Last Update: September 21st, 2022 at 3:20 pm

Mengenal Apa Itu Outfit dan Bagaimana Cara Menentukannya?

Apa itu outfit? Mungkin kata ini sudah tidak asing di telinga terutama bagi kalian yang selalu berjejaring di sosial media. Istilah ini sudah menjadi kebiasaan banyak kalangan sebagai penunjang kegiatan sehari-hari. Semua orang terutama di sosial media kerap kali memperlihatkan OOTD atau outfit of the day di setiap postingannya. Secara sederhana definisi outfit itu memiliki arti pakaian.

Penjelasan lebih detil tentang apa itu outfit memang selalu jadi kesenangan sendiri, apalagi bagi para anak remaja. Bisa dibilang juga kalau outfit adalah perpaduan antar fashion item secara menyeluruh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Misalkan bagaimana kita memadukan jaket warna kuning dengan warna celana yang pas. Outfit juga diyakini sebagai wujud eksistensi bagaimana penggunaan busana tertentu juga dapat lebih memancarkan wujud kepribadian dari pemakainya.

Manfaat Outfit

Tentunya semua hal yang ada di dunia ini pasti ada manfaatnya, begitu pun dengan outfit. Bukan hanya berfungsi untuk menunjang gaya hidup masa kini, ternyata ada beberapa manfaat lainnya juga!

1. Outfit menyalurkan karakter pribadi

Beautiful, Bright, Beauty, Fashion, Girl

Rasanya penggunaan outfit juga tidak lepas dari bagaimana kita menyukai gaya tertentu. Misalkan bila kalian merupakan pribadi yang ceria, sudah pasti kalian lebih menyukai pemakaian outfit dengan warna cerah. Bukan cuma hanya itu, lewat outfit yang dikenakan juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri sehingga dapat menarik perhatian dari orang lain.

Lebih jauh lagi bahwa pengenaan outfit juga menandakan status sosial pemakaianya. Alasannya sudah jelas, karena outfit juga memang melekat dengan citra dan gaya hidup seseorang.

2. Memberikan rasa kesenangan tersendiri

People, Women, Talking, Laugh, Happy

Rasa puas paling utama memang berawal dari diri sendiri. Tak terkecuali dengan outfit yang kita kenakan sehari-hari. Semakin kita percaya diri, maka semakin terlihat juga rasa bahagia. Kebahagiaan paling mudah di lihat bisa dilihat dari bagaimana rasanya menghadirkan outfit ke luar, menyesuaikan dengan kenyamanan kalian, dan menentukan produk apa saja yang ingin dipakai tanpa adanya ikut campur dari siapapun.

Penggunaaan outfit juga dapat memancarkan aura dalam diri. Kepercayaan diri juga berpengaruh terhadap seberapa menariknya kalian. Dengan outfit menarik juga lah kalian lebih pede untuk bertemu dan berbicara dengan banyak orang.

Bagaimana Cara Menentukan Outfit?

Kendati demikian, soal outfit juga perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk tetap terlihat menawan namun mengutamakan juga dari sisi kenyamanan. Lalu, apa saja poin-poin yang perlu kalian diterapkan? berikut penjelasannya.

1. Utamakan bahan yang digunakan

Poin ini jadi esensial paling penting sebelum kalian memutuskan untuk memilih maupun membeli baju untuk kebutuhan outfit sehari-hari. Ketahuilah bahan pada produk tersebut dan sesuaikan juga dengan ukurannya. Kami merekomendasikan kalian untuk memilih baju seperti kaos polos dengan bahan cotton combed, karena bahan tersebut diyakini cocok dipakai untuk segala cuaca. Cotton combed memiliki daya serap keringat yang tinggi namun juga tidak terasa gerah di badan. 

Bahan yang tidak baik juga berpengaruh banyak terhadap kenyamanan penggunanya. Jadi, pastikan kalian untuk selalu memperhatikan bahan pada pakaian. Poin penting lainnya juga kalian bisa menyesuaikan dengan kegiatan saat memutuskan untuk memilih outfit.

 Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Kulit Sendiri yang Benar

2. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Salah satu faktor utama dalam kenyamanan saat berpakaian juga tentunya adalah ukuran yang pas. Selain lebih enak dipandang, baju dengan ukuran yang sesuai juga membuat kalian bisa bergerak dengan bebas dan tidak menimbulkan keringat.

Jika kalian memiliki badan yang cenderung ramping, usahakan untuk mengenakan outfit yang size-nya pas sehingga terlihat lebih jenjang. Lain halnya bila kalian memiliki postur badan yang berisi, kalian bisa menggunakan baju dengan selisih satu size dari biasanya supaya lebih longgar dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Sebagai tambahan, bila kalian menggunakan kaos oversize, usahakan untuk memilih selisih satu ukuran di bawah size biasanya. Kaos dengan jenis tersebut sangat cocok bila kalian tidak mau terlalu memperlihatkan lekuk tubuh karena cutting-annya di desain khusus untuk terlihat sedikit lebih lebar.

3. Gaya yang menyesuaikan kepribadian

Hal yang tak kalah penting ketika Anda sedang menentukan outfit adalah menyesuaikannya dengan kepribadian diri masing-masing. Terdapat banyak sekali pilihan style outfit saat ini yang bisa Anda coba sesuai dengan kepribadian atau karakter diri sendiri.

Misalnya Anda berkepribadian ceria dan aktif, Anda bisa menggunakan outfit dengan warna-warna cerah ditambah motif unik. Lalu, Anda cenderung pendiam dan introvert, mungkin outfit bertema monokrom sangat pas jika digunakan. Ketika kita menyesuaikan style outfit dengan kepribadian, tentunya kita akan semakin percaya diri dan leluasa dalam memilih pakaian yang cocok.

4. Mengkombinasikan warna kesukaan

Sejalan dengan outfit yang menyesuaikan kepribadian, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai warna favorit atau warna yang menjadi mayoritas terdapat pada outfit Anda. Dengan mengkombinasikan warna-warna favorit, tentunya outfit yang Anda kenakan akan semakin menarik. Tips ini juga diperlukan apabila ingin menunjukkan gaya khas Anda, dikarenakan warna memiliki peran yang besar dalam hal pemilihan outfit yang cocok. Sebagai contoh, bila karakter Anda sebagai pecinta alam atau lingkungan, mungkin warna-warna dasar seperti hijau tua, biru navy, atau hijau muda dapat menjadi pilihan.

5. Mencari sumber inspirasi

Jika Anda mengalami kebingungan ketika memilih outfit yang tepat untuk penampilan Anda, tips berikutnya yang mesti dilakukan adalah mencari sumber inspirasi. Ada berbagai macam media yang menjelaskan dan memberikan inspirasi-inspirasi outfit kekinian seperti dari katalog majalah, website fashion, media sosial, dan masih banyak lagi. Melihat inspirasi outfit dari media-media tersebut juga membantu Anda untuk lebih teredukasi seputar dunia fashion dan tips-tips lain mengenai fashion.

6. Memilih pakaian yang mudah dikombinasikan

Bagi Anda yang masih awam atau pemula dalam hal styling pakaian, memilih jenis-jenis pakaian yang mudah dikombinasikan adalah tips terbaik yang harus dicoba. Misalnya Anda seorang karayawan perkantoran start-up yang dimana gaya penampilannya diharuskan smart casual. Misalnya bagi seorang pria, Anda bisa mengkombinasikan kemeja lengan panjang dengan bahan cotton pique atau rayon dengan misal bermotif flanel yang dipadu dengan kaos pendek polos didalamnya. Kemudian, untuk celana Anda bisa memakai celana jeans atau celana kain slim fit yang semakin memberikan kesan kasual.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Bahan Spandek dan Cara Merawatnya

Bukan cuma itu saja, pemilihan produk outfit juga harus sesuai selera, supaya tetap percaya diri. Kalian bisa cek di website Tshirtbar untuk menentukan ragam produk outfit yang berbeda. Bisa beli secara langsung maupun via marketplace Tokopedia dan Shopee. Semuanya juga bisa kalian custom sesuka hati tanpa minimum pembelian. Jangan ragu untuk beli keperluan mu di Tshirtbar!

apa itu outfit

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.