Mengenal Apa itu Bahan Spandek dan Cara Merawatnya

Adanya berbagai macam bahan kain dalam industri clothing, bahan spandek juga cukup populer digunakan untuk dijadikan beberapa produk diantaranya pakaian renang, legging, kostum balet dan lain lain. Nah untuk mengenal lebih dalam apa itu bahan spandek, simak baik-baik artikel kali ini ya!

Apa sih itu bahan spandek? Bahan spandek merupakan jenis bahan kain yang dibuat dari polimer sintetis seperti nilon atau polyester. Bahan kain spandek ini juga dikenal dengan nama lain elastane yang pada umumnya cenderung bersifat elastis dan juga dapat merenggang hingga 5 kali dari ukuran aslinya. Karena bahannya yang bersifat elastis, bahan spandek dikatakan sebagai pengganti bahan karet dan dinilai lebih unggulan karena bahannya sangat kuat, fleksibel dan juga ringan.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Warna Kain

Bahan spandek ini tidak hanya berdiri sendiri seutuhnya dengan serat spandek namun dibantu pula oleh serat-serat lainnya seperti katun rayon dan jenis serat lainnya. Dengan itu bahan spandek memiliki banyak jenis, berikut adalah beberapa jenisnya:

  • Spandek Katun
  • Spandek Rayon
  • Spandek Semi Rayon
  • Spandek Rayon Super
  • Spandek Jersey
  • Spandek Korea
  • Spandek PE
  • Spandek Sutra
  • Spandek Denim
  • Spandek Hyget
  • Kain Spandek Balon

Dari macam-macam bahan spandek diatas tidak semuanya bertekstur sama, bisa dibedakan dari tingkat ketebalannya karena ada beberapa yang dibuat tebal dan ada pula yang dibuat tipis.

Baca juga: Cara Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet

Ciri khas bahan spandek yang perlu kamu ketahui yaitu:

  1. Pada umumnya bahan spandek bersifat licin
  2. Bahannya bisa tebal, bisa juga tipis. Namun walaupun tipis, untuk ketahanan lebih kuat bahan spandek jika dibandingkan dengan bahan katun biasa
  3. Bahan spandek cenderung lebih ketat dan panas saat digunakan jika dibandingkan bahan lainnya
  4. Nyaman untuk digunakan
  5. Memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak pemakainya
  6. Bahan spandek elastis namun tidak mudah melar
  7. Jika dipakai pada tubuh, biasanya akan menyesuaikan bentuk tubuh aslinya.

Pada setiap bahan juga diperlukan perawatan masing-masing agar lebih awet dan tahan lama, juga dengan bahan spandek ini perlu dirawat dengan benar. Berikut adalah tips merawat pakaian yang menggunakan bahan dasar spandek. Yang perlu kamu ketahui karena bahannya yang bersifat elastis, spandek tidak bisa disetrika dengan suhu yang panas, dan mencucinya pun harus disiasati dengan cara yang benar agar kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Mengenal Jenis Jaket Parka dan Bahannya

  1. Saat pencucian ada baiknya jika kita tidak menggunakan mesin cuci untuk pencucian. Lebih baik jika menggunakan cuci tangan saja. Sebab bahan spandek adalah bahan yang cukup sensitif dan berpotensi rusak jika dicuci dengan mesin cuci jika setting cucinya terlalu kasar.
  2. Gunakan air dengan temperatur sekitar 30 derajat celcius atau suhu yang agak hangat. Namun jangan cuci menggunakan air panas. Jika suhu terlalu panas maka dapat mempengaruhi serat elastane yang ada bahan baju dengan campuran bahan spandek.
  3. Bahan spandek tidak cocok jika terekspos panas berlebih sehingga, pengeringan menggunakan mesin pengering juga tidak disarankan. Jika dimasukan ke dalam mesin pengering, maka kekuatan bahan spandek dapat menjadi lemah dan cepat rusak. Ketimbang dimasukan ke mesin pengering, jemur bahan spandek dan biarkan kering dengan sendirinya.
  4. Perlukah kita menyetrika bahan spandek? Semakin tinggi kandungan elastane di dalam baju berbahan spandek, maka kita sebenarnya tidak perlu lagi untuk menyetrikanya, malah menyetrika bahan tersebut bisa berpotensi untuk merusak baju dengan kandungan bahan spandek yang tinggi.

Sekarang kalau kamu sudah tau cara merawat baju berbahan spandek, di Tshirtbar kami menjual baju berbahan poly spandex dan bahan cotton spandex. Untuk bahan poly spandex, bahan ini biasa dipakai untuk pembuatan rashguard atau baju olah raga khusus yang memiliki daya tahan tinggi terutama dan memberikan insulasi khusus pada tubuh dan memperlancar sirkulasi darah pada tubuh saat berolah raga. Kamu bisa pesan tanpa minimum order. Sedangkan untuk bahan cotton spandex, kamu bisa pesan namun dengan minimum order. Untuk pemesanan bisa hubungi sales kami di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Sumber:

https://fitinline.com/article/read/9-macam-varian-kain-spandek/ 

https://www.loveyourclothes.org.uk/guides/how-care-spandex-lycra-or-elastane 

https://www.thespruce.com/care-for-spandex-lycra-elastane-clothes-2145820 

https://mollymaid.ca/cleaning-tips/six-things-you-should-never-put-in-the-dryer 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *