Last Update: July 7th, 2020 at 12:03 pm

Apa Itu Apron dan Fungsinya

Apron bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk melindungi pakaian dan tubuh Anda dari segala macam noda atau percikan kotoran. Itulah mengapa banyak orang lebih suka menggunakan apron untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

 

Tidak hanya untuk memasak saja, apron juga bisa digunakan saat Anda sedang bersih-bersih rumah, melukis, atau berkebun. Selain itu, apron juga merupakan alat yang dibutuhkan oleh banyak jenis profesi mulai dari koki, barista, hingga profesi medis. 

 

Apron memang memiliki banyak fungsi yang sangat berguna untuk beberapa aktivitas tertentu. Apron saat ini juga telah dibuat dengan berbagai model yang bermacam-macam, sehingga bisa Anda pilih sesuai keinginan. 

Apa itu apron?

 

Apa arti kata apron itu? Apakah Anda pernah mempertanyakan hal tersebut? Apron sebenarnya dalam bahasa Indonesia adalah sebutan lain dari celemek. Alat yang satu ini sangat sering ditemukan pada koki atau ibu-ibu yang sedang memasak di dapur. Namun, sebenarnya apron tidak hanya berguna untuk di dapur saja. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan apron

 

Bagi ibu-ibu yang suka memasak, biasanya mereka akan memilih apron berdasarkan desain dan warnanya. Namun, untuk memilih apron yang tepat, tentunya tidak bisa dilakukan berdasarkan desain dan warnanya saja. 

 

Anda juga harus memilih apron berdasarkan jenis kainnya. Jika ingin menggunakan apron untuk bersih-bersih rumah, Anda bisa menggunakan apron dari bahan yang ringan agar bisa bebas bergerak. Hal itu berbeda jika Anda ingin menggunakan apron untuk memasak. 

 

Sebaiknya, pilih apron yang terbuat dari bahan yang mampu menyerap air dengan cepat agar saat terkena percikan bumbu bisa cepat mengering. Sedangkan, jika Anda ingin menggunakan apron untuk keperluan pekerjaan seperti pelayan, maka bisa menggunakan half apron dengan jenis waist apron

Fungsi dan kegunaan apron

 

Setelah memahami apa itu apron, saatnya bagi Anda untuk tahu lebih banyak perihal fungsi apron tersebut. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, apron memiliki berbagai macam fungsi dan kegunaan. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

 

  • Melindungi kulit

 

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang cukup sensitif. Saat Anda bekerja sebagai seorang koki, sangat penting untuk menggunakan apron karena bisa melindungi kulit. Menjadi seorang koki yang bertugas memasak di dapur tentu akan lebih berisiko terkena percikan minyak atau terkena noda bahan-bahan masakan. 

 

Agar kulit tetap terlindungi, sebaiknya selalu gunakan apron. Pilihlah apron dengan bahan yang cukup tebal, sehingga akan lebih aman dan terjamin untuk melindungi Anda saat di dapur. Selain itu, apron yang berbahan ringan juga sangat direkomendasikan karena akan membuat Anda lebih leluasa saat bergerak. 

 

  • Mempermudah pekerjaan

 

Fungsi apron yang selanjutnya adalah sebagai alat yang berguna untuk mempermudah pekerjaan. Apron biasanya memiliki desain dengan memiliki beberapa kantong. Kantong tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat menaruh barang-barang yang penting. 

 

Misalnya Anda bekerja sebagai pelayan, kantong dalam apron tersebut akan berguna untuk menyimpan lap, pulpen, atau bahkan nota. Sedangkan untuk koki, kantong pada apron yang dikenakannya juga berfungsi untuk tempat menaruh peralatan kecil yang dibutuhkan saat memasak, misalnya timer atau alat lainnya. 

 

Baca juga: Perbedaan Sablon Manual dengan Sablon Printing Digital

 

  • Membuat pakaian tetap bersih

 

Meskipun sedang bekerja, pastinya Anda juga ingin tetap terlihat bersih. Sayangnya, saat Anda sedang melakukan kegiatan seperti sedang bersih-bersih rumah atau berkebun bisa membuat pakaian menjadi cepat kotor. 

 

Hal-hal tersebut sebenarnya bisa dihindari jika Anda menggunakan apron saat beraktivitas. Apron akan senantiasa menjaga pakaian Anda tetap bersih meskipun sedang melakukan pekerjaan yang berisiko menimbulkan kotoran. Mulai dari memasak, bersih-bersih rumah hingga berkebun tentunya memiliki risiko besar terkena kotoran. Oleh karena itu, selalu lindungi pakaian dan diri Anda dengan menggunakan apron saat beraktivitas. 

 

  • Membuat penampilan terlihat lebih menarik

 

Siapa yang tidak ingin terlihat selalu menarik? Pastinya Anda juga ingin bisa tetap menarik meskipun sedang melakukan aktivitas. Apron rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membuat penampilan terlihat lebih menarik. Misalnya saat Anda sedang memasak, jika ingin terlihat lebih fashionable, gunakanlah apron dengan desain yang kekinian. 

 

Selain itu, bagi profesi tertentu, rupanya apron juga bisa membuat penampilan terlihat lebih profesional. Misalnya saja barista atau pelayan yang ada di sebuah kedai kopi. Saat mereka menggunakan apron, pastinya akan lebih terlihat kredibel.

 

Jadi, setelah mengetahui fungsi apron seperti di atas, apakah Anda sudah siap untuk menggunakannya dalam aktivitas seperti memasak, berkebun, atau bersih-bersih setiap hari di rumah?

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *