Last Update: October 31st, 2022 at 9:08 am

Apa Itu Lanyard? Ini Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Setiap perusahaan pasti punya kebijakan masing-masing. Entah jam masuk yang sudah di atur, atau mungkin atribut seragam yang harus dikenakan saat bekerja. Tujuan atribut itu sendiri adalah untuk buat kompak para pegawainya. Salah satu atribut yang sering digunakan adalah lanyard.

Benda ini sepertinya sudah tidak asing bagi para pekerja kantoran. Tidak menutup kemungkinan juga kerap digunakan dalam beberapa kegiatan tertentu. Lalu, memangnya seberapa penting lanyard? Lewat artikel ini kami akan menjelaskan secara detail mengenai seluk-beluk dari lanyard itu sendiri.

Apa Itu Lanyard?

Lanyard sendiri terinspirasi dari kata Perancis “laniere” yang punya arti tali. Bentuknya saja mirip seperti kalung. Namun, tentunya punya perbedaan yang mencolok. Hal yang membedakan ialah ukuran talinya yang lebih lebar. Di samping itu juga bisa menggantung kartu identitas. Namun seiring waktu berjalan, kini lanyard bisa juga untuk menggantung barang lainnya. Seperti flashdisk, pods, pulpen, bahkan telepon selular.

Sejarahnya lanyard pertama kali ditemukan pada tahun 1500-an. Mulanya barang ini digunakan oleh tentara dan bajak laut Perancis sebagai sarana untuk menjaga senjata. Fungsinya agar senjata tetap berada dekat di genggaman. 

Baca Juga: Fungsi Lanyard Custom yang Wajib Perusahaan Miliki

Apa Saja Fungsi Kegunaan dari Lanyard?

Tali gantungan atau lanyard punya banyak fungsi. Tidak cuma digunakan untuk anak kantor, sekarang siapa saja bisa menggunakan barang satu ini. Kira-kira apa saja ya dampak positif dari lanyard itu sendiri? Untuk itu, langsung saja di simak penjelasannya.

1. Sebagai Sarana Promosi Bisnis

Salah satu objektif dalam pemasaran adalah meningkatkan kesadaran merek atau awareness. Banyak metode yang bisa diterapkan dalam ilmu marketing. Hal yang kerap digunakan adalah memasang iklan. Entah di media sosial, TV atau baliho. Namun, kalau hanya mengandalkan iklan akan mematok tarif yang tidak sedikit nominalnya.

Nah, lanyard bisa menjadi solusi tepat. Selain harganya murah, penyebarannya pun juga bisa meluas. Mungkin sebagian besar dari kamu sering melihat identitas bisnis di lanyard. Maka dari itu, lanyard sangat memungkinkan untuk dijadikan sarana promosi berjalan. Hal ini juga berlaku untuk acara tertentu loh.

2. Sebagai Wadah untuk Kartu E-money

Saat ini kebutuhan akan mobilitas sudah sangat tinggi. Ditambah dengan situasi belakangan ini sudah mulai renggang. Kalau kamu harus pergi kemana-mana, sudah pasti butuh dengan kartu e-money.

Salah satu fungsi kartu e-money adalah untuk melakukan transaksi secara non-tunai. Seperti misalnya untuk moda transportasi. Kalau harus buka tutup dompet sama saja dengan menyita waktu. Dalam kondisi tersebut, lanyard tentu dibutuhkan untuk menaruh e-money. Bukan cuma untuk ID Card saja.

3. Sebagai Atribut Seragam

Bukan cuma baju, lanyard pun sering kali dijadikan atribut wajib bagi karyawan di berbagai perusahaan. Fungsinya untuk menyelaraskan karyawan supaya tampil kompak. Di situ juga terdapat kartu identitas yang digantung. Selain untuk karyawan, bisa juga untuk kegiatan acara lain. Agar orang lain bisa membedakan antara panitia dan pengunjung.

Selain ID Card, lanyard juga bisa digunakan untuk gantungan pulpen. Tujuannya, supaya bisa memudahkan karyawan untuk menulis. Misalnya perlu menandatangani dokumen yang sifatnya krusial.

4. Sebagai Merchandise 

Barang satu ini bisa jadi salah satu bentuk kenangan. Baik untuk kegiatan atau seminar resmi, lanyard juga bisa jadi salah satu bentuk merchandise. Lanyard dapat disimpan juga sebagai kenangan di masa depan. Bahkan bisa jadi kado istimewa untuk pasangan biar terlihat unik dan berkesan.

5. Sebagai Aksesori untuk Outfit

Fashion sudah jadi kebutuhan utama bagi semua orang. Demi menunjang aktivitas maka baju yang nyaman akan selalu dibutuhkan. Lain dari itu juga agar terlihat menarik perhatian banyak orang. Kamu bisa pakai lanyard sebagai pengganti kalung. Kalau kamu pergi pun jadi tidak repot untuk membawa identitas atau kartu ATM.

Bukan cuma untuk kartu, pods juga bisa kamu gantung. Jadi, kamu bisa mengirit kapasitas yang ada di kantong.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Apa Saja Jenis-jenis dari Lanyard?

Lanyard yang mulanya hanya menggunakan secuil tali, sekarang sudah banyak jenisnya. Apalagi inovasi produk memang dibutuhkan agar semakin bikin nyaman pengguna. Nah, berikut jenis-jenis lanyard berdasarkan karakter bahan dan tampilannya.

1. Lanyard Tissue

Eits, jangan terkecoh dengan namanya. Penggunaan nama tissue tidaklah sama seperti tissue yang sering kita gunakan sehari-hari. Maksudnya jenis kain yang dipilih memiliki tekstur yang serupa dengan tissue. Jenis lanyard tissue memiliki kain yang padat, halus dan permukaannya juga rata. Bahan tersebut lebih awet daripada kain polyester. Maka dari itu, wajar saja bila harganya juga lebih mahal.

2. Lanyard Nylon

Nilon merupakan bahan yang memiliki tampilan yang sedikit mengkilap. Di samping itu juga punya permukaan yang agak sedikit kasar. Meski begitu bahan ini sangat kuat. Keunggulan lainnya juga bahan nilon tidak mudah putus. 

3. Lanyard Full Print

Tali lanyard full print sangat cocok bila kamu mau lanyard-nya akan dipoles dengan desain yang beraneka warna. Hasil cetaknya menggunakan jenis printing sublim. Metode sublim sendiri sudah terkenal karena hasil warnanya tajam dan awet. 

4. Lanyard Sablon

Kalau kamu mau menggunakan lanyard yang minimalis, lanyard sablon sangat cocok untuk dipilih. Jenis printing yang digunakan adalah Direct Transfer Film (DTF). Metode printing DTF tidak membutuhkan outline dan harganya juga lebih ekonomis.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Apa Saja Kelebihan dari Lanyard?

Setelah kami jabarkan apa saja kegunaan dari lanyard itu sendiri, di sini kamu bisa tahu bagaimana lanyard bisa jadi produk yang harus kamu punya.

1. Praktis

 Lanyard bisa digunakan tanpa perlu mengambil space dari tas. Terlebih kalau kamu harus banyak melakukan aktivitas secara mobile.

2. Tidak Merusak Baju

Penggunaan lanyard tidak berpengaruh terhadap baju. Tidak seperti bros yang mungkin bisa berdampak terhadap keawetan baju.

3. Bisa di Custom

Tali lanyard bisa di cetak full print ataupun sablon. Semua balik lagi pada kebutuhan. 

Sekarang kamu sudah tahu dengan jelas apa itu lanyard. Bahwasannya lanyard sudah jadi kebutuhan untuk mempermudah aktivitas. Pastikan kamu bisa memilih jasa cetak lanyard yang terpercaya. Dapatkan berbagai jenis produk lanyard di Tshirtbar. Ada banyak jenis-jenis lanyard yang bisa kamu pilih.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *