Last Update: February 17th, 2020 at 2:32 pm

3 Tips Memberi Nama Komunitas Keren

Buat Anda yang suka bergaul dengan banyak orang pastinya akan selalu mempertimbangkan untuk ikut komunitas, bukan? Komunitas memang menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Saat ini sudah banyak sekali komunitas hobi mulai dari komunitas kendaraan, komunitas pecinta binatang, hingga komunitas pecinta film.

Bergabung dalam komunitas tidak hanya akan membuat Anda bisa berbincang-bincang dengan yang memiliki kesukaan yang sama. Lewat komunitas tentunya akan ada banyak ilmu baru yang bisa didapatkan. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat suatu komunitas pastinya hal pertama yang akan dipikirkan adalah mencari nama untuk komunitas tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk memberi nama yang keren pada komunitas Anda.

Catat Aktivitas Apa Saja yang Bisa Dikerjakan oleh Komunitas

Sebelum menentukan nama dari komunitas, sebaiknya cari tahu dulu apa saja nantinya aktivitas yang akan dikerjakan oleh para anggota komunitas. Tulislah apa tujuan Anda mendirikan komunitas tersebut. Saat komunitas sudah aktif, nantinya apa saja hal-hal yang bisa dikerjakan oleh anggota komunitas Anda. Tujuan dari komunitas ini harus diketahui terlebih dahulu sebelum memberikan nama.

Tentukan Jenis Komunitas

Tentukan terlebih dahulu apa jenis komunitas yang Anda dirikan. Apakah komunitas yang memang dibuka untuk umum sehingga setiap orang bisa ikut bergabung atau hanya komunitas pribadi yang hanya mengundang beberapa orang untuk ikut bergabung. Jika memang komunitas tersebut untuk umum, maka berikan nama yang cukup bersifat umum sehingga bisa dimengerti oleh orang lain. Namun, jika komunitas Anda ialah jenis yang pribadi dan rahasia maka namanya tidak perlu terlalu umum dan bisa menggunakan istilah atau kata-kata yang hanya dimengerti oleh setiap anggota saja,

Diskusikan Nama Komunitas dengan Anggota

Memilih nama komunitas memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan juga ide-ide dari para anggota yang sudah bergabung dalam komunitas. Coba ajak para anggota untuk berkumpul dan berdiskusi untuk menentukan nama komunitas. Tampung semua ide dari para anggota dan biarkan mereka mengeluarkan ide-ide kreatifnya. Nama komunitas bisa diambil dari tujuan komunitas itu didirikan, game atau tokoh yang disukai. Sebaiknya pilih nama komunitas yang memiliki dua atau tiga suku kata karena bisa lebih mudah diingat oleh banyak orang. Selain itu dengan dua atau tiga kata maka nama komunitas juga bisa lebih mudah untuk disingkat.

Setelah menemukan nama yang sesuai dengan komunitas Anda, terdapat beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan. Berikut ini hal-hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan sebuah komunitas.

Membuat logo

Selain menyiapkan nama, ada persiapan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu membuat logo komunitas. Baik memilih nama atau membuat logo untuk komunitas, sama-sama tidaklah mudah. Namun, untuk membuat nama hanya perlu diskusi. Sedangkan untuk membuat logo harus mencari orang yang paham dengan desain.

Tentukan tempat berkumpul

Setelah mempersiapkan segala hal mulai dari nama dan logo, Anda juga harus memikirkan di mana tempat untuk berkumpul. Sebenarnya lokasi berkumpul bisa dimana saja dan berubah-ubah. Namun, usahakan agar para anggota komunitas selalu bisa berkumpul sehingga perlu dijadwalkan untuk pertemuan yang rutin. Pertemuan rutin ini sangat penting agar seluruh anggota kelompok bisa saling mengenal dan tujuan dari komunitas bisa tercapai. Selain rajin membuat pertemuan, Anda bisa membuat anggota komunitas lebih dekat dengan melakukan acara outdoor bareng hingga memesan kaos yang seragam.

Memberi nama untuk komunitas memang cukup susah karena harus sesuai dengan tujuan dari komunitas itu dibentuk. Selain itu, memilih nama yang keren dan mudah diingat juga tidaklah mudah. Namun, jika hal tersebut dilakukan bersama-sama dengan para anggota kelompok pastinya bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba ya.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *