampil menarik dengan pilihan desain sendiri. Jika bosan dengan desain kartu yang monoton. Maka bisa gunakan jasa percetakan ultraviolet untuk menambahkan motif, tentunya ini tidak mengganggu fungsi kartu e-money.

4. USB Card

Memberi desain pada USB card juga bisa dilakukannya. Hasil desain dapat merekat dengan cepat dan tahan lama. Disini kalian bisa menambahkan logo perusahaan atau tulisan apapun pada badan USB card.

Baca Juga: Dapatkan Kaos dengan Efek Spesial Menggunakan Teknik Digital Apparel Printing

Semoga informasi di atas dapat menjawab pertanyaan kalian tentang apa itu print UV. Jika ingin mencetak suatu produk dengan hasil cerah dan tajam, maka jenis print UV bisa jadi pilihan tepat. Tshirtbar sebagai jasa cetak custom print menyediakan berbagai printing lainnya, termasuk print UV yang jadi andalan kami untuk urusan merchandise.

merchandise-cta

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *