Last Update: November 27th, 2022 at 10:43 pm

Mengenal Apa Itu Bahan Katun dan Jenis Bahannya

Bahan katun adalah salah satu jenis kain yang kerap kali digunakan oleh banyak orang karena kenyamanannya dan dianggap memiliki daya serap keringat yang baik. Bahan katun sering menjadi salah satu opsi populer buat bahan baju terutama kaos. Perlu kamu ketahui bahwa bahan katun mempunyai banyak jenis lho! Simak pembahasannya di bawah ini agar semakin tahu bahan katun mana yang cocok untuk kamu.

Apa Itu Bahan Katun?

apa itu bahan katun

Bahan katun adalah bahan yang terbuat serat kapas yang diolah menjadi benang. Benang-benang akhirnya dipakai untuk disusun menjadi kain yang siap dipakai. Bahan katun tergolong bahan alami yang paling umum dipakai pada pakaian dan terbukti bahwa bahan katun adalah jenis kain yang paling banyak diproduksi di dunia. Seperti di India yang memproduksi kain katun hingga 6,423,000 metric ton di tahun 2019, lalu disusul dengan China 5,933,000 metric ton dan Amerika 4,336,000 metric ton.

Tanaman kapas sendiri banyak ditumbuhkan di berbagai negara, contohnya seperti India, Cina, Amerika Serikat, Brazil dan Pakistan yang dimana negara-negara tersebut merupakan produsen kapas terbesar di dunia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering dengan Mudah

Proses Pembuatan Kain Katun

proses pembuatan katun

Proses pembuatan katun dari kapas sebenarnya tidak mudah, diawali dengan memilah buah kapas yang sudah dipetik lalu diolah menjadi serat kapas sehingga saling menyambung dan memanjang. Kemudian serat kapas tersebut diproses dengan teknik yarning yang membuatnya menjadi benang, dan setelah itu bisa dicelupkan untuk mendapatkan warna yang diinginkan serta di weave atau knit untuk menjadi sebuah kain utuh.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

Jenis-jenis Kain Katun

jenis jenis kain katun

Terdapat beragam jenis bahan kain katun yang bisa kamu temukan di pasaran. Biasanya katun dipakai sebagai salah satu bahan pakaian dalam, pakaian harian, jaket, kemeja formal dan lain-lain. Apa saja jenis kain katun tersebut yang umum digunakan? Berikut ini beberapa daftarnya:

1. Katun Jepang

Bahan kain katun jepang merupakan termasuk kain katun premium yang memiliki tekstur sangat lembut, halus dan permukaannya yang terlihat glossy. Umumnya katun jepang dibuat dan dicetak dengan motif cerah dan banyak warna. Selain itu, kain ini memiliki daya serap keringat yang baik. Terdapat beberapa jenis lain dari katun jepang seperti katun jepang polos tokai senko.

2. Katun Linen

Katun linen adalah bahan katun yang dihasilkan dari pencampuran serat katun dan juga serat pohon rami. Tak heran katun linen tergolong kain yang harganya relatif mahal. Meski teksturnya sedikit kaku dibanding jenis katun lainnya, namun tepap lembut dan nyaman ketika dipakai. Terdapat 2 jenis kain katun linen yakni linen biasa dan katun linen euro.

3. Katun Rayon

Kain katun rayon juga merupakan bahan kain yang berasal dari serat kapas yang dicampur dengan serat benang semisintetis atau rayon. Dari campuran tersebut dapat menghasilkan kain yang bertekstur ringan, sejuk, dan tidak licin. Oleh sebab itu, kain ini seringkali dipakai untuk kemeja dan mukena.

4. Katun Fleece

Katun fleece adalah jenis katun yang memiliki serat tebal dan juga berat. Kain katun ini memiliki ciri khas khusus di mana di bagian dalamnya sedikit berbulu dan hangat sedangkan bagian luar permukaannya lebih halus. Maka dari itu, kain ini kerap diguakan untuk pembuatan hoodie dan sweater karena kemampuan menyerap keringat yang cukup baik.

5. Katun Combed

Kain katun jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh perusahaan konveksi untuk bahan dasar baju kaos. Bahan katun combed diproduksi dengan melakukan proses combing pada benang sehingga tekstur akan kain lebih halus dan tidak berbulu. Katun combed terdiri dari beberapa tipe yakni 20s, 24s, hingga 30s.

6. Katun Silk

Katun silk adalah bahan katun yang berasal dari serat alami sutra yang dimana kain ini sering dipakai untuk pembuatan baju pesta. Karakteristik kain katun silk memiliki permukaan lebih mengkilap sehingga memberikan kesan mewah dan elegan.

7. Katun Denim

Jenis kain katun denim adalah bahan katun yang proses finishingnya dilakukan dengan metode weave sehingga menghasilkan kain dengan pola twill, dan sering digunakan untuk pembuatan rok, celana dan jaket.

8. Katun Spandeks

Katun spandeks adalah katun yang dibuat dari kombinasi serat kapas dan serat sintetis spandek yang sering disebut dengan lycra atau elastane. Katun spandeks ini memiliki tingkat keelastisan yang cukup baik dan jika serat spandeks didalamnya semakin banyak maka akan semakin elastis juga kainnya.

9. Katun Lacoste

Katun lacoste adalah jenis katun yang paling banyak dipakai untuk pembuatan baju polo shirt atau baju kaos yang memiliki kerah. Ciri khas dari kain ini adalah seratnya yang berpori-pori kecil dan cenderung lebih tebal dibandingkan bahan katun biasa.

10. Katun Bambu

Bahan katun berikutnya adalah katun bambu yang merupakan campuran anatara serat katun dengan serat bambu. Tekstur kain ini juga lebih lembut dan halus dari katun biasa. Selain itu kain ini memiliki keunggulan yaitu anti bakteri sehingga cocok dipakai oleh orang-orang dengan kulit sensitif. Kain ini juga sering digunakan sebagai celana dalam, selimut hotel, maupun kaos.

Baca Juga: Apa Itu Cotton Bamboo dan Keunggulannya?

11. Katun Ima Royal Platinum

Jenis kain katun ima royal platinum ini memiliki karakteristik yaitu memiliki motif garis kotak-kotak kecil yang terlihat di permukaan kainnya. Jenis kain katun ini memiliki tekstur yang ringan, sejuk, dan seratnya rapat sehingga tidak akan tampak transparan. Selain jenis royal platinum, katun ima juga memiliki versi lain seperti katun ima slub dan katun ima polos.

12. Katun Toyobo Original Import

Jenis katun produk impor ini memiliki ciri khas yang tidak kaku, halus, ringan, tidak tembus pandang, sejuk, dan sedikit licin. Bahan katun ini seringkali dipakai untuk bahan pembuatan baju koko, gamis, seragam kantor, dan termasuk ke salah satu tipe katun premium.

13. Katun Toyobo Fodu Import Premium

Kain katun toyobo fodu import premium mempunayi ciri khas benang yang lebih rapat dibanding toyobo original import. Selain itu, ciri kain ini juga bertekstur agak tebal dengan tampilan yang mengkilap. Katun jenis ini adalah salah satu kain katun import sehingga harganya relatif lebih mahal.

14. Katun Supernova

Kain katun supernova merupakan jenis kain katun yang memiliki serat benang halus yang terdapat pada bagian permukaan kainnya. Oleh sebab itu, jenis katun satu ini banyak dipakai untuk bahan pembuatan hijab dan baju koko.

15. Katun Cina

Kain katun cina juga populer disebut sebagai katun twill. Jenis bahan katun ini kualitasnya hampir setara dengan katun import yang berasal dari Jepang. Namun yang membedakannya dengan katun jepang adalah tekstur kainnya yang lebih tipis serta warna kainnya tidak terlalu mencolok.

16. Katun Madinah

Katun Madinah mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan katun supernova memiliki serabut halus di permukaan kainnya. Walau begitu, harga dari katun madinah cenderung lebih mahal daripada katun supernova. Kain katun ini memiliki tesktur lembut, sejuk, ringan, jatuh, dan tidak transparan sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan hijab dan gamis.

Di Tshirtbar kami menjual beragam jenis kain katun berkualitas terbaik seperti katun combed dan lacoste yang sering dipakai untuk pakaian harian. Kamu juga bisa memesan kaos katun yang di-custom 100% menggunakan desain kamu sendiri. Tunggu apalagi, kunjungi website Tshirtbar sekarang!

Custom Produk Tanpa Minimal

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *