9 Rekomendasi Bahan Baju Olahraga Berkualitas

Bahan baju olahraga harus memenuhi berbagai kriteria. Salah satunya bisa menyerap keringat demi kenyamanan dan kinerja saat berolahraga. Tubuh mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh, dan jika pakaian tidak menyerap keringat dengan baik, maka akan membuat kita merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

 

Dalam artikel ini, kami akan membahas ragam jenis bahan baju olahraga terbaik dan cocok digunakan oleh pecinta olahraga.

 

Alasan Mengapa Bahan Baju Olahraga Harus Berkualitas

Bahan baju yang berkualitas sangat penting karena dapat meningkatkan kenyamanan, performa, dan daya tahan pakaian. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa bahan baju yang berkualitas menjadi prioritas dalam desain dan produksi pakaian olahraga:

 

  • Nyaman Dipakai

 

Kenyamanan adalah hal yang penting saat berolahraga. Baju olahraga yang berkualitas tinggi akan terasa nyaman di kulit dan mengurangi risiko gesekan atau iritasi.

 

  • Mendukung Gerak Badan

 

Pakaian olahraga yang baik dapat meningkatkan performa Anda dengan membantu mengatur suhu tubuh, mengendalikan kelembaban, dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk bergerak dengan bebas.

 

  • Baju Tetap Awet 

 

Pakaian olahraga yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

  • Dampak Jangka Panjang 

 

Bahan berkualitas dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Hal ini karena bahan yang bernapas dapat menyerap keringat dan menjaga kulit tetap kering. Kulit yang kering lebih kecil kemungkinannya mengalami ruam atau iritasi.

 

Jenis Bahan Baju Olahraga yang Berkualitas

Setiap olahraga punya kebutuhan bahan pakaian yang berbeda. Namun, yang paling umum digunakan antara lain sebagai berikut:

 

  • Kain Spandex

 

Spandex adalah serat sintetis yang sangat elastis. Bahan ini dapat meregang hingga 7 kali lipat dari ukuran aslinya dan kembali ke bentuk semula tanpa rusak.

 

Spandex menawarkan rasa fleksibel yang akurat saat berolahraga, memungkinkan orang untuk melakukan berbagai gerakan yang lebih dinamis dan kompleks. Bahan ini juga memberikan kenyamanan ekstra dan dapat membantu mengurangi risiko cedera.

 

Namun, spandex dapat menyusut bila terkena panas. Oleh karena itu, pakaian olahraga yang terbuat dari spandex harus dikombinasikan dengan bahan lain yang menyerap keringat dengan baik.

 

  • Kain Nilon

 

Nilon adalah bahan serat sintetis yang tahan lama, ringan, dan menyerap keringat dengan baik. Bahan ini juga tahan terhadap sinar UV, sehingga cocok digunakan untuk olahraga luar ruangan.

 

Bahan nilon dapat menyerap keringat dari kulit dan menguapkannya ke permukaan pakaian, sehingga menjaga tubuh tetap kering dan nyaman. Kain nilon juga tahan terhadap kerusakan, sehingga cocok untuk aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan dinamis.

 

  • Kain Dry-fit

 

Dry-fit punya tekstur yang padat tetapi fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh. Perpaduan bahan-bahannya memungkinkan penyerapan kelembaban air, lalu mengeluarkannya dalam bentuk uap. Proses ini juga dikenal dengan sebutan wicking.

 

Salah satu keunikan dari bahan dry-fit adalah adanya saluran ventilasi tiga dimensi yang meningkatkan sirkulasi udara di daerah sekitar kulit. Pengaturan suhu tubuh yang baik ini juga membantu tubuh untuk mengatur pengeluaran keringat dengan baik.

 

  • Kain Polyester

 

Kain polyester adalah bahan yang cocok untuk baju olahraga karena beberapa alasan.

 

Pertama, polyester memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan kelembaban. Saat berolahraga, polyester dapat menyerap keringat dari kulit dan menguapkannya dengan cepat, sehingga menjaga tubuh tetap kering dan nyaman.

 

Kedua, polyester memiliki sifat ketahanan yang tinggi. Bahan ini tahan terhadap abrasi dan aus, sehingga baju olahraga dari bahan ini cenderung lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam berbagai kegiatan olahraga dengan intensitas tinggi.

 

  • Kain Jersey

 

Kain jersey adalah bahan yang cocok untuk baju olahraga karena dapat mengatur suhu tubuh dan menyerap kelembaban.

 

Tekstur kain jersey yang terbuka memungkinkan aliran udara yang baik, sehingga membantu menjaga tubuh tetap dingin saat berolahraga. Selain itu, kain jersey juga dapat menyerap kelembaban dengan baik, sehingga membantu menjaga kenyamanan selama berolahraga.

 

  • Kain Cotton Combed

 

Cotton combed adalah bahan yang populer untuk pakaian sehari-hari dan olahraga karena nyaman dan menyerap keringat dengan baik.

 

Kaos katun combed terbuat dari 100% serat kapas, sehingga memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bahan ini tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 20s, 24s, hingga 30s.

 

Untuk kegiatan olahraga, disarankan menggunakan ketebalan 30s karena bahan yang lebih tipis akan memberikan sensasi sejuk dan nyaman saat digunakan.

 

  • Kain Scuba

 

Scuba adalah bahan sintetis yang tebal dan menyerupai busa. Bahan ini memiliki sifat isolator yang baik dan tahan air. Bahan ini sering digunakan untuk pakaian olahraga air karena dapat menjaga tubuh tetap hangat dan kering.

 

  • Kain Poly Spandex

 

Ini adalah campuran dari kain polyester dan spandex. Kain sintetis yang elastis, seperti Lycra, memungkinkan penggunaan yang mudah dan nyaman. Kain ini dapat ditarik ke empat arah, berbeda dengan bahan scuba yang hanya dapat ditarik ke dua arah.

 

  • Kain Lacoste PE

 

Lacoste PE adalah bahan yang terbuat dari 100% polyester, tetapi memiliki tekstur yang serupa dengan bahan lacoste pique. Bahan ini lebih ringan dari lacoste CVC, tetapi tetap nyaman dan tidak panas saat digunakan. Lacoste PE juga dapat dicetak dengan full printing.

 

@tshirtbarid

Saat kegiatan workout pastinya harus pakai outfit yang buat diri kita nyaman saat melakukan gerakan. Nah yuk selingin outfit kalian dengan kaos tema fitness dari Tshirtbar. (on model: FT27 – S) #rekomendasioutfit #ngegym #olahraga #rekomendasiootd #MiniVlog #brandlokal #SimpleOutfitIdeas #inspirasiootd #outfitsimple #inspirasioutfit #GymRoutines #SimpleOutfitsIdeas #MyGymRoutine #InspirasiOOTDKeren #sports #templatecapcut #GymMotivation #RekomendasiAlatGym

♬ TAEYANG – Shoong! (feat. LISA of BLACKPINK) – Sped Up – TAEYANG

 

Kesimpulannya, bahan baju olahraga yang berkualitas sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan saat berolahraga.

 

Tshirtbar menyediakan berbagai jenis baju olahraga dengan bahan nyaman dan kualitas terjamin. Anda bisa custom pakaian dengan berbagai sablon, caranya klik banner di bawah ini:

desain kaos olahraga terbaru

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222