Mengenal Apa Itu Sablon Polyflex, Proses, dan Kelebihannya

Ada beragam teknik sablon digital, salah satunya adalah sablon digital polyflex. Apa itu polyflex? Sablon polyflex adalah teknik sablon menggunakan bahan sejenis stiker atau vinyl yang ditekan menggunakan mesin heat press.

Di Indonesia, teknik sablon polyflex dapat dibilang masih tergolong baru dan belum cukup dikenal secara luas. Akan tetapi, kualitas sablon polyflex tidak kalah dengan hasil sablon digital lainnya. Bahan polyflex dikenal memiliki daya menempel pada kaos yang cukup bagus dan tidak mudah lepas. Apa lagi yang perlu Anda ketahui tentang polyflex? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Apa Itu Sablon Polyflex?

Sablon polyflex adalah salah satu teknik sablon yang menggunakan bahan sejenis vinyl atau stiker yang dipress dengan mesin press. Terdapat banyak jenis dari sablon polyflex dan juga warnanya yang bervariasi.

Selain itu, polyflex dikenal dengan sifatnya yang elastis sehingga lebih awet, tahan lama, dan memiliki daya rekat kuat walaupun ditarik. Meski demikian, apapun model sablon kaos yang dipakai tentunya perlu perawatan dengan baik supaya tetap awet. Saat ini, banyak pengusaha sablon dan kaos sablon yang mulai menggunakan jenis polyflex agar hasil sablon semakin baik.

Baca Juga: Tips Bikin Desain Baju Sendiri

Kelebihan Sablon Polyflex

kelebihan sablon polyflex

Sablon polyflex itu sendiri mempunyai proses pengerjaan yang relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan jenis sablon lain, sehingga banyak pengusaha konveksi baju yang memakai sablon ini karena dinilai lebih awet dan kuat. Adapun beberapa kelebihan lain dari teknik menyablon kaos dengan polyflex adalah sebagai berikut.

1. Praktis untuk Desain Satuan

Apa itu sablon polyflex? Bagaimana kualitasnya? Mungkin Anda bertanya-tanya hal tersebut. Pengerjaan sablon polyflex terbilang cukup praktis. Anda hanya perlu menyesuaikan desain Anda ke dalam komputer, lalu desain tersebut akan disesuaikan dengan bahan vinyl yang akan dicetak ke atas media yang akan Anda gunakan (entah itu kaos, totebag, atau merchandise lain).

Lalu, seperti cara kerja printer rumahan, vinyl itu akan tercetak di atas media yang anda inginkan. Tidak heran jika polyflex sering digunakan untuk mencetak bahan kaos atau totebag secara satuan karena proses pengerjaannya yang cukup mudah dan praktis.

2. Tidak Butuh Waktu Lama

Selain praktis, cetak sablon polyflex bisa dikatakan tidak memakan waktu yang lama. Proses sablon polyflex bisa selesai jauh lebih cepat dari berbagai jenis sablon digital lainnya karena proses pengerjaannya yang praktis tadi. Jika Anda sedang memiki keperluan untuk mencetak secara cepat, sablon polyflex bisa menjadi solusinya.

3. Hasil Memuaskan

Meski praktis dan tidak butuh waktu lama, hasil cetakan sablon polyflex tetap memuaskan. Hasil desain polyflex dengan desain yang ada di komputer bisa dibilang tidak akan jauh berbeda atau bisa disebut bahwa hasil cetakan polyflex memiliki tingkat presisi yang tinggi.

Selain kerapian cetakan, perlu diketahui sablon polyflex tidak terlalu memiliki pilihan warna yang cukup banyak, tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengombinasikan warna yang ada dalam proses printing atau percetakan. Jadi, hasil cetakannya bisa tetap sesuai yang diharapkan.

4. Sering Digunakan di Jersey Bola

Jika anda masih bertanya apa itu polyflex? Anda bisa membayangkan jersey bola dengan nama-nama pesepak bola ternama seperti Messi, Ronaldo, atau Neymar. Begitulah kurang lebih gambaran wujud sablon polyflex.

Teknik sablon ini sering kali digunakan untuk pakaian olahraga, tetapi sekarang sablon polyflex juga tidak terbatas digunakan di bidang olahraga. Banyak kaos, jaket, dan pakaian keseharian lainnya yang menggunakan sablon polyflex

5. Tidak Mudah Rusak

Bahan sablon polyflex (vinyl) memiliki tekstur yang elastis atau tidak mudah rusak jika ditarik. Hal ini membuat desain kaos melekat dan terbilang cukup awet atau tahan lama. Apalagi jika digunakan ke dalam media kaos. Meski sudah dicuci sekian kali, hasil sablon polyflex tidak akan mudah terkelupas. Begitu juga pada media lain seperti jaket, totebag, atau media lainnya.

6. Butuh Perawatan yang Sederhana

Meski Anda sudah mengetahui apa itu polyflex dan kelebihannya, Anda tetap harus menjaga kaos, totebag, atau merchandise yang menjadi media desain Anda. Terutama hindari kontak langsung dengan benda panas, jangan terlalu sering disetrika atau hindari kontak langsung dengan setrika atau benda panas lainnya karena dapat merusak bahan sablon polyflex.

Baca Juga: Cara Menggambar Desain Baju yang Bagus dan Menarik Perhatian Konsumen

Proses Pengerjaan Sablon Polyflex pada Kaos

proses pengerjaan sablon polyflex pada kaos

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, proses pengerjaan sablon polyflex dapat dibilang cukup mudah dan simple. Untuk semakin jelasnya, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Desain Sablon

Pertama-tama Anda bisa membuat desain sablon kaos yang diinginkan. Anda juga dapat membuat desain gambar, tulisan, atau bahkan keduanya. Beberapa software desain yang bisa digunakan adalah seperti CorelDraw, Photohsop, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya.

2. Mencetak Desain Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Setelah Anda membuat desain, kemudian cetaklah hasil desain tersebut menggunakan mesin cutting sticker. Perlu diingat untuk mengatur mode polyflex pada mesin cutting serta jangan lupa juga untuk desain di mirror terlebih dahulu.

3. Membersihkan (Peeling) Polyflex

Apabila proses cutting sudah selesai, desain yang ada di polyflex tak langsung berbentuk seperti desain yang telah dibuat pada langkah pertama. Maka dari itu, lembar polyflex harus Anda bersihkan terlebih dahulu hingga hanya hasil desain saja yang tersisa.

4. Menempelkan Polyflex pada Kaos

Langkah selanjutnya yaitu mem-press atau menempelkan lembar polyflex yang telah dibersihkan tadi pada kaos memakai mesin heat press. Anda juga bisa memakai mesin press model lainnya jika tidak memiliki heat press.

5. Tahap Finishing

Jika seluruh proses diatas selesai dilakukan, diamkan hasil sablon tadi hingga suhunya menurun agar lembaran polyflex bisa merekat dengan kuat pada kaos. Setelah itu Anda bisa melepaskan masking dari polyflex tersebut.

Baca Juga: Jenis-jenis Sablon Polyflex yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti apa itu polyflex? Jika tertarik untuk mencoba sablon digital polyflex Anda bisa menghubungi TshirtBar, yang menyediakan jasa digital printing dan bisa mengerjakan sablon digital untuk kaos, totebag, serta berbagai merchandise lainnya.

Referensi:

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *