Mengenal Apa itu Bahan Katun dan Jenis Bahannya

Bahan katun adalah bahan yang terbuat serat kapas yang diolah menjadi benang. Benang-benang akhirnya dipakai untuk disusun menjadi kain yang siap dipakai. Bahan katun tergolong bahan alami yang paling umum dipakai di pakaian dan terbukti bahwa katun adalah bahan yang paling banyak diproduksi di dunia dengan India yang memproduksi kain katun hingga 6,423,000 metric ton di tahun 2019, lalu disusul dengan China 5,933,000 metric ton dan Amerika 4,336,000 metric ton.

Tanaman kapas sendiri banyak ditumbuhkan di berbagai negara, dengan India, Cina, Amerika Serikat, Brazil dan Pakistan sebagai produsen kapas terbesar di dunia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering dengan Mudah

Proses pembuatan katun dari kapas sebenarnya tidak mudah, diawali dengan memilah kapas membuat kapas menjadi serat kapas yang menyambung dan panjang. Lalu melalui proses yarning yang membuatnya menjadi benang, lalu dicelupkan untuk mendapatkan warna yang diinginkan dan di weave atau knit untuk menjadi kain.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

Katun adalah bahan yang memiliki ragam jenis yang banyak. Biasanya katun dipakai untuk pakaian dalam, pakaian harian, jaket, kemeja formal dan lain-lain. Apa saja jenis kain katun yang umum:

  1. Katun Jepang
    Bahan katun premium sangat lembut dengan permukaan yang glossy. Biasanya dipakai cetak dengan motif cerah dan banyak warna. Kain ini memiliki daya serap keringat yang baik.
  2. Katun Linen
    Katun dicampur dengan serat pohon rami. Juga tergolong kain yang mahal. Teksturnya sedikit kaku namun lembut dan nyaman ketika dipakai.
  3. Katun Rayon
    Katun ini dicampur dengan serat semisintetis yaitu serat rayon. Campuran ini menghasilkan kain yang ringan, dingin dan tidak licin. Seringkali kain ini dipakai untuk kemeja dan mukena.
  4. Katun Fleece
    Katun flanel memiliki serat yang tebal dan berat. Kain ini memiliki ciri khas khusus di mana di bagian dalamnya berbulu dan hangat sedangkan bagian luarnya lebih halus permukaannya. Kain ini sering dipakai untuk jaket dan celana.
  5. Katun Combed
    Jenis katun yang paling banyak digunakan oleh konveksi untuk pembuatan kaos. Bahan katun ini produksi dengan melakukan proses combinb pada benang sehingga kain lebih halus dan tidak berbulu.
  6. Katun Silk
    Katun yang terbuat dari serat sutra yang sering dipakai untuk pembuatan baju pesta. Katun ini memiliki permukaan mengkilap dan elegan.
  7. Katun Denim
    Ini adalah bahan katun yang di weave sehingga menghasilkan kain dengan pola twill, sering dipakai untuk pembuatan rok, celana dan jaket.
  8. Katun Spandeks
    Katun spandeks adalah katun campuran dengan serat sintetis spandek yang sering disebut dengan lycra atau elastane. Campuran ini memberikan tingkat keelastisan dan semakin tinggi campurannya maka akan semakin elastis juga kainnya.
  9. Katun Lacoste
    Ini adalah katun yang paling sering dipakai untuk pembuatan polo shirt atau baju kaos yang memiliki kerah. Ciri khas kain ini ialah seratnya yang memiliki lubang kecil dan cenderung lebih tebal daripada katun biasa.
  10. Katun Bambu
    Bahan katun ini memiliki campuran dengan serat bambu yang menghasilkan kain yang lebih lembut dan katun biasa. Selain itu kain ini memiliki fitur yang anti bakteri dan cocok dipakai oleh pengguna dengan kulit sensitif. Kain ini sering dipakai di celana dalam, selimut hotel dan kaos.

Baca juga: Cara Mencuci Hoodie dan Perawatannya

Di Tshirtbar kamu menjual beragam jenis kain katun combed dan lacoste yang sering dipakai untuk pakaian harian. Di Tshirtbar juga kamu bisa memesan kaos katun 100% yang bisa kamu custom dengan desain kamu sendiri. Kunjungi www.tshirtbar.id untuk informasi lebih lanjut.

Sumber: https://ryusei.co.id/blogs/news/12-jenis-kain-katun-terlaris-di-pasaran

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *