Last Update: January 26th, 2021 at 10:52 am

Apa itu Hoodie? Dan Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie

Apa itu hoodie? Kebanyakan masyarakat umum masih menyangka bahwa hoodie adalah bagian dari jaket ataupun sweater. Padahal, ketiga outerwear tersebut berbeda jauh. Ya, meski desainnya memang mirip yang menyebabkan banyak orang salah paham, ada ciri khas dari hoodie, jaket, dan sweater yang membedakannya antara satu sama lain. Agar tidak lagi salah sebut hingga menjadikan Anda salah beli outerwear, maka simak dulu penjelasan mengenai perbedaan jaket, sweater dan hoodie. 

 

Apa itu hoodie?

Kata hoodie berasal dari Bahasa Inggris “hood” yang artinya adalah tudung atau penutup kepala. Dari sini, Anda sudah mendapatkan jawaban apa itu hoodie dan cirinya yang pertama, yaitu memiliki penutup kepala. Untuk masalah bentuk, hoodie adalah pakaian berlengan panjang dengan memiliki desain kantong atau saku pada bagian depannya. Di bagian penutup kepala hoodie juga ada tali untuk menyesuaikan penutup kepala saat Anda mengenakannya. 

 

Pada bagian depan hoodie, Anda akan menemukan resleting atau zipper yang dipakai untuk membuka dan menutup bagian depan. Hoodie dengan resleting ini biasa disebut dengan ziphood atau zipper hoodie. Sedangkan, ada pula versi hoodie yang tanpa resleting. Hoodie tanpa resleting inilah yang biasa dijual. Jadi, jangan salah, ya. Hoodie bukan hanya pakaian lengan panjang dengan penutup kepala dan tanpa resleting karena ada juga versi ziphood dengan resleting di bagian depannya. 

 

Apa itu jaket?

Setelah memahami penjelasan mengenai apa itu hoodie, sekarang saatnya Anda mengetahui pengertian jaket dan perbedaannya dengan hoodie. Jaket termasuk dalam outerwear atau pakaian luaran yang memiliki panjang sampai dengan pinggang atau pinggul. Bahan yang dipakai untuk jaket biasanya adalah denim, kulit, kanvas, dan parasut. Jaket ini terbuat dari bahan tebal supaya bisa menahan angin dan cuaca dingin musim hujan. Bahkan, tak jarang di bagian dalam jaket ada bahan lain yang mampu menghangatkan badan.

 

Di bagian depan jaket, Anda akan menemukan resleting maupun kancing yang bisa dibuka dan ditutup. Lalu, ada juga beberapa jaket yang disertai dengan penutup kepala atau tudung, contohnya saja parka. Jaket parka ini beberapa tahun ke belakang sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang. Bahannya biasa pakai polyester, wool, dan nylon

 

Apa itu sweater?

Sweater adalah kata Bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah penghangat. Sesuai namanya, fungsi sweater adalah sebagai penghangat tubuh, terutama saat musim hujan. Demi mendukung fungsinya tersebut, biasanya sweater dibuat dari kain wool, katun, fleece, dan baby terry yang lebih tebal. Sweater bisa Anda pakai sebagai outerwear, di atas kemeja, kaus, blues, dan pakaian lain. 

 

Sweater adalah pakaian rajut yang dipakai untuk menutupi tubuh hingga lengan. Makanya, tidak mengherankan apabila pakaian ini hadir dengan lengan panjang. Untuk jenisnya, sweater tidak hanya satu saja, lho. Namun, ada beberapa macam yaitu cardigan dengan ciri bagian depan terbuka dan pullover yang bagian depannya tertutup tanpa resleting maupun kancing. 

 

Perbedaan jaket, sweater, dan hoodie

Sampai di sini Anda telah mendapatkan penjelasan mengenai apa itu hoodie, jaket, dan sweater. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau sebenarnya Anda masih bingung membedakan ketiganya. Biasanya, kebingungan berasal dari jaket dan hoodie. Kemiripan di antara keduanya yang hampir sama persis membuat Anda kesulitan menentukan mana hoodie dan mana jaket. 

 

Cara pertama untuk membedakan keduanya adalah dari bahan. Kalau bahannya tipis dan hanya satu lapis, maka itu adalah hoodie. Tetapi bila outerwear tersebut memiliki lebih dari satu lapis, dengan bahan-bahan yang bisa untuk menghangatkan badan, maka itu termasuk jaket. Kedua, dari ukuran panjang. Hoodie biasanya hanya sampai sebatas pinggang atau panggul, sementara panjang cukup beragam, mulai dari cropped menyentuh perut hingga paha. 

 

Pertanyaan apa itu hoodie kini sudah terjawab. Ciri utama outerwear ini adalah adanya penutup kepala (pasti) dan bagian depan yang menyatu, kecuali untuk model ziphood. Lalu, ciri khas lain dari hoodie adalah adanya kantung di bagian depan yang sudah pasti ada untuk model biasa maupun ziphood. 

 

Kebanyakan hoodie juga terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan nyaman, namun tidak setebal jaket.  Tertarik membuat hoodie Anda sendiri dengan bahan dan desain menyesuaikan selera? Bisa hubungi dan order langsung di Tshirtbar. Kami melayani pemesanan hoodie satuan tanpa minimal order, tentunya dengan bahan berkualitas dan harga bersaing!

Bosan dengan gaya hoodie yang gitu gitu aja?

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *