Cari Tahu Apa Itu Kain Cotton Pique Serta Contoh Produknya!

Kain cotton pique cukup umum digunakan dalam dunia fashion, tetapi mungkin belum begitu dikenal oleh banyak orang. Meskipun begitu, kain cotton pique memiliki karakteristik yang unik dan serbaguna, yang membuatnya populer dalam berbagai aplikasi. 

 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia cotton pique, menggali lebih dalam tentang sifatnya dan membuat Anda lebih lebih mengenal karakteristik dari kain cotton pique yang unik ini.

 

Pengertian Kain Cotton Pique

Cotton pique adalah jenis kain yang dibuat 100% dari serat katun. Bahan ini punya ciri khasnya dari pola jahitan yang dikenal sebagai “pique.” 

 

Pola ini terdiri dari garis diagonal yang terbentuk melalui jahitan khusus yang disebut “pique stitch.” Cotton pique punya tekstur berpori yang terlihat hanya pada permukaan luar, tapi bagian dalamnya tidak ada pori-pori serupa.

 

Kelebihan Dari Kain Cotton Pique 

Sebagai bahan pakaian yang bisa dibilang unik, ada beberapa kelebihan yang jadi kelebihan dari kain itu sendiri. Diantaranya:

  • Kualitas Kain yang Baik

 

Jenis kain ini berkualitas tinggi dan cocok digunakan untuk berbagai jenis pembuatan pakaian dan aksesoris. Namun, kain ini juga dapat kurang nyaman bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, penting untuk memilih kain yang sesuai dengan preferensi pribadi.

  • Punya Sifat Kain “Breathable

Memang benar bahwa cotton pique punya sirkulasi udara yang baik, sehingga penggunaannya tidak akan membuat Anda merasa terlalu panas. 

 

Kelebihan utama dari jenis kain ini juga mencakup kemampuannya untuk menghilangkan jejak keringat pada kain, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penampilan yang tidak nyaman ketika menggunakan pakaian dari cotton pique saat beraktivitas.

  • Terbuat Dari Serat Alami

Alasan lainnya adalah kain ini terbuat dari bahan katun, yang merupakan serat alami sehingga sangat nyaman digunakan dan cocok untuk berbagai jenis cuaca. Katun juga sangat lembut dan tidak mudah menyusut setelah dicuci.

  • Terlihat Elegan

Cotton pique punya tekstur khas yang memancarkan kesan elegan. Tekstur ini terbentuk dari pola jahitan yang unik dan halus. Pola jahitan ini memberikan tampilan yang berkelas dan menarik, sehingga kain cotton pique cocok digunakan dalam pakaian kasual maupun formal.

  • Kain Nyaman Digunakan

Semua ini berkat tekstur berpori yang memungkinkan udara mengalir dengan lancar. Hal ini membuat kain ini terasa nyaman dan sejuk saat digunakan, bahkan di cuaca yang panas. Selain itu, cotton pique juga dapat menyerap keringat dengan cepat, sehingga Anda tidak akan merasa lengket atau tidak nyaman ketika berkeringat.

 

Contoh Produk Dari Kain Cotton Pique

 

Bahan cotton pique kerap dimanfaatkan untuk berbagai jenis produk fashion dan aksesoris. Berikut adalah contoh produk yang terbuat dari cotton pique:

  • Produk Topi

Ada berbagai desain dan model yang dapat dihasilkan dari cotton pique, termasuk topi baseball, topi trucker, dan topi snapback. Semua tiga jenis ini dapat digunakan dalam kegiatan luar ruangan, bahkan di lingkungan dataran tinggi. 

 

Selain itu, berbagai fitur tambahan seperti tali, visor, atau logo dapat ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan topi dan mendukung berbagai aktivitas.

  • Produk Polo Shirt

Polo shirt adalah salah satu jenis pakaian yang sangat diminati, dengan desain elegan dan kenyamanan yang menjadikannya pilihan yang cocok untuk berbagai kegiatan, termasuk aktivitas olahraga atau waktu santai. 

 

Polo shirt yang dibuat oleh cotton pique memiliki tekstur yang kaku dan kasar, yang sangat sesuai untuk berbagai jenis pakaian, termasuk polo shirt itu sendiri. 

 

Tingkat kenyamanan yang tinggi dari kain cotton pique membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis cuaca, dan daya tahan yang luar biasa memungkinkan pemakaian jangka panjang tanpa khawatir akan rusak. 

  • Produk Seragam Kantor

Seragam kantor yang terbuat dari cotton pique adalah pilihan yang tepat untuk menciptakan tampilan profesional dan nyaman di lingkungan kerja. Kain ini memiliki sirkulasi udara yang baik dan daya serap keringat yang tinggi, sehingga para karyawan akan tetap merasa segar dan nyaman sepanjang hari. Selain kenyamanannya, menggunakan seragam kantor yang terbuat dari cotton pique juga memberikan kesan rapi dan stylish untuk karyawan yang menggunakannya.

 

Bukan cuma polo shirt, seragam kantor seperti kemeja juga bisa dibuat dengan bahan satu ini.

  • Produk Outerwear

Pakaian luar seperti cardigan atau jaket adalah item yang harus ada dalam koleksi pakaian, karena mereka memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari cuaca buruk seperti hujan atau angin. 

 

Jenis pakaian luar ini juga memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan elemen estetika dengan memasukkan logo bordir yang terbuat dari bahan cotton pique. Anda juga bisa menyesuaikan pakaian luar dengan tambahan seperti kantong, tali, atau hoodie sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Produk Kaos Kaki

Kaos kaki cotton pique adalah pilihan yang nyaman, serbaguna, dan modis untuk melengkapi pakaian Anda. Kaos kaki ini terbuat dari bahan katun yang lembut dan menyerap keringat, agar memberikan kenyamanan ekstra pada kaki Anda sepanjang hari.

 

Sekarang Anda sudah bisa lebih tahu tentang kain cotton pique serta penggunaannya dalam dunia fashion. Semoga artikel ini bisa jadi inspirasi Anda untuk coba buat berbagai produk dari bahan cotton pique yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda. Untuk info soal custom produk fashion dan merchandise, Anda bisa langsung percayakan saja pada Tshirtbar sekarang juga!

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222