Apa itu Kaos Oversize? Definisi, Model, dan Size Chartnya

Pengikut trend fashion apalagi fashion streetwear pasti sudah tidak asing dengan jenis kaos satu ini. Oversized shirt atau istilah lainnya anti-fit style merupakan salah satu model kaos yang saat ini mulai ramai digunakan oleh banyak kalangan terutama generasi milenial. Kaos ini memiliki ciri khas cutting-nya yang jauh lebih longgar bila dibandingkan dengan kaus pada umumnya.

Karena ciri tersebut, pemakaian kaos oversize meninggalkan kesan look yang baggy, boyish serta mengingatkan kita akan tren di tahun 1990-an yang dimana pakaian serba longgar mulai merambah. Pada awalnya, oversized shirt sudah berkembang sejak trend budaya skate dan hip-hop yang sedang gencar-gencarnya. Di tahun tersebut, berbagai jenama busana streetwear pun mulai memperkenalkan baju beserta fashion product lainnya yang cenderung longgar alias oversized.

ilustrasi perbandingan cutting oversized shirt (kiri) & regular fit (kanan)

Mungkin bagi sebagian dari kalian berpikir bahwa kaos oversize membuat kalian terlihat jauh lebih lebar. Walaupun oversize hadir dengan model cutting-nya yang longgar, model kaos ini mampu menyamarkan lekuk tubuh penggunanya yang berisi. Percaya atau tidak?

Keunggulannya tidak hanya sampai disitu saja, lewat artikel ini kami akan coba jabarkan beberapa alasan mengapa kaos oversized patut di lirik. Jadi, kalian yang masih ragu atau kurang percaya diri tidak perlu ragu lagi untuk memilih model kaos ini sebagai outfit sehari-hari. Mari disimak!

Apa Itu Kaos Oversized?

Baju oversize adalah pakaian yang memiliki potongan dan ukuran paling lebar sehingga bentuk tubuh pemakainya secara kasat mata tidak akan terlihat. Dari segi tampilan dan desainnya, kaos oversized adalah sama halnya dengan kaos oblong pada umumnya.

Apa Saja Kelebihan dari Kaos Oversized?

Tak perlu khawatir jika kamu akan terlihat aneh apabila menggunakan baju oversized. Sebab jika kamu pakaian ini akan memberikan kamu tampilan yang fashionable dan juga unik sehingga lebih percaya diri untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut terdapat beberapa kelebihan lain dari kaos oversized, diantaranya:

1. Membuat Tampilan Lebih Fashionable

Kaos dengan model oversized sejatinya menunjukkan betapa fashionable-nya kalian khususnya bagi anak muda. Bagaimana tidak, model oversized sering kali digunakan oleh para pecinta fashion. Model ini memang sungguh kekinian, namun percayalah bahwa trend oversized t-shirt tidak akan lekang oleh waktu–setidaknya hingga saat ini.

Dengan menggunakan kaos ini sebagai outfit, kalian juga mudah dikombinasikan dengan produk busana lainnya baik yang cenderung lebih fit maupun sedikit lebar. Sebagai contoh, kalian bisa memadukan kaos oversized dengan celana model reguler fit. Kaos oversized juga dinilai sangat flexible, kalian bisa terlihat sporty ataupun kasual.

2. Memberikan Ruang Ekstra Bagi Tubuh

Karena menghadirkan kapasitas ruang yang lebih besar dari kaos biasanya, model oversized mampu mengurangi rasa gerah dan terasa lebih nyaman serta adem bagi para penggunanya. Cocok sekali untuk dikenakan saat cuaca panas. Menggunakan kaos oversized tidak membuat kalian terasa berkeringat, karena balik lagi di poin 2, kaos oversized menyediakan “ruang” ekstra untuk sirkulasi udara masuk.

3. Nyaman untuk Dipakai

Kaos oversized juga dapat mudah dikenakan untuk berbagai bentuk tubuh. Ruang lebih pada kaosnya memberikan kenyamanan lebih sehingga para penggunanya bisa lebih leluasa untuk bergerak.

4. Menyamarkan Bentuk Tubuh

Pakaian dengan model oversized akan membuatmu terlihat lebih modis sebab mampu menyamarkan bentuk tubuh kamu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baju oversize akan sangat membantu orang yang mempunyai bentuk tubuh besar karena lekukan dan bentuk tubuh akan lebih tersamarkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi OOTD Jaket Oversized Hijab dan Tips Memilihnya

Bahan apa yang cocok dipakai untuk produk kaos oversized?

Bila tadi kita sudah menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki kaos oversized, sekarang mari kita bahas mengenai bahan apa yang digunakan untuk memproduksi kaos oversized. Silakan disimak!

Seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel-artikel Tshirtbar sebelumnya, bahwasannya bahan utama untuk memproduksi kaos memang beragam. Namun secara umum, bahan yang memiliki keunggulan dan bisa dikatakan tepat secara harga tentunya bahan cotton combed. Lebih rinci lagi, cotton combed yang sering digunakan untuk produksi ada 3 macam; cotton combed 20s, cotton combed 24s, dan cotton combed 30s. Dari ketiga jenis cotton combed yang sudah disebutkan, apakah ketiga-nya juga menjadi bahan andalan kaos model satu ini?

Untuk memberikan kenyamanan terbaik, kaos oversized sangat di rekomendasikan untuk menggunakan kain cotton combed dengan jenis 20s. Karakteristik cotton combed 20s dengan tingkat gramasi yang lebih unggul dari 24s dan 30s, itu artinya kaos oversized memiliki ketebalan paling tinggi. Kami akan jelaskan secara ringkas mengenai cotton combed 20s, cotton combed 24s dan cotton combed 30s:

1. Cotton combed 20s

Jenis cotton combed satu ini merupakan jenis yang memiliki ketebalan lebih unggul dibandingkan dengan keduanya (24s &30s). Ketebalan dari bahan ini mencapai 180 hingga 220 gr/m2, dapat dikatakan bahwa cotton combed 20s lebih berkualitas baik dari segi bahan maupun harga yang ditawarkan.

2. Cotton combed 24s

Bahan cotton combed satu ini sangat mudah ditemui di pasaran terutama bagi para penikmat kaos distro. Untuk bahannya sendiri, cotton combed 24s memiliki tingkat ketebalan 170 hingga 210 gr/m2. Secara kualitas memang lebih unggul dari cotton combed 30s, namun berada di posisi satu tingkat lebih bawah dari cotton combed 20s. Harga yang ditawarkan pun lumayan terjangkau.

3. Cotton combed 30s

Terakhir, jenis bahan cotton combed 30s memiliki ciri kain yang lebih tipis dibandingkan dengan cotton combed 24s dan 30s. Tingkat ketebalan dari bahan ini adalah 140 hingga 160gr/m2. Maka dari itu, kaos dengan bahan cotton combed 30s terasa lebih dingin saat dikenakan. Bahan ini dinilai memiliki daya serap sangat baik serta ringan digunakan.

Dilihat dari sisi bahan utamanya–cotton combed 20s–yang terasa lebih berat, kaos oversize memiliki pola yang lebih besar dari model kaos pada umumnya sehingga akan terlihat jauh lebih longgar oleh pemakainya. Secara keawetannya pun bahan cotton combed 20s lebih awet dan tidak mudah luntur.

Ciri-ciri bahannya yang tebal pun nyatanya mampu menyamarkan lekuk tubuh bagi kalian yang menggunakan kaos ini. Sebagai acuan, kami tampilkan bagaimana kaos oversize terlihat stylish untuk dikenakan sehari-hari baik untuk pria maupun wanita. Juga seperti apa tampilannya pada berbagai bentuk tubuh:

Baca Juga: 3 Tips Mix and Match Kaos Oversized Agar Terlihat Keren

@tshirtbarid

oversize tshirt buat penampilan mu makin kece dan modis! cocok untuk pria dan wanita IG: tshirtbarid #fyp #oversize #oversizetshirt #20s

♬ sonido original – Frank

Tips Menggunakan Kaos Oversized

Kamu tertarik untuk memakai kaos oversized untuk dipakai di berbagai acara? Agar tampilan mengenakan baju oversize kamu semakin maksimal, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips dalam memilih dan menggunakan kaos oversized. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memilih ukuran kaos oversized yang tepat, yakni jangan terlalu kecil dan jangan terlalu kebesaran.
  • Memilih model gaya yang cocok dipadukan dengan kaos oversized, seperti gaya streetwear atau hypebeast.
  • Memilih bahan kaos oversized yang berkualitas dan nyaman saat dipakai, beberapa pilihan bahannya seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  • Memilih potongan dan jahitan kaos yang rapi.
  • Padukan dengan item fashion lain yang sekiranya akan matching dengan kaos oversized, seperti celana pendek atau skinny jeans.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Baju Oversized Pria Agar Terlihat Keren

Agar kalian semakin tercerahkan, kami juga akan lampirkan perbandingan size chart kaos regular fit dengan kaos oversize. Pertama-tama, berikut adalah size chart untuk kaos regular fit:

size chart kaos regular fit

Kemudian untuk mengetahui size chart baju oversize, berikut penjelasannya:

size chart kaos oversized

Itu tadi beberapa alasan serta penjelasan lengkapnya mengenai kaos oversize yang sekarang ini telah menjadi kaos trend kekinian. Kaos ini secara visual pun sungguh mudah diidentifikasi, keunggulannya yang sudah tidak diragukan lagi juga sudah selayaknya kalian miliki sebagai penunjang dalam berkegiatan. Kalian bisa mengetahui kaos oversize secara visual serta kaos lainnya dengan klik link di sini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Referensi:

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

2 responses to “Apa itu Kaos Oversize? Definisi, Model, dan Size Chartnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *