E-Money: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu uang elektronik (uang digital atau e-money) dan kegunaannya di Indonesia? Sejak beberapa tahun belakang, penggunaan uang elektronik atau e-money sudah sering dipakai untuk berbagai macam kebutuhan. Lewat barang tersebut, kita tidak perlu pakai uang tunai saat melakukan transaksi. Kemajuan dalam bidang finansial jadi bukti nyata bahwa sistem bayar tidak harus dilakukan dengan cara tradisional. E-money merupakan salah satu inovasi mutakhir yang lebih praktis dan mudah digunakan. 

E-money cukup mengandalkan satu kartu saja. Baik untuk kebutuhan transportasi, belanja, bahkan sebagai metode pembayaran di pom bensin pun bisa. Yuk mari kita bahas lebih dalam tentang produk satu ini.

Apa Itu E-Money?

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia (BI), e-money merupakan alat pembayaran yang dimana para penggunanya perlu menyetor uangnya terlebih dahulu kepada penerbit. Nantinya, uang tersebut akan disimpan dalam bentuk kartu yang terdapat chip dan bukan termasuk ke dalam layanan simpan pinjam.

Jadi, sederhananya e-money adalah pengganti uang tunai yang berwujud uang elektronik. Berbeda dengan kartu perbankan seperti debit atau kredit. E-money tidak perlu melakukan registrasi dan bisa dibeli oleh siapa saja.

Baca Juga: Bayar Tol dan Belanja dengan 5 Jenis Kartu E money Ini

Apa Saja Jenis-jenis E-Money di Indonesia?

Di masa serba digital, sudah sepatutnya kita bangga dengan berkembangnya teknologi. Terutama pada ranah finansial yang lebih memudahkan kita. Terlebih lagi untuk urusan transaksi. 

Khususnya pada uang elektronik, ada beberapa jenis e-money yang beredar secara resmi di Indonesia. Di antaranya:

  • E-money berbasis chip: dimana kita menyimpan saldo pada sebuah chip. Adapun chip-nya terdapat pada sebuah kartu. Kalian mungkin sering melihat e-money dari BRI, BCA, Mandiri, dsb.
  • E-money berbasis virtual: jenis uang elektronik satu ini mengandalkan aplikasi dari provider untuk menyimpan dana. Kalian juga diharuskan untuk menggunakan akses internet agar bisa bertransaksi. Contohnya adalah e-wallet (dompet virtual) seperti GoPay dan LinkAja.

Apa Saja Kelebihan dari E-Money?

Dengan segala kemudahannya yang ditawarkan, banyak juga manfaat positif lainnya ketika kita mengandalkan e-money:

1. Lebih Praktis dan Cepat

Kalian tidak diharuskan untuk menyimpan uang di dompet. Dengan e-money, kalian cukup menyimpan dana banyak dalam satu ruang. Lain dari itu e-money juga tidak perlu menggunakan PIN. Maka dari itu, e-money bisa dibilang produk yang sangat ringkas. Transaksi pun berjalan dengan lebih cepat juga. Tidak mau kan harus menunggu kembalian dalam waktu lambat?

2. Menghindari Kesalahan Saat Pembayaran

Karena e-money mengandalkan teknologi digital, maka semua transaksi bisa tercatat dengan akurat. Keunggulan produk pada e-money pun kalian dapat melihat sisa saldo dari hasil transaksi terakhir.

3. Tidak Ada Minimal Order

Hal ini jadi poin yang paling menguntungkan buat para penggunanya. Misalnya, di Jakarta sendiri tarif KRL hanya Rp3.500 saja. Nominal tersebut tidak bisa dibayar melalui kartu debit. Sebab, di tiap bank ada berbagai aturan minimal pembayaran. Jadi, tidak sefleksibel e-money.

4. Bisa di Custom

E-money berbentuk fisik seperti kartu bisa kalian ganti gambarnya. Baik pada bagian depan dan belakang, keduanya bisa dipersonifikasi sesuai keinginan. Pastikan untuk memilih jasa custom e-money dengan teknologi print UV supaya hasil cetaknya tajam dan awet.

@tshirtbarid

Jaman sekarang lagi hits banget uang elektronik fisik berbentuk kartu yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran. Yuk langsung custom kartu uang elektronik kamu sendiri di Tshirtbar! #xyzbca #foryou #fypシ #foryou

♬ original sound – Nour El Hana

Baca Juga: Manfaat E Money, Alat Pembayaran Modern yang Praktis

Apa Saja Kekurangan dari E-Money?

Memang banyak sekali dampak positif yang sudah dijabarkan di atas. Sebuah produk baik pun memang tak pernah lepas dari sisi minus-nya. Walau begitu, e-money masih tetap jadi andalan untuk berbagai kebutuhan pembayaran.

1. Tidak Bisa Tarik Tunai

Pertama, poin ini biasanya jadi pertimbangan ketika kalian berpindah ke generasi cashless. Sering kali kita membutuhkan uang tunai dengan jumlah tertentu. Karena tidak bisa ambil saldo kembali, maka kalian harus setting budget khusus untuk di simpan ke dalam e-money.

2. Tidak ada garansi kehilangan

Jika kehilangan saldo pada debit dan kredit bisa dilaporkan kepada customer service bank, lain halnya dengan e-money. Barang ini jika sudah hilang maka akan lebih mudah diakses oleh siapa saja yang menemukan. Dengan kata lain, bahwa e-money tidak menjamin atas kehilangan kartu tersebut.

3. Membutuhkan sinyal seluler atau internet

Sebenarnya bukan jadi masalah bila kalian sedang berada di wilayah perkotaan. Namun bisa saja kita harus pergi ke tempat jauh dan lupa membawa cash. Akses pembayaran e-money membutuhkan sinyal mumpuni dan juga stabil. Kalau tidak, kartu kalian bisa jadi tidak terbaca

Baca Juga: 5 Keunggulan yang Dirasakan dari Cetak dan Menggunakan E-money

Apa Saja Perbedaan dari E-Money dan E-Wallet?

Memang benar bila baik uang elektronik dan dompet digital sama-sama non tunai. Namun, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan loh!

1. Bentuk

Sudah dijelaskan pada poin apa itu e-money. E-money biasanya berbentuk kartu dengan chip. Lain halnya dengan e-wallet yang terdapat pada sebuah aplikasi server-based.

2. Maksimal saldo

E-money hanya bisa menampung hingga Rp1.000.000 saja. Di aspek ini, dompet digital punya keunggulan karena bisa menyimpan hingga puluhan juta. Tapi balik lagi itu semua bagaimana kebijakan yang dilakukan oleh penerbit.

3. Keamanan

Dari segi safety, memang benar kalau e-money tidak membutuhkan PIN. Sedangkan e-wallet biasanya ada password dan PIN serta verifikasi yang biasanya terkirim lewat SMS.

4. Pendaftaran

Kartu e-money tidak membutuhkan registrasi secara resmi. Kalian bisa dapatkan secara cuma-cuma di berbagai toko bahkan lewat jasa custom merch. Kalau e-wallet, kalian harus daftarkan diri dan membutuhkan proses verifikasi data selama beberapa hari sebelum akhirnya bisa dipakai.

Meski sudah banyak pilihan uang elektronik, penggunaan kartu e-money masih tetap jadi pilihan paling pas. Kegunaan untuk akses transportasi sehari-hari atau pembayaran penting lainnya juga kerap diharuskan memakai e-money. Tshirtbar sebagai penyedia custom e-money bisa mencetak kartu uang elektronik dengan hasil printing terbaik. Ada pilihan kartu e-money dari Flazz BCA, BNI TapCash, E-Money Mandiri dan BNI Brizzi. Harganya juga terjangkau.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *