7 Ide dan Cara Membuat Desain Baju Bagi Pemula

Memahami cara membuat desain baju tidak sesulit dulu. Semua bisa dipelajari dengan mudah, bahkan di rumah. Baik untuk keperluan pribadi maupun sebagai langkah awal menjadi perancang busana dengan label sendiri. 

 

Lewat pemahaman akan beberapa komponen yang terlibat dalam proses perancangan baju juga bisa jadi nilai tambah bagi kemampuan Anda. Dalam artikel ini, kami akan ulas cara merancang baju dan berbagi tips yang dapat Anda terapkan guna mengembangkan koleksi pakaian jadi lebih baik.

 

Bagaimana Cara Membuat Desain Baju Bagi Pemula?

Membuat desain baju bagi pemula punya beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Antara lain sebagai berikut:

 

  • Ketahui Ilmu Basic Desain Baju

 

Sebelum memulai proses merancang, disarankan untuk memahami prinsip-prinsip dasar dalam desain pakaian, termasuk aspek proporsi, garis, dan bentuk. Anda memiliki opsi untuk merujuk buku-buku, menonton tutorial, atau mengambil kursus yang berkaitan dengan desain pakaian sebagai langkah awal.

 

  • Dapatkan Inspirasi

 

Sumber inspirasi dapat muncul dari berbagai tempat, seperti publikasi cetak, dunia maya, atau bahkan pakaian yang Anda kenakan saat aktivitas sehari-hari. Upayakan untuk menghimpun gambar-gambar yang mencuri perhatian Anda, dan gunakan sebagai pemicu inspirasi dalam proses merancang baju Anda.

 

  • Buat Sketsa Desain

 

Menggambar sketsa jadi cara efektif untuk melampiaskan gagasan-gagasan kreatif Anda. Anda bisa menciptakan sketsa manual dengan tangan atau memanfaatkan perangkat lunak desain grafis.

 

  • Tentukan Bahan Baju

 

Jenis bahan dan teknik yang Anda pilih akan mempengaruhi estetika hasil desain Anda. Pastikan Anda memilih bahan yang cocok dengan gaya dan konsep desain yang ingin Anda ciptakan.

 

  • Tentukan Area Desain

 

Pilih area spesifik di pakaian atau objek yang akan dihiasi dengan gambar. Ini menentukan bagian mana dari produk yang akan menjadi fokus utama desain, seperti bagian dada pada kaos atau bagian depan tas. Memahami area desain ini penting untuk memastikan desain ditempatkan dengan tepat dan efektif.

 

  • Evaluasi Desain

 

Setelah baju jadi, jangan lupa untuk mengevaluasi desain Anda. Lihatlah apakah ada bagian yang perlu diperbaiki atau ditambahkan.

 

Tips Tambahan Untuk Cara Membuat Desain Baju Bagi Pemula

 

Supaya makin tidak salah langkah, berikut tips tambahan yang bisa kamu berikan:

 

  • Buat Desain Yang Sederhana

 

Hindari menghadirkan desain yang kompleks pada tahap awal. Sebaiknya memulai dengan desain yang simpel dan dapat diwujudkan dengan mudah.

 

  • Biarkan Anda Terus Eksplorasi

 

Pada akhirnya, desain baju adalah tentang kreativitas. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan berbagai ide.

 

  • Custom Di Tempat Terpercaya

 

Mulai bergandengan tangan bersama penyedia jasa custom yang telah memiliki pengalaman dan reputasi positif, Anda dapat merancang pakaian dengan ketepatan dan kualitas yang terjamin. Kelebihan dari custom pakaian adalah Anda bisa mengungkapkan identitas diri, menggabungkan elemen gaya pribadi, dan sesuai dengan selera.

 

Contoh Ide Dari Cara Membuat Desain Baju Bagi Pemula

  • Desain Hari Raya

 

Desain baju untuk momen seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, atau berbagai perayaan budaya lainnya merupakan opsi yang mengundang minat dan bernilai mendalam.

 

@tshirtbarid

Sudah mendekati hari raya, pastinya mau pakai baju baru. Kaos Parodi Lebaran Khong Guan Rengginang identik dengan suasana hari raya Idul Fitri di Indonesia, cocok untuk kamu yang mau ngumpul bareng keluarga!#brandlokal #RekomendasiTshirt #kaosplesetan #BajuTShirtLelaki #rekomendasikaos #howtostyletshirt #lokalbrand #brand #myoutfitofficial #rekomendasiootd #bajukerja #customdesign #bajulokal #fashionstore #fyplokal #tshirtpria #kaosdesigncustom #kaoscustom #produk #bajucustom #kaoslebaran #CapCut

♬ sonido original – DAYFIXx

 

Tak hanya itu, desain pakaian yang dihadirkan untuk perayaan juga mampu merefleksikan semangat dan tema khusus yang terkait dengan peristiwa tersebut. Seleksi desain yang senada dengan nilai-nilai dan energi perayaan menjadi hal yang signifikan. Ini membantu dalam mengekspresikan esensi yang dihargai dalam suasana tersebut.

 

  • Desain Parodi

 

Dalam rangka menciptakan desain baju parodi, diperlukan imajinasi yang melampaui batasan untuk menghasilkan desain yang orisinal dan menarik.

 

Menciptakan desain baju parodi dapat merangsang kreativitas karena mendorong para desainer untuk berpikir inovatif. Mereka dihadapkan pada tantangan untuk melihat konsep yang sudah dikenal dari sudut pandang yang berlainan.

 

  • Desain Tipografi

 

Desain jenis ini semata-mata bergantung pada elemen-elemen huruf dan jenis huruf. Sangat sesuai bagi individu yang baru memasuki dunia perancangan dan ingin menciptakan desain.

 

Dengan fokus pada permainan tipografi dan penyusunan huruf-huruf secara kreatif, desain ini dapat memberikan kesempatan bagi pemula untuk belajar tentang estetika desain grafis tanpa harus menguasai berbagai elemen desain yang kompleks.

 

  • Desain Monogram

Desain monogram merupakan pendekatan yang menonjolkan satu unsur tunggal dalam karya desain. Lebih efektif lagi saat diaplikasikan dalam bentuk full print, yaitu dengan menyelipkan motif monogram pada seluruh permukaan pakaian atau objek desain

 

Hal ini juga dapat dianggap sebagai langkah awal yang untuk merumuskan ciri khas gaya kreatif yang unik bagi mereka. Wajar saja bila jenis desain satu ini layak dicoba.

 

  • Desain Ala Jepang

 

Bagi orang baru dalam dunia desain pakaian, merancang desain baju dengan gaya Jepang bisa menjadi langkah yang menarik. Gaya desain Jepang dikenali atas kesederhanaannya, perhatian terhadap detail, dan unsur-unsur yang anggun. 

 

Dengan mengedepankan kesederhanaan dan ciri khas kreatif, desain pakaian dalam gaya Jepang membuka peluang menginspirasi bagi para pemula untuk mengeksplorasi keunikan estetika desain yang berasal dari Jepang.

 

Kesimpulan

 

Cara membuat desain baju bagi pemula bisa kita lakukan selagi ada niat dan waktu untuk melakukannya. Dengan beberapa contoh ide tadi, Anda bisa mengembangkannya menjadi desain yang menarik sesuai dengan karakter dan minat sehingga hasilnya lebih memuaskan. Tapi yang perlu di ingat, Anda juga bisa datangi tempat custom baju terpercaya dan punya range price berbeda.

 

Sekarang Anda bisa merancang sendiri, dan jangan ragu untuk berdiskusi dengan Tshirtbar guna mewujudkan cetakan terbaik dari desain baju karyamu.

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222