Last Update: November 30th, 2020 at 12:02 pm

4 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Terkadang saat sedang makan makanan yang mengandung minyak, tanpa sadar ada minyak makanan yang jatuh atau tumpah ke baju. Alhasil, minyak tersebut menjadi noda yang membekas pada baju Anda. Hal ini tentu cukup mengganggu dan bisa membuat kesal, apalagi kalau baju tersebut merupakan favorit Anda. Namun, jangan buru-buru emosi. Ada sejumlah cara menghilangkan noda minyak di baju yang bisa Anda praktikkan sendiri. Begini cara-caranya!

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Anda bisa menerapkan berbagai cara di bawah ini untuk menghilangkan minyak yang ada di baju, yuk mari kita pelajari berbagai cara ini.

Rendam Dengan Deterjen

Salah satu cara menghilangkan noda minyak di baju yang paling mudah adalah dengan menggunakan deterjen. Bukan dicuci biasa, melainkan rendam baju Anda terlebih dulu. Pilihlah deterjen yang memang fokus untuk menghilangkan noda. Pertama-tama, siapkan air secukupnya dalam wadah ember kecil. Kemudian, masukkan baju yang terkena noda minyak ke ember tersebut.

Setelah itu, tuangkan deterjen secukupnya. Pastikan air dan deterjen sudah menyatu dengan menggerak-gerakkan tangan Anda di dalam air. Diamkan baju tersebut selama sekitar 1-2 jam, kucek-kucek sebentar, dan segera bilas dengan air bersih.

Pakai Sabun Cuci Piring

Sebelum menerapkan cara membersihkan noda minyak pada pakaian yang satu ini, pastikan dulu baju Anda tidak terbuat dari bahan yang terlalu sensitif. Lalu, tes terlebih dulu di bagian baju yang tidak terlihat untuk mengetahui apakah nantinya sabun cuci piring menyebabkan perubahan warna atau tidak. Kalau hasilnya baik-baik saja, barulah Anda bisa menghilangkan noda minyak di waju dengan menggunakan sabun cuci piring.

Baca Juga : Cara Membersihkan Noda Tinta pada Baju yang Perlu Anda Ketahui

Oleskan sabun cuci piring secukupnya ke bagian baju yang terkena noda minyak. Kucek perlahan bagian tersebut hingga noda minyak pada pakaian menghilang. Jika sudah, bilas sabun cuci piring pada baju dengan air bersih dan cuci kembali menggunakan deterjen seperti biasa.

Campuran Air dan Perasan Lemon

Punya persediaan lemon di rumah? Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan noda minyak di baju, lho! Kandungan asam pada lemon bisa membantu mengancurkan minyak pada kain. Namun, hindari menggunakan cara ini pada baju yang terbuat dari kain wol dan sutra, ya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan perasan jeruk lemon dan air bersih dengan perbandingan 1:2 ketika mencuci pakaian. Kalau noda minyak hanya mengenai sebagian kecil area di baju, biasanya Anda hanya membutuhkan 2 sdm perasan lemon dan 4 sdm air bersih. Setelah itu, celupkan area baju yang bernoda ke dalam campuran air lemon tersebut. Kucek kain secara perlahan selama kurang lebih satu menit, lalu rendam selama sekitar lima menit. Baru setelah itu Anda bisa membilasnya.

Bisa Juga dengan Baking Soda

Tidak hanya untuk membuat kue, baking soda ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan noda minyak yang cukup ampuh. Namun, cara ini biasanya diterapkan pada baju dengan noda minyak yang masih terasa basah.

Anda bisa segera menuangkan bubuk baking soda secukupnya pada area baju yang terkena noda minyak. Diamkan beberapa menit agar baking soda bisa menyerap noda minyak yang masih basah tersebut. Nah, apabila baking soda mulai terlihat berubah warna menjadi agak kehitaman, Anda bisa segera mencuci atau membilasnya sampai baju benar-benar bersih.

 Walaupun baju yang ketumpahan noda minyak bisa menimbulkan bad mood, Anda tetap tidak boleh panik dalam menyikapinya. Berbagai poin di atas bisa menjadi cara menghilangkan noda minyak di baju yang mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Semoga baju Anda bisa segera bersih kembali!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *