8 Pilihan Outfit Hari Batik dan Tipsnya!

Merayakan keberagaman budaya dan warisan Indonesia yang dihormati oleh UNESCO, memakai outfit hari batik dianggap sebagai suatu bentuk penghormatan. Batik telah mengukir namanya dalam kancah mode internasional, menjadi pilihan yang sangat populer. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan batik telah meluas dan merambah berbagai acara, mulai dari yang bersifat resmi hingga santai.

 

Kemampuan untuk menggabungkan batik dengan berbagai jenis pakaian lainnya dapat menciptakan gaya yang unik dan menarik. Tentu saja, pemilihan ini harus disesuaikan dengan jenis acara yang akan dihadiri. Namun, bagi sebagian orang, mencocokkan batik dengan pakaian lain bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa ide untuk menggabungkan batik dengan pakaian lain yang sesuai untuk berbagai jenis acara.

 

Bagaimana Tips Memilih Outfit Hari Batik?

Batik bisa digunakan dengan beragam gaya outfit yang fleksibel. Supaya Anda gak bingung dalam memilih pakaian, berikut ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:

1. Buat Acara Formal

Cocokkan batik dengan celana panjang untuk kegiatan resmi seperti pesta pernikahan atau seminar. Pastikan bawahan yang dipilih memiliki potongan yang sesuai dengan motif batik yang rumit.

2. Untuk Acara Semi-Formal

Padukan batik dengan celana chino atau celana panjang santai untuk acara semi-formal. Pilihlah celana dengan warna netral seperti coklat atau hitam untuk memberikan kesan formal yang elegan.

3. Panduan Khusus untuk Wanita

Bagi para wanita, perhatikan kesan anggun dan cantik saat mengenakan batik. Pilihan rok atau celana juga harus disesuaikan dengan jenis acara yang dihadiri.

4. Sentuhan Aksen dengan Aksesoris:

Untuk penampilan yang lebih menarik, tambahkan aksesoris seperti gelang dan cincin. Pastikan aksesoris yang digunakan tidak terlalu mencolok dan tetap terlihat elegan.

5. Peran Sepatu sebagai Fashion Statement

Sepatu yang dipilih bisa menjadi pernyataan dalam outfit. Pastikan sepatu yang dipilih sesuai dengan jenis acara yang dihadiri agar tampilan tetap cocok.

6. Pilih Satu Motif yang Konsisten

Motif batik memiliki beragam variasi, seperti motif mega mendung dari Cirebon. Disarankan untuk tidak mencampuradukkan dua motif yang berbeda agar pakaian tetap menonjol dan terlihat unik.

7. Hindari Penampilan yang Terlalu Terbuka:

Batik adalah warisan budaya Nusantara yang dikenal dengan keanggunannya. Sebaiknya hindari pemakaian pakaian yang terlalu terbuka agar tetap menjaga kesopanan dalam berpakaian.

 

Ide Pilihan Outfit Hari Batik Untuk Anda

outfit hari batik

Tshirtbar akan memberikan sejumlah ide yang akan membantu Anda tampil percaya diri dan elegan saat mengenakan batik. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan inspirasi lebih lanjut, mari kita bahas cara memadukan batik yang sesuai untuk berbagai kesempatan.

1. Rok dan Kemeja Batik

Pakaian resmi seperti kemeja batik dapat digunakan dalam beragam situasi. Baik Anda ingin berpenampilan formal atau lebih santai, Anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai jenis rok, asalkan rok tersebut tidak terlalu pendek atau ketat.

 

Sebagai contoh, rok plisket polos dapat menjadi pilihan yang baik. Anda dapat memasukkan kemeja ke dalam rok dan memakai sepatu seperti sneakers atau loafer. Dengan begitu, penampilanmu akan terlihat elegan.

2. Celana Jeans dan Kaos Batik

Jika Anda ingin tampil lebih santai, misalnya saat berkumpul dengan teman di kafe, ANda dapat mengenakan kaos dengan motif batik. Celana jeans adalah pilihan yang cocok untuk pria maupun wanita.

 

Pastikan untuk memilih celana jeans yang sesuai dengan ukuranmu dan memiliki potongan yang memberikan siluet yang pas untuk tubuhmu. Warna denim seperti dark blue, hitam, atau washed grey akan cocok untuk paduan ini.

3. Rok Batik dan Kaos Polos

Atasan kaos polos juga dapat dikenakan dengan bawahan seperti rok batik. Rok batik dengan model lilit atau flare dapat memberikan kesan yang anggun. Anda dapat memilih sepatu seperti high heels, flat shoes, atau bahkan sneakers.

 

Tambahkan aksesoris seperti clutch atau tote bag untuk memberikan sentuhan estetika. Pilih aksesoris dengan warna netral atau yang lebih berwarna sesuai dengan preferensimu.

4. Celana Chino dan Pocket Shirt Batik

Paduan kaos pocket print batik dan celana chino dapat dicoba jika Anda ingin tampil lebih sederhana. Pocket print batik terletak di bagian kiri dada dan saat ini menjadi favorit di kalangan anak muda. Kombinasi ini juga bisa digunakan bersama pasangan untuk tampil serasi.

5. Tote Bag Batik dan Oversize Shirt

Baju kaos oversize yang longgar dapat memberikan volume, terutama bagi mereka yang memiliki tubuh kurus. Kombinasikan kaos oversize ini dengan tas yang memiliki motif batik.

 

Saat ini, Anda juga dapat mencustom desain tas dengan berbagai motif batik sesuai dengan preferensi.

6. Celana Pendek dan Polo Shirt Batik

Meskipun awalnya dikenakan sebagai seragam golf, polo shirt bordir batik dengan kerahnya dapat digunakan untuk tampil lebih elegan. Padukan dengan celana pendek untuk memberikan kesan santai. 

7. Kain Batik dan Kaos Regular

Paduan terakhir adalah kaos regular dengan kain batik sebagai bawahan. Kain batik memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat digunakan sebagai outerwear. 

8. Tas Batik dan Kaos Polos

Untuk tampilan yang stylish dengan tas batik dan kaos polos, pilihlah tas batik dengan motif yang menarik dan warna yang sesuai dengan kaos polos Anda. Pastikan bahwa gaya tas sesuai dengan keperluan Anda.

 

Itu tadi segudang tips outfit hari batik serta bagaimana cara mengenakannya dengan tepat. Selagi masih ada waktu, yuk coba custom outfit batik dan gaya lainnya hanya di Tshirtbar!

outfit hari batik

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214