Cari Tahu Apa itu Bahan Tekstil dan Prosesnya

Tekstil adalah material yang terbuat dari serat benang yang saling menyusun sampai membentuk benda yang sering kita sebut sebagai kain. Dari kain yang dihasilkan bisa dipakai untuk memproduksi pakaian, perlengkapan, perabotan dan bermacam-macam kebutuhan harian lainnya. Proses produksi tekstil mungkin adalah salah satu proses produksi tertua di dunia dengan kain telah tercatat sudah diproduksi sejak 70 ribu tahun sebelum masehi dengan metode kuno.

Tekstil merupakan salah kebutuhan paling mendasar untuk manusia dan menjadi bagian dari kebutuhan pokok kita yaitu papan, sandang dan pangan. Sandang adalah kebutuhan manusia untuk berpakaian. Oleh sebab itu tekstil adalah salah satu komoditas yang paling sering diperdagangkan di dunia. Tekstil memiliki pasar sebesar US$ 1000 milyar di tahun 2020, dengan pertumbuhan 4.4% setiap tahunnya. Sekarang Tiongkok merupakan negara dengan nilai ekspor tekstil terbesar di dunia, disusul oleh India, Italy, Jerman dan Bangladesh.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Warna Kain

Kebutuhan tekstil besar disebabkan oleh banyaknya kegunaan tekstil dalam hidup manusia, mulai dari pakaian, di mana pakaian sendiri memiliki ragam jenis yang banyak seperti pakaian luar, dalam, jaket, baju resmi, santai dll. Lalu masih banyak aplikasi lainnya seperti tekstil untuk perabotan rumah tangga, transportasi, militer, perlengkapan kebersihan, tempat menyimpan barang dan masih banyak lainnya. Hampir seluruh industri di dunia melibatkan produk tekstil untuk banyak atau sedikit.

Baca juga: Apa itu Bahan Taslan dan Fungsinya

Lalu apa saja jenis tekstil pada umumnya? Kategori tekstil banyak sekali karena cara membuatnya pun sangat bervariasi, namun jika kita ingin melihat dari sisi jenis dan sumbernya, kita bisa membagi tekstil menjadi dua jenis yaitu, serat buatan manusia dan serat alami.

  1. Serat alami terbuat dari bahan yang ditemukan di alam yang diambil lalu dijadikan benang. Proses pembuatan benang ini dinamakan dengan proses spinning. Proses spinning ini memungkinkan kapas ditarik dan putar hingga menjadi serat benang yang bisa dipakai. Selain kapas, masih banyak tanaman lain yang bisa dipakai menjadi serat kain yaitu, kelapa, hemp, flax dan lain-lain. Bahkan dari bulu hewan pun juga bisa dipakai, contohnya yaitu bulu domba yang terkenal dipakai untuk pakaian dingin.
  2. Serat buatan manusia adalah serat kain yang dibuat dengan campur tangan manusia. Dengan kata lain, jika sumber bahan tidak diproses terlebih dahulu tidak akan langsung bisa dipakai sebagai serat kain. Sumber bahannya tidak selalu berasal dari bahan kimia yang juga buatan manusia (disebut juga sebagai bahan polymer sintetis), namun bisa juga terbuat dari bahan alami (disebut juga sebagai bahan polymer natural).
    Contoh dari polymer natural adalah rayon yang berasal dari cellulose alami yang bisa diambil dari pohon, atau modal yang berasal dari pohon birch.
    Sedangkan polymer sintetis merupakan bahan yang dihasilkan dari bahan dasar buatan manusia juga seperti polyamide, polyester, acrylic dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut biasanya diproduksi dari campuran bahan kimia dan bahan seperti minyak bumi.

Baca juga: Mengenal Jenis Jaket Parka dan Bahannya

Di Tshirtbar, kita bisa menemukan baju yang terbuat dari bermacam bahan, mulai dari katun, polyester, nylon microfibre dan bermacam bahan lainnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Yang menarik adalah kita bisa memesan kaos, jaket, jersey atau jaket dengan desain yang kita inginkan. Jika kamu ingin tahu lebih banyak soal produk Tshirtbar, kunjungi website kami di www.tshirtbar.id atau pesan langsung melalui sales kita di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Sumber: https://sewguide.com/what-are-textiles/ 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *