Last Update: November 8th, 2019 at 4:25 pm

4 Cara Membuat Pola Baju yang Benar, Sudah Tahu?

Bagaimana cara membuat pola baju yang benar? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di pikiran, terlebih jika Anda merupakan penjahit pemula atau sedang mulai mencoba menjahit. Bisa dibilang, membuat pola baju adalah bagian tersulit dari menjahit baju. Anda harus benar-benar detail tentang ukuran agar baju yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah cara membuat pola baju yang benar.

Mempersiapkan alat yang diperlukan

Sama seperti tahapan membuat baju yang lain, membuat pola pun membutuhkan peralatan. Apa saja alat yang harus disiapkan sebelum membuat pola baju? Pertama, Anda harus menyiapkan pensil. Alat tulis ini berfungsi untuk membuat pola serta mencatat ukuran baju yang akan dibuat. Kedua, kertas untuk mencatat ukuran dan membuat pola. Ketiga, meteran pita untuk mengukur agar baju sesuai ukuran tubuh. Terakhir, siapkan juga penggaris untuk membuat pola lurus.

Alat-alat tersebut bisa Anda dapatkan di toko alat jahit atau toko alat tulis. Tidak perlu membeli peralatan berharga mahal, yang terpenting adalah alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Usahakan juga untuk rutin mengganti alat pembuatan pola baju jika memang sudah rusak atau tidak lagi berfungsi dengan baik.

Mengukur baju sesuai ukuran tubuh

Agar baju yang dibuat sesuai dengan keinginan maka Anda harus menyesuaikan dengan ukuran tubuh. Baju yang tidak diukur saat dibuat hanya akan membuat pemakainya merasa tidak nyaman. Untuk itu, mengukur baju sangat penting saat pembuatan pola baju.

Beberapa bagian tubuh yang harus diukur saat akan membuat pola adalah panjang (untuk atasan bisa dimulai dari bahu dan untuk bawahan bisa dari pinggang), lingkar dada (dari bawah ketiak memutar hingga bagian tertinggi dada), lingkar leher (memutari pangkal leher), dan panjang tangan (dari pundak bawah hingga pergelangan tangan).

Anda juga harus mengukur bagian bahu (memanjang dari bahu kanan ke kiri), lingkar pinggul (letaknya sekitar 20 cm di atas pinggang), dan lingkar pergelangan tangan. Anda juga sebaiknya bertanya apakah baju ingin dibuat press body atau justru longgar.

Cara membuat pola baju yang benar

Setelah mendapat ukuran baju yang tepat, sekarang saatnya membuat pola. Ada beberapa jenis pola dasar yang harus diikuti saat membuat baju. Berikut ini beberapa pola dasar yang umum ditemukan dalam pembuatan baju:

  • Pola dasar atas: pola baju yang meliputi bagian bahu hingga pinggang. Biasanya digunakan saat membuat atasan. Pola dasar atas terdiri dari bagian depan dan belakang.
  • Pola dasar lengan: pola baju yang bentuknya mengikuti bentuk lengan manusia. Pola dasar lengan digunakan untuk jenis pakaian apa pun yang berlengan.
  • Pola dasar bawah: pola yang digunakan saat membuat bawahan. Pola dasar bawah biasanya meliputi bagian pinggang hingga mata kaki. Sama seperti pola dasar atas, pola dasar bawah juga terdiri dari bagian depan dan belakang.
  • Pola dasar atas bawah: pola yang digunakan saat membuat baju terusan seperti gamis. Pola baju model ini adalah gabungan antara pola dasar atas dan bawah.

Cara membuat pola baju yang benar bagi pemula

Bagi Anda pemula atau yang belum terlalu familier dengan urusan jahit-menjahit, membuat pola baju jelas bukan perkara mudah. Meski sudah mengikuti ukuran tubuh, terkadang baju yang sudah selesai dibuat justru terlihat aneh. Untuk mengatasinya, ada satu trik yang bisa dicoba.

Trik tersebut adalah dengan menjiplak pola yang sudah ada. Misalnya Anda ingin membuat kemeja untuk diri sendiri. Bongkar kemeja lama miliki Anda, kemudian jiplaklah pola tersebut pada sebuah kertas. Setelah itu bandingkan dengan hasil ukur tubuh yang sudah Anda lakukan. Dari sini Anda bisa tahu ukuran seperti apa yang harus digunakan saat membuat pola.

Membuat pola baju memang tidak mudah, meski begitu bukan berarti tidak ada cara membuat pola baju dengan mudah dan benar. Tips dan trik di atas bisa Anda coba untuk membuktikannya. Semoga berhasil!

 

Artikel Terkait

  1. 10 Tips Bikin Desain Baju Sendiri dengan Mudah
  2. Tips Desain Sablon Baju Distro untuk Pemula

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *