5 Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan untuk Pemula

Sebenarnya kalau ingin memberikan baju untuk anak perempuan, Anda tinggal beli di toko atau secara online. Namun, kalau sejak awal memang memiliki hobi jahit, serta ingin memberikan hadiah, membuat baju adalah pilihan tepat. Mempelajari cara membuat pola baju anak perempuan untuk pemula adalah kewajiban.

Proses membuat baju anak perempuan memang panjang. Namun, pertama-tama Anda harus membuat pola terlebih dahulu. Kalau Anda masih belum tahu atau paham cara membuat pola. Simak beberapa cara di bawah ini dengan saksama, lalu coba Anda praktikkan.

1. Mengukur Tubuh Anak Perempuan

Ukur tubuh anak perempuan yang akan dibuatkan pola pakaian. Pengukuran dilakukan dengan meteran baju. Ukur mulai dari lingkar dada, lingkar pinggang, tinggi kaki, tinggi tubuh bagian atas, sampai lingkar lengan ke siku. Ukur semua dahulu secara presisi.

Saat mengukur, jangan terlalu ketat atau menekan. Ada baiknya dilakukan dengan perlahan dan beri ruang. Sama halnya saat membuat jendela kaca, pasti diberi sela-sela. Biasanya untuk pengukuran tubuh, ada tambahan sekitar 1-2 cm agar tidak kekecilan saat nanti dibuat pakaian.

2. Mencari Model Baju yang Diinginkan

Setelah mengukur tubuh anak perempuan, selanjutnya Anda bisa mencari model baju. Misal mengambil baju anak yang sering dipakai. Dari sana Anda akan tahu kira-kira ada berapa potongan kain. 

Gunakan internet untuk mencari beberapa model pakaian anak perempuan. Apakah akan dibuat menjadi semacam blus atau lainnya. Model baju anak perempuan biasanya banyak dan beragam. Kalau sudah ketemu satu, cari polanya atau dibedah, kalau tidak terpakai.

3. Membuat Pola dari Contoh Baju

Setelah mendapatkan pola dari baju yang akan dibuat, Anda bisa membuat polanya. Usahakan untuk membuat pola sebaik mungkin. Selanjutnya coba gambar beberapa kali dengan menirunya. Biasanya setiap pola memiliki trik menggambar sendiri. Anda bisa mempelajarinya dengan video online.

Apabila sudah mahir, baru lanjut ke tahap selanjutnya. Namun, kalau merasa belum bisa terus mencoba. Gunakan koran bekas agar tidak boros kalau memakai kertas pola yang bisa dibeli di toko perlengkapan jahit.

4. Membuat Pola dari Ukuran Tubuh Anak

Sekarang gunakan ukuran dari tubuh anak perempuan untuk membuat pola. Ikuti arahan yang sudah sering dipraktikkan. Lakukan beberapa kali sampai sempurna. Saat membuat pola usahakan menggunakan koran dahulu agar kalau salah bisa diganti dengan yang baru.

5. Melakukan Uji Coba

Setelah pola yang dibuat jadi dan sempurna, baru dilakukan uji coba. Ingat, jangan langsung menggunakan kain bagus. Anda bisa membeli kain yang cukup murah di luar sana. Kain ini bisa digunakan untuk uji coba. Kalau dilihat dari pola saja, Anda tidak akan tahu apakah pola itu benar atau salah.

Kalau saat dilakukan uji coba berhasil, berarti pola baju anaknya benar. Namun, kalau gagal, coba lakukan evaluasi. Kira-kira yang salah polanya atau Anda saat menjahit semua bagian pakaian.

Baca juga: Inspirasi Model Sablon Glow in the Dark yang Tidak Mainstream

Setelah mengetahui cara membuat pola baju anak perempuan untuk pemula, tahap selanjutnya adalah memotong kain. Gunakan kain yang benar-benar nyaman karena akan dipakai untuk anak. Selanjutnya jahit sesuai dengan pola agar terbentuk baju anak perempuan yang sempurna.

Membuat baju anak perempuan sendiri memang menyenangkan. Namun, kalau ingin membuat baju dengan mudah, serahkan pada Tshirtbar. Anda bisa memesan baju anak perempuan dengan custom sesuai keinginan. Misal ingin membuat baju dengan gambar dia atau gambar tokoh kesukaannya.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *