Last Update: October 7th, 2019 at 1:26 pm

Apa Itu Cotton Combed Dan Apa Saja Jenisnya

Tentunya masih banyak orang yang belum mengenal cotton combed, padahal hal ini sangat penting terutama untuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang sablon kaos. Mengingat bahan cotton combed merupakan bahan yang banyak digunakan serta menjadi favorit, hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang menyukai bahan ini.

Apalagi bahan ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan lainnya, serta bahan ini juga memiliki beberapa jenis. Oleh sebab itu untuk mendapatkan bahan cotton combed yang tepat maka Anda wajib mengenal seluk beluk dari bahan ini agar tidak salah pilih dan bisa merawat bahan ini.

 

Apa itu Cotton Combed?

Cotton combed merupakan bahan katun yang paling halus dari jenis lainnya sebab bahan ini melalui proses penyisiran alis combed sebelumnya dipintal hingga menjadi gulungan benang. Karena terdapatnya proses penyisiran tersebut tidak heran jika harga bahan ini menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa.

Hal ini dikarenakan katun jenis ini lebih berkualitas serta bagian benangnya juga lebih kokoh dibandingkan dengan katun biasa. Tentunya tidak heran jika bahan ini tidak hanya digunakan pada kaos saja namun juga pada produk lainnya pada cover, taplak, sarung bantal dan masih banyak lagi. Tidak heran jika bahan katun ini begitu banyak dicari, mengingat pada dasarnya bahan katun telah menjadi favorit semua orang.

 

Keunggulan yang Dimiliki Bahan Ini

Tentunya kepopuleran bahan katun ini tidak terlepas dari keunggulan yang dimiliki, sehingga tidak heran jika bahan ini begitu banyak diincar. Beberapa kelebihan yang dimiliki bahan ini adalah seperti bagian permukaannya lebih lembut sehingga ketika digunakan menjadi lebih nyaman walaupun bergesekan sekalipun. Jadi apabila Anda sering bergerak maka tidak akan risih jika menggunakan kaos dari bahan ini, selain itu bahan ini tingkat penyerapan keringatnya juga sangat tinggi sehingga tidak akan membuat Anda gerah.

Jadi tetap nyaman digunakan walaupun cuaca panas sekalipun jadi Anda akan tetap terasa dingin sehingga sangat cocok untuk cuaca di Indonesia. Selain itu bahan ini juga aman digunakan oleh mereka yang memiliki alergi bahan kimia, sebab di dalam bahan ini tidak terdapat bahan kimia sehingga tidak akan membuat kulit menjadi iritasi. Selain itu bahan ini juga dapat bertahan lama sehingga tidak akan mudah robek walaupun sudah lama, jadi baju dengan bahan ini tidak akan mudah rusak.

 

Jenis-Jenis Cotton Combed

Cotton combed sendiri terdiri dalam beberapa jenis, dimana setiap jenis memiliki keunikan tersendiri sehingga anda wajib mengetahuinya. Beberapa jenis bahan cotton combed adalah seperti berikut ini:

 

1. Cotton Combed 20s

Untuk jenis yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling tebal diantara jenis cotton combed lainnya, dimana jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling baik dan berkualitas. Sebab ketebalan dari bahan ini mencapai 180 hingga 220 gr/m2, tidak heran jika tingkat kekuatan dari bahan ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Serta jika menggunakan bahan ini juga lebih nyaman sehingga tidak heran jika harga bahan ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya namun sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

 

2. Cotton Combed 24s

Untuk bahan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi, sebab sudah sangat umum digunakan oleh para konveksi terutama yang berada di daerah Bandung. Akan tetapi bahan ini masih sulit didapatkan jika berada di luar daerah Jawa Barat, bahan jenis ini sendiri memiliki tingkat ketebalan 170 hingga 210 grm/m2. Untuk harga jenis ini sebenarnya lebih terjangkau, karena masih di bawah harga jenis 20s namun untuk kualitasnya tidak jauh berbeda sehingga tidak heran jika banyak orang tertarik dengan bahan jenis ini karena tidak kalah tebal dan bagus. Akan tetapi kesulitan dari bahan ini adalah jarang ditemukan.

 

3. Cotton Combed 30s

Untuk bahan jenis ini lebih tipis jika dibandingkan dengan bahan cotton combed 20s dan 24s, dimana tingkat ketebalannya adalah 140 hingga 160gr/m2. Tidak heran jika bahan ini akan menjadi lebih dingin apabila dibandingkan dengan kedua jenis bahan katun tersebut, akan tetapi untuk tingkat kualitas tidak begitu baik jika dibandingkan dengan bahan katunnya. Walaupun begitu bahan ini juga banyak digunakan untuk berbagai produsen baju bahkan dengan clothing line di dunia.

 

4. Cotton Combed 40s

Bahan yang satu ini juga termasuk yang tipis dalam jenis cotton combed, akan tetapi kualitasnya tidak mengecewakannya. Sebab walaupun tipis membuat baju yang terbuat dari bahan ini tidak panas sehingga dingin ketika digunakan. Tidak heran jika bahan ini juga banyak digunakan oleh produsen kaos di Indonesia, mengingat bahan jenis ini sangat banyak dibutuhkan di Indonesia karena cuaca Indonesia yang panas.

 

Cara Merawat Cotton Combed

Agar baju yang terbuat dari bahan ini dapat awet maka diperlukan beberapa perawatan, sebab walaupun berkualitas dan tahan sekalipun apabila tidak dilakukan perawatan maka percuma saja. Cara merawat bahan ini juga sangat mudah dimana seperti tidak merendamnya terlalu lama ketika akan mencucinya dimana dapat mengurangi tingkat kekuatan dari bahan ini.

Serta hindari untuk merendam kaos ini dengan seluruh warna apabila warnanya putih, hal ini bertujuan untuk menghindari kaos berwarna putih terkena luntur. Oleh sebab itu apabila Anda memperhatikan hal ini maka Anda sudah mengenal cotton combed dengan baik.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *