6 Jenis Bahan Serat yang Bisa Dijadikan Kain: Alami dan Buatan

Tidak seperti zaman dulu ketika kain masih dibuat dari segelintir serat saja, kini telah banyak jenis serat yang menjadi bahan dasar kain untuk pakaian. Jenis serat-serat tersebut sangat mempengaruhi karakteristik kain, yang nantinya secara otomatis juga mempengaruhi karakteristik pakaian. Agar Anda lebih bijak dalam memilih pakaian, maka sebaiknya Anda  mengenal lebih dekat bahan utama kain, yakni jenis bahan serat.

Secara garis besar, terdapat 2 jenis serat jika dibedakan menurut asal-usulnya, yakni serat alami dan serat buatan. Serat alami berasal dari bahan alami, yakni dari tumbuhan maupun hewan.  Untuk serat buatan sendiri, biasanya terbuat dari bahan-bahan non-organik yang di kombinasikan dengan bahan kimia. Keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Agar Anda memiliki gambaran mengenai serat alami dan serat buatan, langsung saja simak beberapa contoh asal-muasal kedua serat tersebut.

1. Serat Kapas

Kapas merupakan serat alami yang diambil dari tumbuhan kapas. Serat ini merupakan serat yang dinilai paling lembut dan aman. Karena karakteristiknya tersebut, serat ini biasa digunakan sebagai kain bahan-bahan dasar pakaian anak-anak. Selain itu, serat ini cocok digunakan sebagai bahan dasar pakaian semua musim. Pada musim dingin, pakaian dengan kain serat kapas dapat memberikan rasa hangat sedangkan pada musim panas bisa menyerap keringat dengan baik.

2. Serat Sutra

Serat alami satu ini merupakan serat alami yang paling kuat dibandingkan serat alami yang lainnya. Karakteristiknya pun nyaman digunakan sebagai bahan dasar kain untuk pakaian. Selain lembut di kulit, kain dengan serat sutra juga tampak cantik dan mewah. Dibandingkan dengan kain yang terbuat dari serat alami lain, kain dengan serat sutra merupakan kain yang paling nyaman untuk digunakan pada segala musim.

Karena karakteristiknya tersebut, harga kain dengan serat sutra cenderung jauh lebih mahal dengan kain-kain lainnya. Asal muasal serat ini juga menjadi salah satu faktor mengapa harganya mahal sekali. Serat sutra merupakan serat protein yang berasal dari kepompong. Dengan biaya budidaya hewan untuk dapat mengekstrak seratnya, tidak mengherankan jika harga serat sutra jauh lebih mahal.

3. Serat Wool

Sama seperti serat sutra, serat wool dibuat dari hewan, tepatnya bulu domba. Meskipun pada umumnya wool dibuat dari bulu domba, terdapat pula wool yang dibuat dari bulu hewan lain, seperti llama dan  alpaka. Karakteristik serat ini tebal dan menghangatkan sehingga lebih cocok digunakan pada musim dingin. Karena tebal dan menghangatkan itu pula, serat wool tidak mudah kerut sehingga cenderung tetap rapi jika digunakan setiap hari sebagai pakaian.

4. Serat Poliester

Jenis bahan serat satu ini merupakan bahan serat buatan. Bisa dibilang, jenis serat satu ini merupakan jenis serat buatan yang paling dikenal dan paling sering digunakan dibandingkan dengan jenis serat buatan yang lain. Reputasi tersebut bukanlah tanpa alasan. Serat poliester mempunyai karakteristik yang banyak digemari, yakni tidak mudah kusut dan kembali ke bentuknya semula.

Baca Juga : Delapan Jenis Bahan Polyflex yang Perlu Diketahui

5. Serat Nilon

Serat buatan ini terbuat dari poliamida. Nilon sangat mudah diproduksi karena dalam proses produksinya, serat ini tidak membutuhkan banyak waktu dan banyak proses. Selain kemudahannya untuk diproduksi, serat ini juga mempunyai karakteristik yang baik. Nilon sangat kuat dan lentur sehingga banyak digunakan sebagai kain bahan dasar dompet, tas, koper, dan lain sebagainya.

6. Serat Spandex

Bicara soal kelenturan, jenis bahan serat buatan ini yang jadi juaranya. Serat spandex dapat kembali ke bentuk semula meskipun telah tertarik 600 kali. Selain itu, kekuatannya juga tidak perlu diragukan lagi.

Selain tahan akan panas matahari, serat spandex juga tahan terhadap minyak. Jika digunakan sebagai kain untuk pakaian, serat spandex sangat ringan di tubuh sehingga sering digunakan sebagai pakaian olahraga.

 

Dengan mengetahui berbagai jenis bahan serat, maka Anda secara otomatis akan mengetahui berbagai jenis kain. Anda juga dapat memilih jenis pakaian yang tepat sesuai kenyamanan dan kebutuhan Anda dengan mengetahui karakteristik serat-serat tersebut. Dari jabaran di atas, mana serat yang paling nyaman menurut Anda?

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *